Belu merupakan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timuryang beribu kotadi Atambua. Kabupaten Belu juga salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. Menariknya, Kabupaten Belu sangat banyak memiliki tempat wisata alam.

Berikut ini merupakan rekomendasi 4 tempat wisata alam yang haruskamu kunjungiketika berada di Belu.

1. Lembah Fulan Fehan.

4 Destinasi wisata alam memesona di Kabupaten Belu, NTT

Sumber gambar:@elseranphotography

Fulan Fehan atau sering disebut Lembah FF merupakan sebuah lembah di kaki Gunung Lakaan dengan sabana yang sangat luas. Lembah ini terletak di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Indahnya lembah FF tak kalah cantiknya dengan pegunungan Eropa, ada kekayaan sejarah dan budaya yang masih terus dilestarikan.

4 Destinasi wisata alam memesona di Kabupaten Belu, NTT

Sumber gambar:@elseranphotography

Dari Kota Atambua, FF berjarak sekitar 42 km atau kurang lebih satu atau dua jam. Akses yang tidak mudah dan kawasan yang jarang dijamah menjadikan lembah di kaki Gunung Lakaan ini serupa surga tersembunyi dan sangat cocok bagi yang gemar bertualang di alam. Akses menuju Lembah FF terbilang sulit, namun pemandangan sepanjang jalan menyejukkan dan memanjakan mata.

Sejauh mata memandang, kamu hanya akan menemukan hamparan padang rumput hijau serta deretan bukit yang menjulang tinggi, sungguh indah lembah ini.Lembah FF juga ditumbuhi kaktus liar di beberapa tempat yang membuatnya makin elok dipandang. Konon menurut cerita leluhur warga setempat, kawasan ini dahulunya adalah lautan dan kini menjelma menjadi padang rumput luas yang ditumbuhi kaktus liar.

2. Air terjun Mauhalek.

4 Destinasi wisata alam memesona di Kabupaten Belu, NTT

Sumber gambar: MLD Spot

Untuk bisa sampai di lokasi air terjun, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup menantang dengan kondisi jalan yang menanjak dan berkelok. Namun dalam perjalanan mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat menenangkan pikiran.

Sesampainya di lokasi, kamu akan mendapatkan sebuah air terjun yang sangat indah karena air terjun Mauhalek masih sangat alami dan mengalir di bebatuan dan terpecah bercabang-cabang bak di dunia dongeng.

3. Pantai Atapupu.

4 Destinasi wisata alam memesona di Kabupaten Belu, NTT

Sumber gambar: Indonesia Kaya

Selanjutnya ada Pantai Atapupu. Letak Pantai Atapupu sangat mudah dijangkau karena berada di jalur utama jalan raya Atambua-Timor Leste. Kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor dari pusat Kota Atambua untuk bisa sampai ke tempat ini. Waktu tempuh yang diperlukan adalah kurang lebih satu jam.

Pepohonan bakau menambah indahnya pantai ini. Bila beruntung, kamu bisa langsung menyaksikan indahnya sunset di Pantai Atapupu.

4. Kolam Susuk.

4 Destinasi wisata alam memesona di Kabupaten Belu, NTT

Sumber gambar: Liputan6.com

Dari namanya saja objek wisata di Atambua satu ini sudah terdengar unik. Hal ini dikarenakan warna air yang tampak putih akibat pantulan cahaya matahari dan langit yang berawan serta tanah berwarna keputihan yang berada di dasar.

Dikelilingi panorama sabana yang hijau serta air danau yang jernih, kamu bisa menikmati pemandangan menenangkan saat berada di tujuan wisata Kabupaten Belu satu ini. Tujuan yang tepat untuk melepaskan kepenatan dengan suasana yang asri.