Film dengan genre drama biasanya mengeksplorasi tentang kehidupan manusia. Genre ini seringkali mampu mengajarkan berbagai nilai kehidupan bagi penonton. Kesulitan hidup maupun persoalan yang dihadapi tiap tokoh dalam genre film ini seringkali berhasil menyisipkan pesan mendalam di hati.

Berikut ini daftar 12 film drama yang dijamin bakal bisa bikin kamu menangis.

1. Grave of The Fireflies (1988).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Film drama animasi asal Jepang yang disutradarai oleh Isao Takahata ini dinilai sebagai salah satu film yang sanggup membuat penonton terpaku dan menangis di kursi mereka masing-masing. Berkisah tentang Seita dan Satsuko, dua kakak beradik yang hidup di era Perang Dunia Kedua. Saat Amerika membom Jepang, keduanya terpisah dari orangtua, dan berjuang untuk hidup. Siapkan banyak tisu ya saat menonton film ini ya, karena dijamin akan sangat sedih.

2. Children of Heaven (1997).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Ali dan Zahra adalah dua orang kakak beradik yang terpaksa harus bergantian memakai sepatu setelah Ali tanpa sengaja menghilangkan sepatu adiknya. Mereka tak berani meminta kepada kedua orangtuanya karena keluarga mereka miskin. Suatu hari, Ali melihat kesempatan untuk memeroleh sepatu baru lewat sebuah pertandingan lari. Sanggupkah Ali mendapatkan kemenangan? Tonton filmnya dan nikmati keharuan yang akan kalian dapatkan hampir di sepanjang film keren garapan Majid Majidi, sutradara asal Iran ini ya.

3. Titanic (1997).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Siapa yang tak kenal dengan film legendaris ini? Salah satu film berpendapatan terbesar di dunia ini mengisahkan perjuangan cinta Jack dan Rose, dua anak muda yang datang dari status sosial berbeda. Keduanya bertemu di atas kapal Titanic yang megah pada tanggal 12 April 1912. Titanic, seperti dikemukakan dalam sejarah, tenggelam dan menewaskan lebih dari 1500 penumpang. Dalam film ini, penonton diajak menikmati ketegangan yang mencekam saat detik-detik terakhir tenggelamnya Titanic. Keharuan dan kesedihan juga menyergap menjelang ending film.

4. I am Sam (2001).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Sean Penn berperan sebagai Sam, seorang pria penderita keterbelakangan mental. Belakangan Sam mengetahui kalau ia memiliki seorang anak perempuan bernama Lucy. Sam pun berjuang untuk mendapatkan hak asuh anaknya meskipun pada kenyataannya ia harus berjuang mendapatkan kepercayaan dari semua orang. Chemistry antara Sean Penn dan Dakota Fanning yang berperan sebagai Lucy, benar-benar membuat penonton sesak dan banjir air mata.

5. The Pursuit of Happiness (2006).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Chris Gardner adalah seorang lelaki yang ditinggal pergi oleh istrinya dan harus membesarkan anak lelakinya seorang diri. Tanpa rumah dan penghasilan, Chris berjuang untuk mencari pekerjaan sekaligus mengasuh dan menyekolahkan putranya. Di kemudian hari Chris Gardner dikenal sebagai salah satu bilioner di Amerika Serikat. Menonton film ini, kita akan belajar banyak tentang harapan dan perjuangan hidup.

6. Hachi : A dogs Tale (2008).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Film ini mengetengahkan hubungan yang sangat dalam antara seorang professor dan anjing yang ditemukannya di stasiun kereta. Awalnya sang professor yang diperankan oleh Richard Gere ingin mengembalikan anjing yang nantinya ia beri nama Hachi ini ke pemilik aslinya, namun akhirnya malah ia pelihara sendiri. Hachi dan sang professor menjadi sangat dekat hingga pada suatu hari sesuatu terjadi pada sang professor. Apakah itu? Siapkan tisu juga ya, sedih banget soalnya.

7. Seven Pounds (2008).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Ben Thomas adalah seorang misterius dengan rencana yang juga sama misteriusnya. Ia bertemu dengan tujuh orang asing yang hidupnya berubah setelah bertemu Ben. Tak hanya itu, Ben juga menemukan cinta pada salah satunya. Misteri yang dimiliki oleh Ben akan terbuka saat menjelang ending.

8. My Sisters Keeper (2009).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Jodi Picoult ini berkisah tentang seorang gadis yang mengajukan tuntutan hukum terhadap keluarganya sendiri. Anna Fitgerald, 11 tahun, berusaha mencari pengacara yang bisa ia sewa untuk menuntut orangtuanya sendiri. Seumur hidup, Anna dipersiapkan Ibunya sebagai donor bagi kakak perempuannya, Kate, yang menderita leukemia. Puluhan operasi sudah Anna jalani demi kakaknya, hingga suatu hari ia ingin berhenti dan memutuskan untuk memprotes. Hubungan antar keluarga dalam film ini sangat mengharukan.

9. Up (2009).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Carl Fredriksen memutuskan untuk terbang bersama rumahnya ke Amerika Utara demi mewujudkan cita-cita yang pernah ia miliki bersama mendiang istrinya. Tak dinyana, ia ditemani Russel, seorang anak tetangga yang ceria dan selalu ingin tahu. Film animasi produksi Pixar ini membuat penonton tersenyum sekaligus terharu dengan jalinan kisahnya yang begitu indah.

10. Toy Story 3 (2010).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Andy dan koleksi mainannya telah begitu melekat di hati penonton sejak film Toy Story 1. Di film terakhirnya ini, Andy sudah beranjak dewasa dan akan pergi kuliah meninggalkan keluarganya. Ini berarti, Andy juga akan mulai melepaskan ketergantungannya pada Sherrif Woody, Buzz Lightyear dan kawan-kawannya yang lain. Menonton endingnya akan membuatmu sangat terharu mengingat segala petualangan yang sudah dialami oleh Woody dan kawan-kawan.

11. Train to Busan (2016).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Film produksi Korea ini berkisah tentang serangan Zombie secara tiba-tiba di sebuah kereta menuju Busan. Para penumpang harus berjibaku menyelamatkan diri mereka dari gigitan para zombie. Pilihannya, hanya berlari atau berubah menjadi salah satu zombie. Termasuk di dalam penumpang adalah seorang Ayah muda dan anak perempuannya. Sang Ayah berjuang mati-matian bertahan dari serangan zombie meskipun sulit. Ending film ini pun membuat banyak penonton menangis.

12. Coco (2017).

12 Film drama yang ceritanya mengharukan, bikin nangis

Miguel bermimpi menjadi seorang musisi seperti idolanya, Ernesto de la Cruz. Keinginan ini ditentang oleh seluruh keluarganya. Suatu hari melalui serangkaian kejadian, Miguel tanpa sengaja tersesat ke alam kematian. Ia bertemu dengan seseorang bernama Hector. Bersama-sama beberapa tokoh lain,Miguel melewati berbagai kesulitan untuk menemukan kisah sebenarnya dari sejarah keluarganya.

Itulah 12 film bergenre drama dengan cerita yang sangat menyedihkan dan mengharukan. Pastikan kamu menyiapkan mental dulu sebelum menontonnya ya!