×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4  Keunikan ini akan kamu temukan kala mengunjungi Turki

0

Jalan-Jalan

4 Keunikan ini akan kamu temukan kala mengunjungi Turki

Foto: hilmi ceper dari Pixabay

Turki merupakan negara yang berada di antara dua benua. Negara ini pun menawarkan beragam pesona.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

khadijah albi

18 / 08 / 2020 13:05

Siapa yang tak mengenal negara cantik ini, negara indah di antara dua benua yang menawarkan beragam pesona. Turki bagaikan perpaduan antara Eropa dan Asia. Kuliner, fashion, bangunan bersejarah, dan banyak lagi hal menarik untuk ditelusuri.

 

https://www.instagram.com/p/CDirI-YABQ4/?igshid=1oj5p57mfva8v

Foto: https://www.instagram.com/p/CDirI-YABQ4/?igshid=1oj5p57mfva8v

Berikut ini beberapa hal unik yang patut kamu ketahui tentang Turki.

Loading...

1. Sivililik di Bulan Rajab.

Menurut orang Turki, bulan Rajab merupakan bulan mulia yang dirayakan secara khusus dengan berbagai tradisi. Mereka sangat senang dan antusias menyambut bulan tersebut dengan cara khas daerahnya.

Turki memang terkenal akan perayaan atau tradisi yang erat dengan keislaman, Sivililik ini contohnya. Di Konya, kota yang terletak di Turki bagian selatan, untuk menyambut 1 Rajab yang dikenal dengan istilah Regaib Kandili ada tradisi khas bernama Sivililik.

Sivililik dimulai malam hari sebelum Regaib Kandili. Setelah magrib anak-anak beserta orang tuanya berkumpul di taman Kota Konya untuk menerbangkan lampion yang terbuat dari kertas. Selain itu, ada juga pementasan khusus untuk anak-anak. Para “tetua” menyalakan api unggun di tempat yang sudah ditentukan sebelum para anak-anak dan orang tuanya datang. Setelah itu mereka berkumpul membuat lingkaran yang melingkari api unggun tersebut. Lalu, bagi siapa pun yang ingin melompati api tersebt dipersilakan.

2. Kehidupan anjing di Turki.

https://www.instagram.com/p/CD7HZC4J9ua/?igshid=cbzzbx2e6t9z

Foto: https://www.instagram.com/p/CBIVMECA2sa/?igshid=8rnk3ue14fwp

Fenomena yang jauh berbeda dari Indonesia jika kita melancong ke negeri ini. Anjing-anjing bebas berkeliaran di tempat publik tanpa khawatir akan pandangan sinis dari manusia-manusia sekitarnya ataupun para satgas kebersihan yang bertugas.

Masyarakat Turki pun tak perlu khawatir dikejar, digonggongi, ataupun digigit oleh anjing. Mereka dibiarkan hidup bebas oleh masyarakat untuk menjalani kehidupan secara normal. Mereka juga tak dirantai. Hanya beberapa anjing yang tinggal di rumah diperlalukan seperti itu oleh pemiliknya. Itu pun karena jenis anjing tersebut kemungkinan langka, mahal, atau jenis khusus.

3. Bunga di depan jendela rumah.

 

https://www.instagram.com/p/CD7HZC4J9ua/?igshid=cbzzbx2e6t9z

Foto: https://www.instagram.com/p/CD7HZC4J9ua/?igshid=cbzzbx2e6t9z

Bunga menjadi salah satu simbol identitas pada masa kesultanan Utsmani yang dipraktikkan dalam kehidupan sosial mereka. Apabila bunga berwarna kuning di depan jendela, menggambarkan bahwa sedang ada anggota keluarga yang sakit di dalam rumah tersebut. Hal ini menyiratkan bahwa dimohon agar tidak membuat kebisingan di halaman rumah.

Apabila bunga berwarna merah di depan jendela menandakan bahwa ada kabar gembira yang ingin dibagi kepada tetangga dan orang-orang sekitar. Simbol tersebut menandakan bahwa ada seorang perempuan di dalam rumah yang akan segera melangsungkan pernikahan.

4. Kolay Gelsin.

4  Keunikan ini akan kamu temukan kala mengunjungi Turki

Foto: https://www.instagram.com/p/CD8PF63A81B/?igshid=kc8ue64ccpw7

Kolay gelsin memiliki arti “semoga diberi kemudahan”. Banyak pelajar baik asing maupun non asing ketika berbelanja diberikan harga yang lebih murah bahkan ekstra bonus serta para pedagang mengucapkan kalimat kolay gelsin.

Bagi masyarakat Turki, orang yang menuntut ilmu adalah ibnu sabil, berjuang di jalan Allah SWT, orang yang ditinggikan derajatnya karena ilmunya. Bagi masyarakat Turki, khususnya bagi yang tumbuh dari keluarga yang memegang erat nilai-nilai luhur Turki, pemahaman tentang kedermawanan sudah pasti tertanam dengan baik.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red