×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengang

0

Film

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengang

Jangan ngaku fans Harry Potter kalo nggak tahu teori ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hanrani S

21 / 03 / 2018 11:40

Avada Kedavra. Itulah kutukan fenomenal dari buku terkenal berjudul Harry Potter.  Dengan cerita petualangan seru disertai kejutan menarik hasil karya J.K. Rowling ini akan membuat pembacanya hanyut kedalam imajinasi tingkat tinggi tentang dunia sihir. Tak sedikit para penggemar bersedia meluangkan waktu untuk membaca ulang semua bukunya, mulai dari Harry Potter and The Philosopher’s Stone hingga Harry Potter and The Deathly Hallows. Dalam proses membaca buku tersebut, para fans ternyata menemukan teori tersendiri tentang para tokoh dalam buku Harry Potter ini. Berikut rangkaian teori dari penggemar dilansir dari laman BuzzFeed.com. Apa saja itu?

1.     Harry Potter ternyata abadi

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Bagaimana jika itu berarti satu-satunya cara agar mereka bisa mati adalah dengan dibunuh oleh yang lain?”

Kok bisa? Pasti itulah yang terbersit dipikiran kalian. Harry tidak punya batu bertuah jadi bagaimana dia bisa abadi? Seorang penggemar dengan cerdasnya mencari celah dari ramalan Profesor Trelawney. Dimana ramalan tersebut berbunyi “Salah satu harus mati ditangan yang lain, karena yang satu tak bisa hidup sementara yang lain selamat”. Ramalan ini bisa diartikan kalau Harry hanya bisa mati dibunuh oleh Voldemort dan begitupun sebaliknya. Lalu fakta bahwa Harry-lah yang bertahan hidup membuat dirinya tidak akan mengalami kematian karena yang dapat "membuatnya" mati hanya Voldemort, yang mana telah mati. Harga mahal yang harus dibayar Harry karena ia harus mengorbankan kematiannya dan tak bisa bertemu dengan kedua orang tuanya nanti.

Loading...

2.    Harry, Snape, dan Voldemort adalah cerminan "Tiga Bersaudara", sedangkan Dumbledore adalah sang Kematian

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Dia menyambut Harry di King Cross dan menjadi dalang dibalik kematian Snape dan Voldemort”

Teori ini mengenai kisah Tiga Bersaudara di The Tales of Beedle the Bard. Kisah ini mengenai sang Kematian yang memenuhi permintaan tiga bersaudara yaitu tongkat sihir terkuat, sesuatu untuk menghidupkan orang mati (yang dicintainya), dan sesuatu untuk bersembunyi dari kematian. Jika dihubungkan dengan Harry, Snape, dan Voldemort, teori ini sepertinya bisa diterima. Voldemort dapat dikatakan sebagai saudara pertama dilihat dari obsesinya yang ingin menjadi kuat dan mengalahkan kematian. Lalu Snape adalah saudara kedua dimana dia tetap mencintai Lily meski sudah mati, perasaan yang sama dengan yang dirasakan saudara kedua. Kemudian, Harry merupakan saudara ketiga yang menyambut kematian sebagai seorang teman lama. Lalu siapakah sang Kematian? Dumbledore. Dumbledore adalah sang Kematian karena dia seakan-akan telah mengatur kematian Voldemort dan Snape, seperti saudara pertama dan kedua. Tak cukup hanya itu, ketika Harry terkena kutukan kematian dari Voldemort di hutan terlarang, Dumbledore-lah yang menyambut Harry di tempat yang menurut Harry adalah King Cross. Cukup masuk akal bukan?

Bahkan sang penulis J.K. Rowling pun menyetujui teori ini. Dia menulis di akun twitter-nya kalau Dumbledore sebagai sang Kematian merupakan teori yang indah dan cocok.

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengang

3. Teori kenapa Dumbledore menghadiahkan 10 poin untuk Neville

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Butuh keberanian yang besar untuk menghadapi musuh kita, akan tetapi menghadapi teman sendiri membutuhkan keberanian yang lebih besar”.

Pada buku pertama Harry Potter and the Philosopher’s Stone, Dumbledore menghadiahkan sejumlah poin kepada Harry, Ron, dan Hermione atas keberhasilan mereka mengalahkan Voldemort. Ternyata, Dumbledore juga memberikan poin kepada Neville meski ia tak ikut andil untuk melawan Voldemort. Alasannya karena—seperti yang dikatakannya, “Butuh keberanian yang besar untuk menghadapi musuh kita, akan tetapi menghadapi teman sendiri membutuhkan keberanian yang lebih besar”. Dumbledore tahu benar bagaimana rasanya menghadapi dan melawan temannya sendiri di masa lampau yaitu Grindelwald. Jadi bisa dikatakan Dumbledore tidaklah sekedar berucap, namun dia benar-benar menghargai keberanian Neville karena dirinya telah mengalaminya sendiri.

4.  Teori bahwa Trelawney ternyata cukup kompeten

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

 “Kurasa aku benar jika kukatakan kau lahir di pertengahan musim dingin, sayangku?”

Harry pertama kali mengikuti kelas meramal Profesor Trelawney di buku ketiga yaitu Harry potter and the Prisoner Of Azkaban. Di kelas ini, Profesor Trelawney mencoba menebak kalau Harry lahir di pertengahan musim dingin. Namun hal ini langsung dibantah oleh Harry karena nyatanya ia lahir dibulan Juli. Seorang fans mengatakan bahwa Voldemort – dimana sebagian jiwanya berada di dalam Harry kala itu—lahir pada 31 Desember yang mana adalah pertengahan musim dingin. Teori ini membuktikan bahwa Profesor Trelawney ternyata cukup kompeten dalam meramal karena selama ini ia dianggap tak berguna.

5.  Teori kenapa keluarga Dursley berlaku kejam terhadap Harry

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Harry dulunya adalah Horcrux –hal ini menjelaskan kenapa Keluarga Dursley berlaku kejam padanya”

Keluarga Dursley merupakan satu-satunya keluarga yang dimiliki oleh Harry setelah orang tuanya meninggal. Namun, perlakuan mereka terhadap Harry tidak mencerminkan sebuah keluarga. Hal ini dapat dijelaskan oleh salah seorang penggemar, yang mana dikarenakan Voldemort tidak sengaja membuat Harry menjadi Horcrux— sebagaimana kita ketahui di buku Harry Potter and the Deathly Hallows bahwa orang-orang yang berada dekat dengan Horcrux akan merasa sangat marah – maka perlakuan buruk keluarga Dursley tidak bisa dihindari karena mereka telah mengahabiskan waktu 10 tahun bersama Harry sang Horcrux.

6.  Centaurus telah mengetahui takdir Harry

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Hal itu telah tertulis melalui bintang-bintang bahwa Harry dan Voldemort akan bertemu di hutan dengan ganjaran kematian”

Harry bertemu dengan Centaurus pertama kali ketika ia menjalani hukuman di hutan terlarang di tahun pertamanya. Centaurus bernama Firenze yang telah menyelamatkannya dari Voldemort, terkejut mengetahui Harry Potter berada di hutan terlarang. Ia mengatakan bahwa Harry tidak aman di hutan. Namun, Firenze kemudian ditegur oleh Centaurus yang lain agar tidak berbicara macam-macam pada Harry dan mengatakan mereka telah membaca apa yang terjadi di pergerakan bintang-bintang. Teori ini menyatakan kalau Centaurus sebenarnya sudah tau tentang takdir Harry yang akan bertarung melawan Voldemort sampai mati di hutan terlarang tersebut, yang memang terjadi di buku Harry Potter terakhir. Namun, karena para Centaurus telah bersumpah untuk tidak mengurusi urusan langit, mereka tidak bisa berbuat apa-apa.

7.  Harry dan Ron memprediksi serangkaian peristiwa di Harry Potter and the Goblet of Fire

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Mereka secara kebetulan dapat memprediksi apa yang akan terjadi selama Turnamen Triwizard dengan tepat”

Di buku keempat ini, Harry dan Ron memutuskan untuk menyerah mengerjakan PR mata pelajaran ramalan dan memilih untuk mengarang ramalan mereka. Lucunya, apa yang mereka tulis ternyata terjadi pada Harry. Dia menulis bahwa dalam waktu dekat dia akan mengalami bahaya luka bakar, kehilangan harta berharga, ditusuk dari belakang oleh orang yang dianggap teman (Professor Moody palsu) dan mengalami kekalahan yang sangat buruk dalam sebuah pertarungan.

8.      Teori kengerian pembuatan Horcrux

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Hal paling mengerikan dalam pembuatan Horcrux adalah adanya perbuatan kanibalisme”

Seorang penggemar memiliki ide jika untuk membuat sebuah Horcrux, pembuatnya harus mengkonsumsi daging dan darah dari korbannya. Terdengar ngeri memang, namun mengingat pembuatan Horcrux sangat kejam dan dilarang, mungkin saja ini bisa terjadi. J.K. Rowling sendiri tetap diam mengenai teori ini, namun yang pasti editor J.K. Rowling seketika ingin muntah setelah diberitahukan serangkaian proses pembuatan Horcrux. Lalu bagaimana dengan Harry, bukankah dia juga Horcrux? Sang Penulis menyatakan bahwa Harry bukanlah Horcrux asli karena Voldemort tidak pernah melewati proses pembuatan Horcrux yang sebenarnya. Jadi bagaimana menurutmu?

9.  Crookshanks dulunya milik keluarga Potter

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Harry membaca surat tulisan Lily yang menyebutkan mereka punya seekor kucing”

Teori ini menyebutkan kalau Crookshanks dulunya milik Lily Potter. Ketika Hermione membeli kucing di Diagon Alley, pemilik toko mengatakan bahwa kucing itu ada disana cukup lama. Teori ini juga diperkuat dengan fakta kalau Crookshanks dengan cepat mengenali sosok Wormtail dan Sirius meski dalam bentuk animagus. Bisa jadi dulunya mereka sering mengunjungi keluarga Potter hingga Crookshank hafal dengan mereka.

10.  Teori kenapa Dementor sangat tertarik dengan Harry

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Jiwa Voldemort kedelapan yang masuk kedalam tubuh Harry mengartikan bahwa ia memiliki jiwa lebih dibandingkan orang lain”

Salah seorang penggemar menyatakan jika Harry adalah Horcrux, maka dia memiliki lebih dari satu jiwa. Yang berarti Dementor akan senang sekali menghisap jiwa yang lebih banyak itu. Meski Lupin sudah menjelaskan kepada Harry kalau Dementor lebih tertarik kepadanya karena masa lalunya yang kelam, teori ini mungkin saja bisa terjadi.

11.  Voldemort sendiri yang menghancurkan semua Horcrux-nya

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Horcrux terakhir dihancurkan oleh kutukan pembunuh dari Voldemort sendiri”

Di buku telah di ceritakan bahwa ketujuh Horcrux milik Voldemort dihancurkan oleh penyihir lain dan jelas itu bukanlah Voldemort. Namun, seorang penggemar memiliki pemikiran lain dimana Voldemort bisa jadi penyebab semua Horcrux-nya hancur. Kelima Horcrux yaitu buku harian, liontin, cangkir, cincin, dan Nagini sejatinya telah dihancurkan menggunakan bisa milik Basilisk, entah itu lewat taring Basilisk ataupun pedang Gryffindor yang telah menyerap bisa Basilisk. Faktanya, Voldemort-lah yang membuka sendiri Kamar Rahasia di Hogwarts dan memberi akses ke Basilisk. Sedangkan mahkota Ravenclaw hancur dikarenakan mantra Fiendfyre milik Crabbe di Ruang Kebutuhan. Mantra tersebut didapatnya dari Pelahap Maut Voldemort. Lalu Horcrux terakhir yaitu Harry telah dihancurkan sendiri secara langsung oleh Voldemort dengan mantra Avada Kedavra. Jadi kesimpulannya, Voldemort sendirilah yang menghancurkan semua Horcrux-nya. Setuju?

12.  Teori tentang etimologi dari kata “abrakadabra” dalam dunia Muggle

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

“Meski ide tentang penyihir telah pudar menjadi mitologi, Kutukan Pembunuh menjadi bagian dari dongeng dikalangan muggle”

Tak perlu jadi jenius untuk menyadari persamaan kata “adakadabra” dan “Avada Kedavra”—kutukan pembunuh. Seorang penggemar melihat adanya kesamaan hubungan antara penyihir dan Muggle yang ada sebelum The Statute of Wizarding Secrecy disahkan pada tahun 1692, sementara penggemar lain menyatakan jika kutukan pembunuh pada awalnya digunakan untuk menyembuhkan penyakit– atau bisa dikatakan “membunuh” bakteri dan virus. Hal ini semakin masuk akal karena orang berpikir bahwa “abrakadabra” dapat menyembuhkan wabah pes.

13.  Kedatangan Keluarga Weasley ke St Mungo sarat akan pertanda

13 Teori Harry Potter ini bakal bikin kamu tercengangSumber : Warner Bros. / BuzzFeed

Teori ini mengatakan jika kedatangan Harry dan keluarga Weasley untuk menjenguk Mr. Weasley di buku Harry Potter and the Order of the Phoenix sarat akan pertanda. Pertanda tersebut ada di nama-nama bangsal rumah sakit, yaitu:

·         Creature-Induced Injuries

·         Dangerous

·         Dai Llewellyn Ward

·         Serious Bites

Jika kamu baca sederetan kata pertama diatas, kamu akan mendapati kalimat “Creature Dangerous Dai Serious” jika diucapkan akan terdengar seperti “Kreacher dangerous, die Sirius” yang mana artinya adalah “Kreacher berbahaya, matilah Sirius”.

Nah, itu dia 13 teori Harry Potter dari para penggemar. Cukup membuat otak panas bukan? Apakah kalian juga memiliki teori sendiri tentang Harry Potter?

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red