Indonesia memang negara maritim yang dikelilingi oleh laut serta perairan yang luas. Bukan hal yang mengherankan jika tanah air ini kerap diguncang bencana, mulai dari tanah longsor, banjir, gempa hingga tsunami.

Berikut 4 bencana kejadian gempa Indonesia Ini pernah menjadi sorotan media asing yang sudahkami rangkum dari liputan6.com.

1. Gempa Pidie Aceh, 2016
4 Kejadian gempa Indonesia yang pernah jadi sorotan media asing

Tahun 2004 mungkin menjadi periode paling mengerikan bagi semua warga Aceh. Pasalnya tsunami melibas 120 ribu nyawa dalam beberapa menit saja. Pada 7 Desember 2016 juga terjadi hal yang tak kalah menakutkan.

Pidie Jaya, salah satu provinsi Aceh digoyang gempa berkekuatan 6,5 SR dengan 100 kali gempa susulan. Meski tak berdampak tsunami, bencana alam ini menyebabkan banyak sekali kerugian. Gempa terjadi pada pukul 5.03 WIB tersebut menewaskan sedikitnya 104 orang.

Karena banyaknya kerugian yang terjadi beberapa media asing juga ikut menyorot, seperti ABC News Australia, Japan Times, media China Xinhua yang berfokus membahas efek gempa, serta media ternama Inggris, BBC news menulis soal adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

2. Gempa Cilacap Jawa Tengah, 2017

4 Kejadian gempa Indonesia yang pernah jadi sorotan media asing

Pada akhir Desember 2017, bumi Jawa diguncang oleh gempa tektonik berkekuatan 6,9 SR yang berpusat 63 km dari Tasikmalaya, Jawa Tengah.

Gempa tersebut terjadi akibat aktivitas zona subduksi yang terbentuk akibat tumbukan atau penunjaman lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia di daerah selatan Jawa. Meski lebih besar dan dinyatakan berpotensi tsunami oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa Jawa ini tak memakan banyak korban, hanya 4 orang yang tewas dan 36 lainnya luka-luka.

Meskipun begitu, banyak media asing yang mengangkat berita ini, seperti beberapa portal berita Amerika (USA Today, Chicago Tribune, CNN), The Guardian yang membahas banyaknya kerugian materi yang dialami Indonesia.

3. Gempa Banten, Januari 2018

4 Kejadian gempa Indonesia yang pernah jadi sorotan media asing

Awal tahun kemarin, giliran Banten yang dilanda bencana. Gempa berkekuatan 6,1 SR ini terjadi pada pukul 13.34 WIB di Samudera Hindia selatan Pulau Jawa. Meski pusat getaran ada di Samudera Hindia, mereka yang berada di wilayah Jakarta,

Salah satu media yang menulis tentang gempa Banten ini adalah New York Times dengan artikel dengan tajuk Offshore Quake Rattles Indonesia, Sending Jakarta Into a Panic. Akibatnya, satu orang tewas, beberapa lain luka ringan.

4. Gempa Lombok, Juli 2018

4 Kejadian gempa Indonesia yang pernah jadi sorotan media asing

Yang paling anyar adalah gempa Lombok yang baru terjadi BMKG menjelaskan, gempa berkekuatan 6,4 SR itu terjadi karena aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Sejumlah portal media asing juga mengangkat isu ini, seperti situs media AS lainnya, CBS, mengangkat berita tentang longsor yang terjadi di Gunung Rinjani dan penutupan lokasi tersebut.

Mengenai hal ini, Lombok dan sekitarnya harus tetap waspada karena guncangan susulan masih terus terjadi. Berita mengenai bencana ini jelas cepat sekali tersebar, apalagi Lombok merupakan salah satu destinasi yang paling dicari oleh turis asing sebagai tempat menghabiskan liburan mereka.

Kita doakan saja, semoga tak ada lagi korban jiwa yang berjatuhan dan gempa segera usai.