Konsep Time Traveling atau menjelajah waktu masih menjadi perdebatan umat manusia hingga sekarang. Banyak kalangan berpendapat bahwa hal tersebut masih amat mustahil untuk dilakukan, namun sebagian yang lain optimis dengan adanya kemajuan dalam bidang teknologi.

Dalam hal kisah, tema ini selalu menarik dan seru untuk diikuti. Berikut 13 film Hollywood bertema Time Traveling, yang bisa kamu tonton.

1. The Terminator (1984-2015).

13 Film bertema

Franchise The Terminator merupakan salah satu rangkaian film bertema Time-Traveling atau penjelajahan waktu yang paling sukses secara pendapatan.

Film ini mengisahkan mengenai kendali robot akan manusia di masa depan yang hanya menjadi budak robot. John Connor adalah pemimpin para manusia pemberontak yang selalu mencari cara untuk dapat mengalahkan para robot. Para robot mengirim robot pembunuh ke masa lalu untuk menghabisi Sarah Connor, Ibu dari John Connor. Connor pun lalu mengirim sahabatnya, Kyle Reese untuk melindungi ibunya.

2. Back To The Future 1-3 (1985-1990).

13 Film bertema

Marty McFly adalah remaja berusia 17 tahun yang sangat biasa. Hidupnya dipenuhi dengan sekolah, PR, nongkrong bersama temannya, juga memendam perasaan kepada gadis yang dicintainya. Hidup Marty otomatis berubah sejak ia berteman dengan Dr. Emmet Brown, ilmuwan nyentrik yang kemudian mengirimnya ke masa 30 tahun sebelumnya. Seru!

3. Twelve Monkeys (1995).

13 Film bertema

Sebuah virus misterius telah membunuh lima milyar manusia di tahun 1996. Sebagian kecil yang selamat pada tahun 2035 kemudian harus hidup di bawah tanah. James Cole, seorang mantan narapidana, setuju untuk dikirim kembali ke tahun 1996 untuk mengumpulkan informasi tentang virus mematikan tersebut. Sayangnya, bukan ke tahun 1995 Cole terkirim, melainkan ke tahun 1990, dan ia harus rela ditangkap dan dipenjarakan.

4. The Time Machine (2002).

13 Film bertema

Alexander Hartdegen adalah seorang ilmuwan yang mati-matian berusaha membuktikan bahwa time traveling mungkin dilakukan. Motif Hartdegen berangkat dari keinginannya untuk menyelamatkan calon istrinya dari kematian dengan cara pergi ke masa lalu dan mencegahnya. Ia kemudian menemukan bahwa ia tak hanya mampu pergi ke masa lalu, melainkan juga ke masa depan, dan ada banyak kejutan menantinya. Film ini diadaptasi dari novel H.G Wells.

5. Timeline (2003).

13 Film bertema

Kisah yang diadaptasi dari novel Michael Chrichton ini bercerita tentang seorang professor ahli antropologi yang sedang melakukan penelitian di sebuah wilayah di Prancis. Di tengah-tengah penggalian, sang professor tiba-tiba menghilang secara misterius. Para mahasiswanya memutuskan untuk mencarinya, meski dengan cara kembali ke masa lalu.

6. The Butterfly Effect (2004).

13 Film bertema

Banyak orang yang sulit melupakan film ini sebab ceritanya yang begitu rumit dan membuat terkejut. Evan Treborn adalah seorang anak muda yang sering mengalami blackout yaitu hilang kesadaran. Semakin dewasa, ia semakin sadar bahwa keunikannya membuatnya mampu menempuh perjalanan ke masa lalu untuk memperbaiki hal-hal yang tidak ia sukai. Setelah melakukannya, ternyata perjalanan tersebut tak semudah bayangannya.

7. The Lake House (2006).

13 Film bertema

Meski film ini bergenre drama romantis, namun ia mengusung tema penjelajahan waktu. Seorang dokter perempuan yang kesepian, menjalin hubungan dengan seorang arsitek dengan cara berkirim surat. Setelah beberapa waktu, mereka baru menyadari bahwa mereka tinggal di tahun yang berbeda. Benang merah yang menyatukan mereka berdua hanyalah kotak pos misterius dan sebuah rumah yang dikelilingi danau. Aslinya, film ini diadopsi dari film Korea.

8. Dj-vu (2006).

13 Film bertema

Setelah sebuah kapal ferry dibom di New Orleans, satuan petugas ATF kemudian berusaha menyelidiki dalang pengeboman dengan menggunakan teknologi baru yang bisa mengawasi gerak-gerik manusia. Teknologi ini juga bisa mengirimkan gambar dari hari-hari sebelum kejadian pengeboman. Para petugas ini harus berpacu dengan waktu demi menghindarkan jumlah korban yang sangat banyak akibat aksi terorisme tersebut.

9. The Time Travelers Wife (2009).

13 Film bertema

Clare sudah mencintai Henry sejak usianya baru 6 tahun. Henry adalah lelaki yang muncul secara misterius di kebun belakang rumahnya saat ia sedang bermain. Hingga Clare dewasa, Henry selalu muncul di tempat dan waktu yang berbeda-beda. Clare akhirnya mengetahui bahwa Henry adalah lelaki yang bisa menjelajah waktu. Hubungan mereka pun menjadi rumit dan Clare harus berusaha keras menjaga kewarasan dirinya sendiri serta mempertahankan hubungan cintanya dengan Henry.

10. Source Code (2011).

13 Film bertema

Seorang tentara diikutsertakan dalam sebuah program percobaan pemerintah di mana kesadarannya bisa dimasukkan ke dalam tubuh orang lain. Ia ditugaskan untuk mencari pelaku pengeboman kereta komuter dengan cara kembali ke masa lalu. Dan ia hanya memiliki waktu 8 menit untuk menyelesaikannya.

11. Predestination (2014).

13 Film bertema

Seorang agen tangguh dikirim ke beberapa waktu di masa lalu untuk menemukan pelaku kejahatan. Perjalanan itu kemudian tak hanya memberinya potongan informasi mengenai si penjahat, melainkan juga kepingan-kepingan puzzle hidupnya sendiri. Disebut sebagai salah satu film dengan plot cerita yang sulit dipahami, jangan sampai lengah ketika menonton film ini karena ada begitu banyak petunjuk tersebar dari awal kisah.

12. Interstellar (2014).

13 Film bertema

Bumi sudah hamper kehilangan harapan. Bencana alam, wabah penyakit dan kekeringan adalah penyebabnya. Pemerintah memutuskan membuat sebuah program untuk menyelamatkan bumi yang diberi nama Interstellar Travel. Sekumpulan astronot diutus untuk melakukan perjalanan ke planet lain, yang sekiranya bisa menjadi rumah baru bagi manusia di bumi. Namun ternyata, perjalanan tersebut tak semulus yang direncanakan.

13. Project Almanac (2015).

13 Film bertema

Sekumpulan remaja cerdik menemukan mesin tua dari ayah salah satu di antara mereka. Mereka kemudian membangunnya menjadi sebuah alat untuk menjelajah waktu. Dengan suka cita, mereka melompat ke masa lalu dan mengubah hal-hal yang dulu membuat mereka kecewa. Selama beberapa saat mereka bergembira tanpa menyadari konsekuensi dari perbuatan mereka sendiri.

Nah, sudah siapkah untuk menjejahi waktu? Yuk!