×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Anjing ini menjadi bintang dalam industri perfilman dunia

0

Film

4 Anjing ini menjadi bintang dalam industri perfilman dunia

Aktor dan aktris film tidak melulu berasal dari ras manusia. Seekor anjing pun dapat menjadi bintang dan menghibur di layar perak.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

18 / 03 / 2020 14:50

Sudah sejak lama peradaban manusia mengenal dan berinteraksi dengan hewan seperti anjing. Untuk kultur budaya Barat bahkan ada istilah seperti ini: 'Dog is the man’s best friend'. Yang jika diartikan ke bahasa Indonesia kira-kira bermakna 'Anjing adalah sahabat terbaik manusia'. Ini menunjukkan ikatan hubungan jiwa yang kuat antara manusia dengan binatang cerdas seperti anjing. Mulai jadi rekan saat berburu, menjaga rumah, hingga teman untuk anggota keluarga, seekor anjing memiliki nilai dan kualitas sebagai makhluk hidup yang menyenangkan.

Sebagai makhluk hidup, anjing termasuk binatang cerdas yang dapat dilatih untuk memahami manusia. Terutama saat menerima perintah, baik secara lisan maupun gesture atau gerakan tubuh. Sehingga tidak terlalu mengherankan saat melihat binatang ini dapat berperan di sebuah film. Selain karena penampilan mereka yang unik dan tidak seragam (ada anjing dengan tampang galak sangar dan ada pula yang berpenampilan imut serta lucu) juga karena mereka relatif bisa dan cukup mudah untuk diarahkan atau diatur. Anjing tidak seperti binatang lain misalnya kucing yang cenderung rewel dan ribet serta jarang mau mematuhi instruksi atau perintah dari trainer-nya.

Perfilman Hollywood sudah sering memakai dan menggunakan jasa akting anjing di dalam film-film teatrikal maupun televisi. Bahkan jika ditarik jauh, situasi itu sudah dimulai lama sekali alias sejak kelahiran film-film bisu hitam putih. Kecerdasan anjing-anjing 'superstar' ini sudah jadi legenda di kalangan insan perfilman dan terus berlanjut walau volume produksinya mungkin tidak lagi seperti masa-masa keemasan mereka.

1. Rin Tin Tin, anjing German Shepherd dari era Perang Dunia Pertama (September 1918 – 10 Agustus 1932).

4 Anjing ini menjadi bintang dalam industri perfilman dunia

Loading...

(Sumber gambar: Hollywood Reporter)

Tidak pernah dengar atau tahu nama ini? Wajar banget karena Rin Tin Tin adalah binatang film lebih dari 100 tahun lalu. Ia merupakan anjing jantan jenis German Shepherd / Gembala Jerman yang diselamatkan dari medan perang Prancis oleh serdadu Amerika bernama Lee Duncan. Rin Tin Tin meraih popularitas di era film bisu dengan akting terlatih dari Duncan.

Ada 27 film yang dibintangi Rin Tin Tin di masa-masa keemasan kariernya sebagai bintang film binatang yang populer. Bahkan setelah Rin Tin Tin original mati pada tahun 1932, namanya tetap digunakan demi kepentingan komersial untuk keturunan-keturunan Rin Tin Tin selanjutnya.

Hingga saat ini keturunan asli Rin Tin Tin tercatat sebagai Rin Tin Tin XII dan dipelihara oleh Dorothy Yanchak. Namun sepertinya Rin Tin Tin XII tidak mengikuti karier para pendahulunya sebagai binatang film karena sampai tulisan ini dibuat saya tidak menemukan judul film yang dibintangi oleh Rin Tin Tin XII.

2. Lassie, anjing Rough Collie. Debut di film Lassie Come Home tahun 1943.

4 Anjing ini menjadi bintang dalam industri perfilman dunia

(Sumber gambar: PetPet.News)

Jika Rin Tin Tin adalah 'asli', maka Lassie merupakan karakter fiktif karya Eric Knight dari novel Lassie Come-Home. Novel itu kemudian dijadikan film teatrikal di tahun 1943 dan dibintangi anjing bernama Pal. Lucunya, karakter Lassie merupakan anjing betina sementara Pal adalah anjing Rough Collie berjenis kelamin jantan. Tapi itu bukan jadi masalah karena Lassie akhirnya menjadi nama yang Pal gunakan hingga akhir hayatnya. Dan seperti Rin Tin Tin, keturunan Pal juga menggunakan nama Lassie untuk berbagai kepentingan komersial. Ada 11 film Lassie di mana tujuh diperankan Pal dan sisanya oleh keturunan dari Pal.

 

3. Air Bud, anjing Golden Retriever. Debut di film Air Bud (1997).

4 Anjing ini menjadi bintang dalam industri perfilman dunia

(Sumber gambar: Entertainment Weekly)

Buddy merupakan anjing jalanan yang ditemukan serta diadopsi pria bernama Kevin DiCicco di Sierra Nevada tahun 1989. DiCicco melatih Buddy di berbagai olahraga, namun Buddy paling menunjukkan minatnya di bola basket. Karena kepintarannya mengolah si kulit bundar itu (tentunya dengan keterbatasan sebagai seekor anjing) membuat nama Buddy semakin dikenal publik di Amerika. Hal itu membawanya membintangi film tentang basket yang menggunakan namanya sendiri: Air Bud pada tahun 1997.

Film ini cukup sukses di pasaran namun takdir menentukan lain. Sejak akhir syuting Air Bud, Buddy mulai diserang kanker 'synovial cell sarcoma' yang menggerogoti tubuh anjing lucu tersebut hingga akhirnya maut menjemput pada 10 Februari 1998. Buddy mati dengan meninggalkan sembilan anak keturunan, namun sepertinya mereka tidak mengikuti jejak sang ayah di perfilman untuk saat ini.

4 Anjing ini menjadi bintang dalam industri perfilman dunia

(Sumber gambar: Barkpost)

4. 101 Dalmatians, anjing-anjing Dalmatian dari film 101 Dalmatians (1996).

4 Anjing ini menjadi bintang dalam industri perfilman dunia

(Sumber gambar: The Movie Database)

Sebenarnya menurut saya di film ini bintangnya bukan sepasang anjing Dalmatian bernama Pongo & Perdy, tapi si bos jahat nyentrik Cruella de Vil yang diperankan sangat apik oleh aktris senior Glenn Close. Film 101 Dalmatians merupakan adaptasi novel berjudul sama karangan Dodie Smith tahun 1956. Disney pernah mengadaptasi novel tersebut ke format film animasi tahun 1961, dan film tahun 1996 sedikit banyak terasa seperti film animasi tersebut.

4 Anjing ini menjadi bintang dalam industri perfilman dunia

(Sumber gambar: Disney)

Bukan hal buruk tentunya karena film 101 Dalmatians sendiri sukses besar, meraih $ 320,6 juta dari modal hanya $ 75 juta saja. Sangat impresif secara komersial. Glenn Close bahkan meraih nominasi aktris terbaik di ajang Golden Globe berkat perannya di sini sebagai tokoh antagonis untuk anjing-anjing Dalmatians yang lucu serta menggemaskan itu.

4 Anjing ini menjadi bintang dalam industri perfilman dunia

(Sumber gambar: Pinterest)

Film dengan karakter anjing peliharaan memang sedang menurun produksinya. Saya bahkan tidak ingat film dengan tema hewan cerdas ini dalam tiga tahun terakhir. Bagaimana dengan kamu?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red