×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Cara tradisional ini ampuh untuk mengurangi bahaya encok

0

Kesehatan

3 Cara tradisional ini ampuh untuk mengurangi bahaya encok

Bahaya encok jika biarkan bisa menimbulkan komplikasi. Yuk, cegah sebelum terlambat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

09 / 04 / 2019 13:57

Encok merupakan masalah kesehatan umum yang sering terjadi dan gejalanya ditandai dengan rasa sakit atau nyeri pada beberapa bagian tubuh, salah satunnya pinggang. Penyakit ini disebabkan oleh kristal asam urat yang menumpuk pada sendi, kristal itu akan menusuk persendian yang akhirnya menimbulkan rasa sakit pada sendi kamu.

3 Cara tradisional ini ampuh untuk mengurangi bahaya encok

Sumber: https://rheumapas.com/sakit-encok-apa-obatnya/

Perlu kamu ketahui jika encok dibiarkan saja tanpa penanganan atau tanpa obat bisa membahayakan bagi kesehatan. Encok bisa menimbulkan komplikasi dan sebagainya, salah satunya bisa berdampak pada kerusakan sendi permanen (lumpuh). Untuk lebih lengkapnya, berikut ada 3 macam bahaya yang bisa terjadi akibat encok.

1. Tophi.

Loading...

Kondisi ini ditandai dengan penumpukan kristal di bawah permukaan kulit. Akhirnya akan menimbulkan benjolan yang muncul di sekitar jari kaki, dengkul, jari tangan, dan telinga. Tophi bisa membesar dan berbahaya jika tidak segera ditangani.

 

2. Kerusakan sendi secara permanen.

Ini kondisi yang sering dianggap sepele. Biasanya orang yang mengalami kelumpuhan awal mulanya disebabkan oleh encok yang tidak diobati. Dengan gejala yang terus berkelanjutan, yang akhirnya membuat kerusakan pada sendi, pastinya akan membuat persendian kamu mengalami kerusakan secara permanen.

 

3. Batu ginjal.

Kristal asam urat tidak hanya menumpuk pada persendian, namun juga bisa menumpuk pada ginjal jika dibiarkan terus-terusan. Jika hal itu terjadi maka akan ada batu yang muncul pada ginjal kamu, inilah yang dinamakan dengan batu ginjal.

Bagaimana cara mengatasi bahaya tersebut? Ada cara mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan cara tradisional. Memang selama ini pengobatan penyakit ini disembuhkan oleh obat dari resep dokter. Walaupun cukup efektif, nyatanya obat-obatan tersebut selalu memiliki efek samping.

Nah, kali ini saya akan membagikan pengobatan asam urat dengan cara tradisional, obat ini tentunya tidak memiliki efek samping bagi pemaikainya dan aman untuk dikonsumsi. Berikut obat tradisional tersebut.

1. Jahe.

Bumbu dapur ini sangat terkenal sekali untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dengan sifat anti radang dan anti inflamasi nya , jahe mampu mengatasi peradangan akibat encok.

Cara penggunaannya:

- Siapkan 1 rimpang jahe, cuci bersih, kemudian potong-potong kecil, remukan dan rebus.

- Rebus dengan air secukupnya dan tambahkan gula aren secukupnya.

- Setelah mendidih, angakat dan saring

- Tuangkan kedalam gelas dan minum air saringan tersebut

 

2. Akar bunga pagoda.

Mungkin tanaman obat ini masih jarang yang tahu, tapi tanaman ini memang bisa digunakan untuk mengobati encok.

Cara penggunaanya :

Siapkan akar bunga pagoda yang sudah kering, lalu rebus dengan air secukupnya hingga matang. Setelah itu lalu disaring, kemudian diminum.

 

3. Cengkeh.

Di Indonesia tentunya tidak sulit untuk menemukan rempah yang satu ini. cengkeh juga dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi encok.

Caranya:

Siapkan cengkeh dengan tambahan 1 rimpang jahe, lalu tumbuk keduanya sampai halus. Jika sudah kemudian balutkan pada pinggang yang mengalami encok.

 

Nah, itulah tanaman obat yang bisa gunakan untuk mengatasi asam urat. Perlu kamu ketahui, walaupun obat herbal tidak memiliki efek samping dan aman, namun siapa yang tahu efek dari masing-masing pemakai. Sebab pengobatan tradisional dengan tanaman efeknya pasti akan berbeda-beda pada setiap orang. Jika kamu merasa bahwa pengobatan itu ada pengaruhnya maka bisa dilanjutkan, namun jikalau tidak lebih baik berhenti dan konsultasi dulu dengan dokter.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red