×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
14 Website ini dapat membantu kamu dalam penulisan skripsi

0

Ilmiah

14 Website ini dapat membantu kamu dalam penulisan skripsi

Website ini bisa kamu jadikan rujukan dalam menulis skripsi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

initial D

31 / 05 / 2020 12:41

Skripsi dan tugas akhir menjadi salah satu isu hangat di kalangan mahasiswa selama masa pembatasan sosial atau social distancing saat pandemi ini berlangsung. Bagaimana tidak, skripsi bukanlah perkara gampang bagi mahasiswa/i, ditambah lagi masa pandemi yang bikin skripsi makin terasa berat.

Tenang, tidak ada yang tidak bisa dilakukan jika mau dan mengikuti prosesnya. Untuk itu dibutuhkan sebuah referensi dari para ahli yang bisa mendukung skripsimu bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa website yang bisa membantumu dalam penulisan skripsi.

1. Google Scholar/ Google Cendikia.

https://scholar.google.co.id/

Situs pertama yang pasti bisa membantu dalam penulisan skripsimu adalah Google Cendikia. Siapa yang tidak kenal dengan raksasa teknologi besutan Google ini. Google Cendikia akan membantumu dalam mencari artikel, jurnal, dan buku yang sesuai dengan judul yang kamu inginkan. Tinggal klik dan bisa diunduh secara gratis artikel dan jurnal yang tersedia.

Loading...

2. Academia.

https://www.academia.edu/

Situs selanjutnya adalah Academia. Saya pikir semua mahasiswa/i juga sudah familiar dengan website ini, karena di sini banyak sekali penelitian dan jurnal-jurnal yang tersedia. Ditambah lagi tampilan yang seperti media sosial yang bisa dikomentari dan diberi saran atas penelitian tersebut.

3. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

https://www.perpusnas.go.id/

Situs ini merupakan layanan yang diberikan pemerintah untuk menunjang pendidikan di Indonesia. Situs ini juga memiliki banyak sekali artikel, jurnal jurnal ilmiah, dan catatan-catatan para ahli yang bisa kamu download secara gratis. Tapi ingat, kamu wajib registrasi dahulu dengan NIK KTP dan alamat e-mail yang valid.

4. Eurika Pendidikan.

https://www.eurekapendidikan.com/

Masih asing dengan situs ini? Eurika Pendidikan berbeda dengan situs yang menyediakan jurnal ilmiah, karena Eurika menyediakan artikel yang berisi pendapat-pendapat para ahli di bidangnya. Kekurangan situs ini adalah kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu untuk dapat menggunakan/mendapatkan artikel tersebut. 

5. Microsoft Academic.

https://academic.microsoft.com/home

Microsoft juga punya situs untuk mencari jurnal penelitian dan artikel penelitian. Situs ini mempunyai fitur yang sangat lengkap meliputi jadual CfP (Call For Paper) dari sejumlah konferensi / seminar terkenal, Co Author Graph, Citation Graph, Daftar Jurnal kelas atas. Sangat layak digunakan sebagai portal utama dalam penulisan skripsi. Bagaimana menurutmu? Apa kamu sudah menggunakannya sebelumnya?

6. Literatur.

http://www.online-literature.com/

Website ini menydiakan ribuan buku dari sastrawan dunia serta bebas akses di situs ini. Yang lebih penting website ini sangat ringan untuk diakses karena hanya menampilkan tulisan. Sayangnya kamu tidak bisa mengunduh file atau jurnal tersebut dalam bentuk apa pun, bahkan untuk kindle saja tidak bisa.

7. Indonesian Publication Index.

http://id.portalgaruda.org/

Indonesian Publication Index merupakan portal untuk penelusuran Abstraksi, index, Monitoring, untuk peningkatan standarisasi kualitas publikasi ilmiah di Indonesia. Tujuannya untuk memajukan keilmuan Indonesia dengan sering diadakannya workshop, seminar, dan publikasi jurnal ilmiah. Ini bisa menjadi bahan dalam penulisan skripsi yang kompeten.

8. OAPEN Library.

https://www.oapen.org/

Website ini sangat direkomendasikan dalam mencari buku-buku karya ilmiah. Pada intinya Oapen Library merupakan katalog buku yang sudah berdiri sejak tahun 2007 serta sudah mendapatkan catatan/katalog di perpustakaan dunia dan telah memiliki koleksi lebih dari 20 juta catatan edisi online, menyediakan akses ke 1,7 juta versi buku yang dipindai, dan tautan ke sumber-sumber eksternal seperti WorldCat dan Amazon. Bagaimana? Tertarik membacanya?

9. Wiley Online Library.

https://onlinelibrary.wiley.com/

Website ini mempunyai misi untuk memberdayakan para peneliti, pelajar, universitas, dan perusahaan untuk mencapai tujuan mereka di dunia yang terus berubah. Selama lebih dari 200 tahun telah membantu orang dan organisasi mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk berhasil. Wiley Online Library ini salah satu situs yang memiliki lebih dari >6 juta referensi artikel, 1.500 jurnal, 18.000 eBook yang bisa diakses secara gratis. Bagaimana, masih ragu untuk berkunjung?

10. Open Library.

https://openlibrary.org/

Open library, bukan Oapen library. Hampir mirip tapi berbeda. Situs raksasa ini menyediakan layanan e-book gratis yang bisa di gunakan secara offline tanpa menggunakan koneksi internet. Cocok buat yang fakir kuota dan hotspotan terus.

11. Project Gutenberg.

https://www.gutenberg.org/

Project Gutenberg atau yang lebih familiar di sebut (PG) adalah suatu upaya sukarela untuk melakukan digitalisasi, pengarsipan, dan distribusi karya-karya budaya agar dapat mendorong pembuatan dan pendistribusian ebooks atau buku elektronik. Didirikan pada 1971 oleh Michael S. Hart dan merupakan perpustakaan digital tertua. Sebagian besar koleksinya adalah naskah lengkap buku-buku domain umum.

Proyek ini berupaya menyediakan semua koleksinya sebebas mungkin, dalam format yang tahan lama dan terbuka serta dapat digunakan di hampir semua komputer. Pada bulan Maret 2013, Proyek Gutenberg menyatakan bahwa mereka memiliki 42.000 judul buku dalam koleksi mereka.

12. Library Genesis.

https://libgen.is/

Apa yang berbeda dari situs sebelumnya? Perbedaannya terletak pada kolom pencarian yang serupa dengan Google Cendikia dan kamu bisa menemukan banyak buku digital berformat PDF, Mobi, dan ePub. Serta cukup lengkap untuk hampir semua prodi. Yang terpenting di situs ini artikel ilmiah dan buku yang menggratiskan akses ke konten berbayar.

13. Research Gate.

https://www.researchgate.net/

Situs ini menyediakan tanya jawab langsung ke peneliti atau lebih gampang di sebut situs diskusi dan usul pendapat yang bisa di isikan di forum yang diikuti.

14. Science Direct.

https://www.sciencedirect.com/

Ini adalah salah satu situs yang sangat membantu saya dalam penulisan skripsi. Situs ini berisi berbagai macam karya ilmiah yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Situs ini sudah memiliki lebih dari 37,000 buku dan 4,700 jurnal. Lebih asyik lagi situs ini gratis dan kamu bisa mengunduh jurnal tersebut secara langsung.

Sekian rekomendasi website yang mungkin bisa membantumu dalam penulisan skripsi. Ingat, skripsi hanya ujian kecil dibandingkan ujian hidup.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red