×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
21 'Polite Gesture' ini akan membuat orang lain terkesan padamu

0

Kepribadian

21 'Polite Gesture' ini akan membuat orang lain terkesan padamu

Sopan santun sangat dibutuhkan kapan pun dan di mana pun.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ayun Susanti

24 / 09 / 2019 10:54

Sikap sopan santun adalah salah satu unsur penting dalam kehidupan, terutama bagi negara-neraga timur seperti Asia. Hal ini sesuai dengan ungkapan dari Clarence Thomas "The good manners will open doors that the best education cannot."

source: google, by VioricaIonescu from Getty Images/iStockphoto,  Copyright:VioricaIonescu

Sopan santun sangat dibutuhkan kapan pun dan di mana pun. Di era modern ini sopan santun menjadi poin penting, bahkan mendahului tingkat kecerdasan pada saat melamar kerja. Berikut adalah 21 polite gesture yang akan membuat orang lain terkesan padamu.

1. Menahan pintu.

Ya, tidak ada salahnya jika kamu menahan pintu sebentar saat ada orang lain yang akan masuk/keluar dari tempat yang sama denganmu. Selain memberikan kesan yang baik, kamu juga akan terlihat keren, terutama apabila pintu yang kamu tahan itu untuk seorang lansia.

Loading...

2. Jangan lupa bilang "terima kasih".

Apa pun yang sudah orang lain selesaikan atau lakukan untukmu, jangan lupa hadiahkan untuk mereka kata-kata ajaib ini. Mengucapkan terima kasih pastinya tidak membuatmu langsung jatuh miskin, yang ada orang lain akan merasa di hargai dan tidak segan-segan membantumu lagi.

3. Gunakan panggilan yang enak didengar.

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar orang kota besar, khususnya Jakarta, suka sekali kalau mendapatkan panggilan yang terdengar lebih 'berkelas'. Misalnya ketika kakak/adik dari ibu dan ayahmu berkunjung, mereka pasti akan lebih suka dipanggil 'om' dan 'tante' daripada 'paman' atau 'bibi'. Begitu pula orang lain, maka ketika kamu kurang suka mendapat panggilan 'mbak' atau 'mas' maka jangan panggil orang lain dengan sebutan yang sama. Coba panggil dulu orang lain dengan sebutan 'kakak', misalnya. Sepertinya kebanyakan warga Jakarta lebih suka dipanggil 'kakak' daripada 'mbak'.

4. Ucapkan permisi dengan baik.

Kalau kamu jalan di tempat ramai dan sedang terburu-buru, jangan lupa ucapkan permisi. Kalau kamu lewat di depan petugas kebersihan yang sedang menyapu, ucapkan permisi. Kalau kamu sedang terdesak dan terpaksa menyela aktivitas orang lain, ucapkan permisi sekaligus permintaan maaf.

5. Ketika makan bersama, pastikan semua orang sudah memiliki makanannya sebelum kamu mulai makan.

Jangan memulai sendirian. Selain karena itu sangat tidak sopan, orang-orang mungkin akan melihatmu sebagai orang yang tidak punya tata krama. Bersabarlah sampai semua orang siap untuk makan.

6. Ladies first. Persilakan wanita memesan duluan saat makan.

Untuk kamu, pria yang kebetulan keluar dengan teman-teman wanita, atau seorang wanita yang spesial, tidak ada salahnya membiarkan perempuan memesan lebih dulu. It's really make you look like a real men, trust me.

7. Ladies First. Pria membukakan pintu untuk wanita dan anak-anak.

Masih seputar ladies first, pria dapat membantu wanita dan anak-anak untuk membuka pintu. Sebaiknya lakukanlah sebelum siapapun menyuruhmu. Bukan tidak mungkin salah satu wanita yang kamu bukakan pintu itu akan menjadi calon istri atau calon ibu mertuamu. Seru, ya?

8. Mengingatkan pada waktu yang telah disepakati.

Pasti ada kan sesekali kita memiliki janji penting atau ada beberapa urusan yang perlu pengingat. Misalnya, kamu sudah janjian dengan teman kantormu untuk berangkat pagi-pagi pada saat outing kantor. Kalau temanmu minta untuk diingatkan atau dibangunkan pukul lima pagi, maka sebaiknya kamu mulai menelepon atau mengirim pesan pukul lima pagi. Jangan sampai kamu malah menganggu dia jam dua atau tiga pagi karena selain tidak sopan, hal itu juga termasuk merusak privasi orang lain.

9. Memperkenalkan seorang teman ke teman yang lain dengan menyebutkan nama.

Apabila kamu dan sahabatmu di suatu kesempatan sedang pergi jalan-jalan ke mall dan kebetulan bertemu temanmu yang lain, maka perkenalkanlah mereka dengan baik. Yaitu dengan menyebutkan masing-masing nama mereka, misal: "Hai Budi, apa kabar? Kenalkan, ini sahabat saya, namanya Andi. Nah Andi, kenalkan ini teman SMA saya, namanya Budi." Tidak ada orang yang tidak senang mendengar namanya disebut dengan baik, kan?

10. Jangan pergi ke toilet di tengah jamuan makan, kecuali semua orang sudah selesai atau diperbolehkan dengan toilet break.

Dalam table manners di meja makan, sebaiknya kamu tidak pergi ke toilet di tengah perjamuan. Tidak ada salahnya menahan diri sedikit lebih lama sambil menunggu semua orang selesai atau diumumkan toilet break. Ini mungkin terlihat sederhana, tapi meninggalkan meja makan di saat semuanya sedang menikmati makanan sangat tidak sopan dan bisa menyinggung perasaan orang lain.

11. Simpan ponselmu ketika melakukan pembayaran di kasir.

Di era milenial seperti ini memang rasanya agak berat ketika diminta menjauhkan diri dari ponsel. Tapi, hey! Setidaknya kamu harus mencoba untuk menyimpannya beberapa menit ketika sampai ke kasir. Orang yang bekerja di balik meja untuk melayani pembayaran dan semua jenis belanjaanmu itu juga manusia. Mereka pasti akan lebih senang dan merasa dihargai apabila kamu menyimpan ponsel sebentar, sekadar untuk membalas senyuman mereka, menjawab beberapa pertanyaan dengan ramah, dan tidak lupa mengucapkan terima kasih.

12. Kunyah makanan dengan mulut tertutup.

Saat kamu makan di tempat umum atau sedang berada di jamuan makan penting, ada baiknya untuk tetap menutup mulut saat mengunyah. Ini termasuk tidak bicara ketika mengunyah. Mengobrol di tengah jamuan makan tidak dilarang tentu saja, tapi lakukan itu setelah kamu benar-benar selesai mengunyah dan menelan makanan di dalam mulutmu. Mengunyah dengan mulut terbuka akan sangat mengganggu orang lain, bahkan bisa merusak selera makan mereka.

13. Jaga tanganmu tetap di kedua sisi tubuh saat makan.

Masih dalam konteks table manners dalam jamuan makan, ada baiknya kalau kamu juga menjaga kedua tanganmu agar tetap berada pada kedua sisi tubuhmu. Hal ini dikarenakan ruang yang sempit antar peserta jamuan makan akan membuat orang lain kehabisan tempat apabila kamu bergerak kesana kemari seenaknya. Selain mengganggu dan tidak sopan, bisa saja kamu membahayakan orang lain dengan benturan sikumu.

14. Biarkan tamu memilih acara TV ketika bertamu di rumahmu.

Sebagai mahkluk sosial, pastilah sekali atau dua kali dalam beberapa waktu rumah kita akan kedatangan tamu. Nah, sebagai salah satu bentuk tata krama dan keramahan sebaiknya kamu membiarkan para tamu untuk memilih sendiri channel TV mana yang akan mereka tonton. Dengan begini para tamu akan lebih nyaman ketika singgah dan kamu secara langsung sudah meninggalkan kesan baik pada mereka. Toh, tidak setiap hari tamu-tamu datang ke rumah hanya untuk nonton TV, kan?

15. Layani tamu terlebih dahulu.

Masih dalam konteks tamu, sudah menjadi norma tak tertulis bahwa tamu harus dilayani sebaik-baiknya. Termasuk dengan membiarkan mereka menikmati jamuannya terlebih dahulu. Pastikan semua tamu terlayani dengan baik sebelum kamu.

16. Saat menggunakan lift, tunggu ampai semua orang keluar baru kamu masuk lift.

Idealnya, selain antre kita juga harus menunggu orang yang ada di dalam lift keluar sebelum kita masuk ke dalam. Coba bayangkan, kalau seandainya kamu mau turun dari lift dan tiba-tiba ada orang-orang yang menyerobot masuk tanpa ampun padahal orang-orang di dalam belum keluar semua? Pasti sesak, kan? Ruangan elevator yang sempit dan hanya bisa menampung jumlah penumpang yang terbatas itu harus dijejali sebelum kosong. Jadi, bersabar sedikit demi kenyamanan bersama seharusnya tidak menjadi masalah.

17. Biarkan orang lain menyelesaikan kalimatnya sebelum memotong, ucapkan permintaan maaf sebelum melanjutkan.

Ketika orang lain sedang berbicara, dan kamu tiba-tiba mempunyai alasan, pendapat, atau sanggahan, sebaiknya tunggu dulu sampai orang itu selesai. Jangan memotong, apalagi langsung menyela. Selain sangat tidak sopan, hal ini juga bisa menyakiti perasaan orang lain, membuat ia merasa tidak dihargai dan meninggalkan kesan tidak baik pada dirimu sendiri. Jadi, sebelum menyela ada baiknya menunggu sampai selesai baru utarakan pendapatmu. Misal, "Baik, saya mengerti apa yang anda maksud. Mohon maaf sebelumnya, tapi saya memiliki pendapat yang agak berbeda..."

18. Bantulah orang yang mendadak butuh bantuan.

Kalau kamu sedang dalam perjalanan ke mini market dan melihat seorang nenek keberatan memasukkan barang belanjaannya, tak ada salahnya membantu sebentar. Kalau saat parkir ada seseorang yang kesulitan mengeluarkan kendaraan bermotornya, tak ada salahnya membantu sebentar. Kebetulan melihat orang yang bannya bocor, cukup beri tahu lokasi bengkel tambal ban terdekat. Semakin banyak kamu membantu orang lain, semakin banyak pula orang yang akan membantumu di saat kamu kesulitan nanti. Cause 'Karma' has no menu, it served what you deserved.

19. Ucapkan selamat, belasungkawa, atau kata-kata penyemangat.

Sebagai salah satu bentuk sopan santun, simpati, dan empati, tidak ada salahnya kalau kamu ikut senang saat orang lain mendapatkan keberhasilan lalu mengucapkan selamat atas keberhasilannya. Dan jangan lupa untuk mengucapkan belasungkawa kepada orang yang sedang kehilangan orang terkasih mereka, minimal untuk mengingatkan mereka bahwa kamu ada untuk mereka. Dan apabila seseorang tengah dirundung kegagalan, alangkah baiknya kalau kamu menyemangati daripada menghina. Hal-hal tersebut bukan hanya akan memperkuat hubungan dengan orang yang bersangkutan, tapi juga meninggalkan kesan mendalam pada mereka bahwa kamu orang yang luar biasa.

20. Kalau kamu mengantar seseorang, tunggu sampai dia masuk ke rumah dengan aman atau sampai menghilang dari pandangan.

Biasanya hal ini penting bagi para pria yang mengantar teman wanita mereka sampai ke depan rumah. Selain sebagai salah satu bentuk perhatian dan kesopanan, hal ini juga sebagai salah satu upaya perlindungan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sementara bagi yang diantar, dia akan merasa aman sampai masuk ke dalam rumah dan kamu akan meninggalkan kesan yang baik padanya. Luar biasa, bukan?

21. Ingatlah tanggal ulang tahun kolegamu dan jangan lupa mengucapkan kepadanya.

Bagi sebagian orang, ulang tahun adalah salah satu momen penting di mana mereka akan sangat berterima kasih jika kamu mengingat tanggal penting itu. Ketika kamu mengucapkannya tepat waktu, mungkin bagimu ini cuma hal biasa, tapi untuk dia bisa jadi adalah suatu bentuk penghargaan yang tak ternilai. Karena apa? Karena kamu peduli dan mengingat tanggal lahirnya, kemudian mengucapkan selamat dan mendoakannya. Kalau sudah begini, bukan tidak mungkin dia juga akan berusaha mengingat tanggal ulang tahunmu, lho!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red