×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Teknologi ini jadi solusi jitu pencemaran limbah ala LIPI

0

Ilmiah

3 Teknologi ini jadi solusi jitu pencemaran limbah ala LIPI

Sebagai lembaga ilmu pengetahuan terbesar di Indonesia, LIPI memiliki solusi jitu yang bisa diaplikasikan pada permasalahan limbah di Tanah Air.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

spacekantor

05 / 03 / 2019 15:16

 

Permasalahan limbah selalu terjadi, baik di negara maju maupun berkembang, tidak terkecuali dengan Indonesia. Permasalahan limbah bak problem klasik yang selalu mengikuti kemanapun arah pembangunan berlangsung. Kita masih ingat dengan kasus pencemaran Kali Item di Ibu kota yang menarik banyak perhatian karena berada dekat dengan tempat tinggal para atlet Asian Games 2018. Bau busuknya yang menyengat plus pekatnya warna hitam yang menyelimuti seluruh bagian sungai menjadi impresi negatif bagi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games.

limbah istimewa

Jawaban solutif sesungguhnya sudah dikemukakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Sebagai salah satu lembaga riset terdepan di tanah air, LIPI rupanya memiliki beberapa teknologi “Bersih” yang mampu mengurai ruwetnya permasalahan limbah di Indonesia. Dari mulai limbah pabrik, ternak, hingga tumbuhan.

Nah, berikut ini beberapa teknologi pengolahan limbah ala LIPI yang sebaiknya diterapkan secara menyeluruh di Indonesia.

1. Teknologi Pengolahan Limbah Industri.

Loading...

3 Teknologi ini jadi solusi jitu pencemaran limbah ala LIPI

Baru–baru ini LIPI memberikan penyuluhan teknologi pengolahan limbah industri di wilayah Sumedang, tepatnya di Dusun Giriharja, Desa Kebon Jati, Kab. Sumedang. LIPI membangun Teknologi Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) yang berfungsi meminimalisir tingkat cemaran yang dihasilkan produk limbah tahu yang berbau busuk dan merusak kualitas air masyarakat setempat. Teknologi ini juga menghasilkan daya listrik dari biogas yang dimanfaatkan oleh 89 keluarga di dusun Giriharja untuk memasak.

 

2. Teknologi Pengolahan Limbah Air.

3 Teknologi ini jadi solusi jitu pencemaran limbah ala LIPI

Kotornya sungai atau danau di banyak wilayah di Indonesia mungkin sekali bisa diatasi oleh Lutor. Teknologi besutan UPT Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI ini mampu menghasilkan gelembung–gelembung halus yang meningkatkan kadar oksigen dalam air. Teknologi serupa bahkan pernah dipergunakan di Pantai Yokohama, Jepang yang tercemar. Hanya dalam tempo 3 tahun, ikan–ikan sudah kembali berenang di sekitarnya. Bayangkan jika Lutor diaplikasikan di Teluk Jakarta.

 

3. Teknologi Pengolahan Limbah Tumbuhan.

3 Teknologi ini jadi solusi jitu pencemaran limbah ala LIPI

Salah satu industri terbesar di Indonesia ialah perkebunan kelapa sawit. Volume hasil perkebunan kelapa sawit, 80–90 persen merupakan limbah berupa tandan kosong, serat, batang pohon, dan cangkang pelepah. Karenanya, LIPI sudah mengembangkan teknologi pengolahan berupa bahan bakar alternatif Bioetanol yang bersumber dari limbah kelapa sawit. Selain itu, ada juga hasil riset berupa Bio Plastik. Yakni plastik ramah lingkungan yang lebih cepat terurai di alam dibanding plastik–plastik konvensional saat ini.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red