Seorang anak memang sangat rawan mengalami keracunan makanan, sebab mereka tidak pandai dalam memilih makanan dan sering jajan sembarangan. Selain dari makanan yang sudah tercampur dengan zat berbahaya, cara mengolah makanan yang salah pun juga bisa menjadi faktor pemicunya.

Para orang tua tentunya dapat mengetahui bila anak mengalami keracunan, caranya dengan melihat gejalanya seperti berikut ini.

1. Kram perut, sakit perut, bahkan bisa diare

2. Merasa mual disertai muntah-muntah

3. Mulut mengering

4. Pusing dan meta cekung

5. Banyak mengeluarkan keringat

6. Dan demam

Biasanya gejala-gejala tersebut akan muncul 30 menit kemudian setelah makanan dikonsumsi. Tapi itu pun tergatung dari racun makanan itu sendiri.Apabila kamu merasa anak telah mengalami keracunan, maka segeralah tangani agar kondisinya tidak semakin parah. Walaupun keracunan makanan bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, tetap saja anak perlu penanganan yang tepat agar sembuh lebih cepat.

4 Cara tepat untuk mengatasi keracunan makanan pada anak

Sumber: https://kapsulmetama.com

Nah, untuk mengatasi keracunan pada anak, intinya pertolognan pertama yang harus dilakukan adalah memberikan ia asupan cairan yang cukup, terutama pada 24 jam pertama. Ini karena tubuh yang keracunan sudah pasti akan kehilangan banyak cairan akibat dari gejala keracunan seperti muntah dan diare.

Untuk penjelasan lengkap mengatasi keracunan pada anak, berikut ini tipsnya.

1. Perhatikan asupan cairan.

Saat proses penyembuhan, beri selalu air mineral. Jangan berikan minuman yang manis, apalagi yang mengandung kafein sebab itu akan memperparah gejalanya.

2. Perhatikan asupan nutrisi.

Beri dia makanan yang terksturnya lembut, seperti roti, kentang, bubur, dan makanlah secara perlahan. Dan hindari juga pemberian makanan yang berbumbu.

3. Istirahatlah yang cukup.

Tujuannya untuk memulihkan kembali kondisi anak.

4. Hati-hati dalam penggunaan obat.

Jika kamu berniat memberikan obat-obatan pada anak, baik itu obat herbal atau obat yang tidak jelas kegunaanya, lebih baik jangan berikan pada anak. Takutnya pemberian obat malah akan memperparah konsisi kesehatan anak.

Jadi, intinya asupan cairan sangat penting untuk pertolongan pertama keracunan. Dan sebari menjalani tips di atas, tidak ada salahnya juga untuk membawa anak pergi ke dokter.