×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Daftar informasi hoax tentang insiden Lion Air JT-610

0

News

4 Daftar informasi hoax tentang insiden Lion Air JT-610

Informasi terkini terkait pencarian pesawat Lion Air JT-610 banyak berseliweran di berbagai media. Sayangnya, tak semuanya adalah fakta.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

SEO Herosoftmedia

31 / 10 / 2018 15:03

Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/10) pukul 06.33 WIB di Perairan Karawang, Jawa Barat, tidak cuma menjadi duka bagi keluarga korban, melainkan juga segala masyarakat Indonesia. Hingga ketika ini, Regu SAR gabungan telah mengirimkan 48 kantung jenazah ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jawa Timur untuk dikerjakan pencocokan DNA dengan keluarga korban.

Informasi mengenai isu terkini pencarian pesawat Lion Air JT 610 masih berseliweran di media sosial. Sayangnya, tidak segala isu tersebut berisi fakta yang dapat dipercaya. Menjelang hari ketiga, banyak hoax mulai tersebar di media sosial yang justru membikin isu jadi simpang siur.

Tidak ingin membikin hoax tersebut meresahkan masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Negoro, mengklarifikasi pelbagai hoax soal Lion Air JT 610 yang jatuh.

Melewati akun Twitternya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Balai Nasional Penanggulangan Petaka (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, membuat daftar isu-isu palsu yang dihubungkan dengan insiden tersebut. Berikut daftar isu hoax yang sempat beredar.

1. Video penumpang pesawat berteriak takbir dan istighfar.

Loading...

Sempat beredar sebuah video berdurasi 45 detik yang menunjukkan suasana di dalam kabin pesawat yang sedang berguncang. Para penumpang pun terdengar melafalkan doa. Menurut Sutopo, video ini bukan penumpang pesawat Lion Air JT-610, melainkan penumpang pesawat Lion Air JT-353 dengan rute penerbangan Padang-Jakarta yang sedang mengalami turbulensi. Pada kejadian ini segala penumpang selamat.

 

2. Foto turbulensi pesawat Sriwijaya Air.

Beredar dua foto yang kelihatan melarikan diri menonjolkan beberapa penumpang pesawat sedang mengaplikasikan alat bantu pernapasan berwarna kuning. Foto pertama menunjukkan satu orang laki-laki berambut tipis dan satu perempuan dengan rambut kemerahan. Foto kedua menunjukkan perempuan tadi, dengan satu perempuan lain berbulu hitam yang duduk dekat dengan jendela.

 

3. Foto bangkai Lion Air JT-904.

Sebuah foto yang menunjukkan bangkai pesawat Lion Air tanpa kepala sedang diangkat oleh alat berat di sebuah perairan. Menonjol dalam foto, dua orang sedang bertugas di atas bangkai pesawat. Sekiranya mendapat foto dengan deskripsi ini, dipastikan adalah isu palsu. Menurut Sutopo, foto ini adalah bangkai dari pesawat JT-904 yang mengalami kecelakaan pada 13 April 2013 di Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

 

4. Foto bayi penumpang Kapal KM Lestari Maju.

Foto lainnya yang ramai beredar adalah foto seorang bayi sedang menangis sambil mengenakan pelampung merah muda. Pada foto ini kelihatan bayi dikelilingi setidaknya oleh tiga orang. Orang pertama cuma kelihatan kedua tangannya sedang mencoba melepas pelampung dari badan sang bayi. Kedua, sosok perempuan dengan stetoskop yang menggendong bayi tersebut. Ketiga pria berbaju motif loreng milik Tentara Nasional Indonesia (TNI).





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red