Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan universal, sehingga untuk berkomunikasi dengan warga negara lain biasanya kita akan menggunakan bahasa tersebut. Sejak masih di Sekolah Dasar bahkan Taman Kanak-Kanak pun kita sudah mempelajari bahasa ini agar nantinya tidak kesulitan berkomunikasi dan bisa mengikuti perkembangan zaman.

Istilah-istilah berbahasa Inggris banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun untuk beberapa kata yang belum kita ketahui artinya, penggunaan kamus sebagai alat bantu akan sering diperlukan. Kamus sendiri memang berfungsi untuk mengenalkan kosakata baru dan menerangkan makna dari kata-kata tersebut.

Kamus tidak hanya digunakan untuk mengetahui arti suatu kata, ada kamus yang khusus berisikan kata-kata yang artinya mirip (sinonim) atau biasa disebut kamus thesaurus. Kamus ini selain menampilkan sinonim, bisa menjadi pedoman untuk menulis lebih tepat dan efektif. Selain itu ada pula kamus collocation, yaitu kamus yang menunjukkan kelas kata (noun, verb, adjective, adverb, dll) serta penggabungan dengan kata lain secara tepat (kolokasinya).

Nah, alat bantu bahasa Inggris ini bisa digunakan untuk menerjemahkan kata, membantu saat menulis dalam bahasaInggris, maupun mengoreksi tata bahasanya. Untuk itu, 4 aplikasi ini cocok banget untuk digunakan.

1. Oxford dictionary of English.

4 Aplikasi kamus bahasa Inggris ini recommended banget

foto: google play store

Aplikasi ini merupakan versi maya dari buku kamus Oxford yang kontennya sama-sama dari Oxford Univesity Press. Terdapat lebih dari 350.000 kata, frasa, dan arti serta memiliki ribuan contoh penggunaan kata yang disusun menjadi kalimat. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa mendengar cara pengucapan sebuah kata yang benar dengan fungsi audio yang tersedia.

Perusahaan pengembang aplikasi ini pun menyediakan berbagai jenis kamus seperti; Oxford thesaurus, kamus grammar dan puctuation,sertalainnya. Kamus ini cocok digunakan oleh berbagai kalangan dan profesi. Kamu tidak perlu repot mengunduhnya karena tersedia diPlay Store maupun App Store.

2. Cambridge Advanced Learner Dictionary.

4 Aplikasi kamus bahasa Inggris ini recommended banget

foto: dokumen pribadi

Ensiklopedi dari Cambridge ini lengkap dan bermanfaat banget bagi berbagai kalangan, terutama pelajar. Aplikasi kamus ini dilengkapi dengan rekaman pelafalan gaya British dan American, pengertian kata, serta contoh kalimat. Selain itu terdapat menu contentsdi mana kita bisa mempelajari parts of speech, grammar, serta index yang menjelaskan keterangan beberapa simbol atau kata dalam kamus.

Sayangnya kamus yang lengkap ini belum tersedia di Play Store, sehingga kamu bisa mengunduhnyadi website yang menyediakan perangkat lunak ini.

3. Merriam Webster Dictionary.

4 Aplikasi kamus bahasa Inggris ini recommended banget

foto: google play store

Kamus ini juga pantas direkomendasikan karena selain sebagai kamus biasa, dalam aplikasi ini juga bisa melihat thesaurus kata berupa sinonim dan antonim kata. Ada beberapa fitur yang tersedia, contohnya kuis kosakata, pencarian lewat suara, audio pronunciation, contoh kalimat, thesaurus,dan lain-lain. Kamu tinggal download diGoogle Play dan aplikasi siap digunakan.

Ada mode gratis, ada pula yang berbayar. Namun dengan aplikasi tanpa bayar sudah cukup untuk keperluan yang sedikit kompleks. Oleh karena itu perangkat lunak seluler ini sesuai untuk keperluan bisnis, akademisi, dan berbagai kalagan.

4. Bibooki IELTS, TOEIC, TOEFL IBT Collocation Dictionary.

4 Aplikasi kamus bahasa Inggris ini recommended banget

foto: dokumen pribadi

Berdasarkan namanya, ensiklopedi kata yang satu ini khusus untuk mencari pasangan kata yang sesuai dengan kata yang kita cari. Cocok ketika digunakan untuk menulis serta editing dalam bahasa Inggris. Selain itu aplikasi ini akan membantu kita saat mempelajari IELTS, TOEFL dan TOEIC.

Saat menggunakannya, ia akan menampilkan kelas kata dari kata yang dicari kemudian muncul kolokasi atau pasangan kata yang sesuai serta contoh kalimatnya. Perangkat lunak ini bisa diunduh di Play Store maupun App Store. Namun untuk versi lengkapnya harus berbayar atau download di website terpisah.