×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
20 Khasiat timun suri bagi kesehatan & kecantikan, serta cara milihnya

0

Kesehatan

20 Khasiat timun suri bagi kesehatan & kecantikan, serta cara milihnya

Foto: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/manfaat-timun-suri-kesehatan/

Tak hanya untuk kesehatan, timun suri juga berkhasiat untuk kecantikan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

18 / 10 / 2019 12:15

Saat cuaca sedang panas, paling enak mengonsumsi buah segar yang banyak mengandung air sebagai pelepas dahaga. Salah satu buah-buahan sehat dan bisa diolah menjadi minuman segar adalah timun suri. Sebagian masyarakat menyebutnya sebagai barteh atau timun betik.

Timun suri bisa tumbuh kapan saja alias tidak musiman, tapi biasanya banyak muncul saat bulan Ramadan. Buah ini sering kali menjadi bahan minuman segar sebagai menu berbuka puasa. Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar atau warung-warung sayur dekat rumahmu.

Timun suri memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh seperti vitamin A, B, C, magnesium, potassium, kalium, linoleat, fluktosa, glukosa. Jangan sepelekan buah yang berharga murah ini. Melihat dari kandungannya saja, kita bisa tebak kalau timun suri punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Masuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae), berikut khasiat timun suri untuk kesehatan tubuh.

1. Sumber antioksidan.

Loading...

Jangan ragukan kandungan antioksidan yang terdapat di dalam timun suri. Buah ini mengandung vitamin A, B, C, flavonoid, beta karoten, lignan, tripernen yang sangat berperan dalam menjaga daya tahan tubuh, melawan radikal bebas penyebab banyak penyakit, dan menjaga kesehatan mata.

2. Melancarkan pencernaan.

Kandungan serat dan air dalam timun suri sanggup melancarkan pencernaan dalam usus sehingga terhindar dari sembelit. Mengonsumsi buah ini juga baik buat kamu yang menderita sakit maag atau tukak lambung.

3. Cegah Alzheimer dan tulang sehat.

Timun suri kaya akan vitamin K yang mampu menjaga kesehatan tulang. Selain itu juga mencegah kerusakan neuronal pada otak dan akhirnya melindungi kamu dari penyakit Alzheimer.

4. Zat anti kanker.

Ternyata nih, timun suri bisa bantu kamu terhindar dari penyakit tumor dan kanker. Terdapat sebuah penelitian dalam Scientific World Journal pada 2010 yang dilansir dari hellosehat.com, bahwa timun suri mengandung saponin yang ternyata mampu mencegah sel kanker dan menghindari rusaknya metabolisme tubuh.

5. Detoksifikasi.

Rutin mengonsumsi timun suri membantu membuang racun-racun dalam tubuh. Contohnya seperti cacing pita.

6. Mata sehat.

Dengan berbagai nutrisi yang terdapat di dalam timun suri, kamu akan terhindar dari iritasi serta mata kabur dan bengkak kalau rajin mengonsumsinya. Buah ini juga mengandung asam askorbat dan asam caffeic.

7. Makanan penderita diabetes.

Bagi yang menderita diabetes pun dapat mengonsumsi timun suri ini karena mengandung karbohidrat kompleks yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

8. Ginjal sehat.

Tubuh harus mengonsumsi cukup cairan agar terhindar dari dehidrasi. Timun suri banyak mengandung air yang membuatmu lancar mengeluarkan air seni sehingga bantu menyehatkan ginjal.

9. Meningkatkan memori.

Terutama untuk wanita hamil, mengonsumsi timun suri baik untuk otak janin karena dapat membantu kecerdasan bayi walau masih dalam kandungan.

10. Sendi kuat.

Jaga sendi agar tetap kuat dengan kandungan silika dari timun suri. Selain itu, kamu akan terhindar dari penyakit rematik karena kandungan vitamin, kalsium, folat dan magnesium dalam buah berwarna kuning ini.

11. Bantu diet.

Kamu bisa diet dengan mengonsumsi makanan sehat, termasuk timun suri. Banyak serat dan air dalam buah ini bantu memusnahkan lemak. Itu jadi alasan kamu perlu memasukkannya dalam menu harian yang menyehatkan.

12. Jantung sehat.

Timun suri dapat bantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Kandungan asam linoleat juga mengurangi kadar lemak darah yang akhirnya dapat menjaga kesehatan jantungmu.

13. Regenerasi kulit.

Rajin mengonsumsi timun suri bantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak sehingga cocok untuk bantu proses masa penyembuhan bagi kamu yang sedang sakit.

14. Mulut dan gigi sehat.

Kamu sedang sakit gigi dan radang gusi? Cobalah mengunyah timun suri yang dapat bantu memproduksi air liur dan menetralkan pH rongga mulut.

15. Daya tahan tubuh.

Supaya penyakit seperti flu dan radang tenggorokan tidak gampang menyerang, konsumsi buah ini yang mengandung vitamin C dan antiradang.

16. Energi.

Timun suri mengandung glukosa dan fluktosa yang mudah larut dan bisa jadi sumber energi jika bosan mengonsumsi makanan seperti roti ataupun nasi.

17. Usir haus.

Buah ini banyak mengandung air yang sangat cocok kamu konsumsi, terutama saat panas terik yang dapat mengusir rasa hausmu.

18. Kuku sehat.

Ternyata nih, kandungan silika yang terdapat pada timun suri bisa bantu melindungi kuku dari kerusakan atau pecah-pecah.

19. Kulit cantik dan sehat.

Ingin tampil cantik dan selalu sehat? Gampang, kamu cukup rutin mengonsumsi timun suri yang mengandung antioksidan. Seperti kita ketahui, manfaat antioksidan salah satunya dapat mencegah terjadinya penuaan dini akibat radikal bebas yang juga bisa menyebabkan kanker.

20. Rambut sehat.

Lagi-lagi, kandungan silika dalam timun suri mampu menjaga kesuburan rambutmu yang membuatnya tumbuh sehat dan lebat apalagi jika menambahkan dengan perawatan yang tepat.

Bagaimana memilih timun suri yang baik untuk kamu konsumsi? Saat membeli kadang kamu bingung memilih mana buah yang pas untuk dibawa pulang, kan? Nah, ini beberapa tipsnya:

1. Pilih timun suri yang sudah matang dengan daging buah sudah mengembang. Kalau sudah matang biasanya tampak retakan alami pada kulit buahnya

2. Tidak bisa memastikan bahwa timun suri yang telah matang berwarna kuning tua, ada juga yang berwarna kuning muda

3. Tandai timun suri yang matang dengan mencium aroma khasnya yang manis lembut dan segar. Hindari membeli yang aromanya manis berlebihan karena bisa saja itu hasil karbitan

4. Belilah timun suri sesuai kebutuhan. Jika ingin memakannya sedikit, pilih yang berukuran kecil agar bisa habis sekali makan. Timun suri yang bersisa dan disimpan lama rasanya sudah tidak segar dan berair

5. Kalau ingin membuat minuman seperti es buah, pilih timun suri bertekstur lembut dan empuk tapi tidak mudah hancur ataupun lembek. Cobalah tekan sedikit dan tepuk-tepuk buahnya untuk menandai bunyi khas dari timun suri matang

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red