Penyakit gula darahberkaitan dengan bagaimana cara menyeimbangkan gula darah tersebut dengan normal. Salah satunya ialah diabetes. Sangat dikhawatirkan jika sudah terkena penyakit diabetes karena sangat susah untuk disembuhkan. Namun ada beberapa solusi untuk menjaga kadar gula tetap normal.

3 Cara untuk mengatasi penyakit diabetes sehari-hari

sumber : bicaraherbal.com

Mungkin kamu merasa sedih jika terkena diabetes karena susah sekali untuk meluangkan waktu keluar. Kamu perlu pengobatan dan perawatan yang membuat gula darah kamu tetap normal. Nah, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi diabetes sehari-hari.

1. Olahraga teratur.

Kamu perlu melakukan olahraga untuk mengtasi diabetes sehari-hari. Olahraga dapat membantu berat badan menjadi turun. Olahraga yang perlu kamu lakukan tidak usah yang berat-berat, cukup melakukan olahraga ringan saja seperti bersepeda di kampung halaman atau berenang. Itu sangat membantu kamu menurunkan berat badan, membantu paru-paru dan jantung bekerja dengan baik, insulin akan lebih mudah untuk menurunkan gula darah dan memberikan kamu stamina atau energi yang cukup.

2. Tes gula darah setiap hari.

Mengapa pengecekan terhadap gula darah perlu dilakukan? Ini sangat penting bagi orang yang menderita diabetes. Dengan cara pengecekan tersebut mereka bisa tau kadar glukosa darahnya secara real time. Kamu wajib mempunyai alat untuk pengecekan gula darah. Nah, berikutini cara pengecekannya.

- Biasakan mencuci tangan sebelum memasukan test strip ke alat ukur gula darah.

- Menusuk ujung jari dengan jarum kecil, agar keluar darah.

- Pijat jarinya agar mengeluarkan darah.

- Pegang ujung dari test strip sampai darah menetes pada alat tersebut.

- Dan kalian bisa langsung hasilnya pada layar alat test tersebut.

Gambaran gula darah yang sudah dites tersebut itu dapat menandakan ataumenggambarkan kesehatan dirimu. Tingkat gula darah yang normal sekitar 70/130 mg/dL (sebelum makan). Untuk orang yang berpuasa biasanya akan berubah menjadi di bawah 100mg/dL. Tingkat gula darah 2 jam sesudah makan akan kurang dari 180 mg/dL dan untuk menjelang tidur 100-140 mg/dL.

3. Makan makanan yang sehat.

Makanan untuk penderita diabates tidak beda jauh dengan biasanya, namun bagi penderita diabetes ini biasanya lebih teratur dalam pola makan. Makanan sehat tersebut adalah makanan yang memang rendah kadar lemaknya dan bergizi agar dapat mengontrol kadar gula darah. Makanan apa saja yang dapat membantu penderita diabetes?

- Daging tanpa lemak dengan cara dikukus, direbus, dibakar dan dipanggang

- Ikan sarden, salmon, tuna, dan makarel

- Buah-buahan yang segar

- Mengganti gula dengan pemanis yang memiliki kalori rendah dan mengandung kromium untuk meningkatkan insulin dalam tubuh

- Makanan dari biji-bijian atau karbohidrat kompleks seperti kentang panggang, nasi merah,sereal dari biji-bijian utuh, dan roti.