Untuk mengatasi naiknya asam lambung, kita juga harus mengetahui gejalanya terlebih dahulu sebelum mengambil langkah lebih lanjut. Nah, berikut ini adalah beberapagejalayang ditimbulkan saat asam lambung naik dan cara mengatasiya.

1. Merasakan sakit di bagian perut atas.

Gejala ini merupakan pertanda bahwa kamu sedang mengalami gangguan pencernaan. Jika kondisi seperti ini terjadi, maka penanganan pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan meminum air putih hangat. Minumlah yang cukup dan lakukan secara perlahan. Dengan meminum air putih, maka gejala yang dirasakan akan berkurang secara perlahan. Hal ini terjadi karena air putih memiliki kandungan yang dapat menetralisasi Heliobacter pylori yang menjadi pemicu maag atau asam lambung.

2. Perut Kembung.

Perut kembung adalah gejala yang biasanya sering dialami ketika kita telat makan. Jika kondisi ini terjadi, entah itu karena telat makan atau akibat faktor lain, disarankan untuk segera beristirahat dan melakukan relaksasi dengan menarik napas dalam-dalam.

3. Mulas.

Mulas ini berbeda dengan sakit perut biasa. Jika kamu hanya sakit perut biasa pasti tidak akan dibarengi dengan sesak. Nah, pada mulas yang ditimbulkan oleh asam lambung, bisa jadi akan mengakibatkan sesak. Hal ini terjadi karena asam lambung yang mulai naik ke kerongkongan, sehingga membuat perut seperti diremas dan dibarengi dengan rasa mulas serta sesak di bagian dada.

Untuk cara menganganinya, kamu tinggal berbaring saja dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi. Tujuannya agar asam lambung kembali turun dan rasa mual pun akan berangsur hilang.

4. Mual dan muntah.

Jika ini terjadi berarti kamu memiliki penyakit maag yang sudah akut atau kronis. Gejala seperti ini akan membuatmu kehilangan nafsu makan dan akan menimbulkan gejala lainnya. Cara mengatasinya kamu bisa memperbanyak minum air putih agar asam lambung kembali turun dan untuk menghilangkan rasa mual kamu bisa mengonsumsi buah-buahan. Buah yang dimaksud adalah buah yang memiliki tingkat asam yang rendah seperti semangka, pisang, dan melon. Buah tersebut sangat baik dikonsumsi untuk mencegah asam lambung naik kembali.