Di era gadget ini, semua kegiatan baik yang berupa rutinitas atau pun yang sekadar hobi banyak sekali menyita waktu dan energi kita. Ditambah lagi deadline bagi para pekerja membuat hari-hari kian berjalan cepat, seolah waktu mengalir deras tak terasa sehingga meninggalkan banyak problema yang bikin moodmenjadi tidak karuan. Sebut saja mulai dari macet, diomelin bos, dihukum guru bagi anak sekolah, dan lainnnya. Dampaknya hal sepele saja bikin kita emosian tingkat dewa.

Eits, hati-hati, mungkin itu pertanda bahwa kita lagi stres. Janganbiarkan hal tersebut karenabisa berdampak serius pada kesehatan. Berikut ciri-ciri jika kamu sedang terkena stres.

1. Gangguan pencernaan seperti sakit perut bisa jadi indikasi stres.

Ini bisa saja disebabkan karena bangun kesiangan sehingga lupa sarapan.

2. Mulut kering.

Asalkan kamu lagi gak puasa namun terjadi kondisi seperti ini maka juga patut diwaspadai ya.

3. Nyeri dada disertai detak jantung yang cepat.

Ngeri juga ya. Kalau sudah begini mending istirahat atau ke klinik lebih dianjurkan.

4. Kesulitan tidur.

Ini juga dampak yang paling sering terjadi. Hati-hati jangan sampai minum obat penenang tanpa konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

5. Keletihan.

Stress terkadang bikin semua otot kita bekerja super ekstra yang menyebabkan keletihan.

6. Kehilangan nafsu makan atau terlalu banyak makan.

Kedua gak baik ya.Ada baiknya semua yang dimakan secukupnya saja.

7. Peningkatan frekuensi masuk angin.

Ini juga bisa terjadi. Aba baiknya pilih obat herbal untuk mengatasinya.

8. Berkurangnya konsentrasi atau fokus.

Ini sangat berbahaya bagi yang bepergian menggunakan sepeda motor atau yang bekerja di depan mesin. Jadi berhati-hatilah dan jika parah sebaiknyakamuambil cuti.

9. Mudah lupa.

Stres membuat asupan nutrisi ke otak terhambat sehingga kamu bisa jadilebih lambat untuk berpikir. Mungkinkamu bisa atasi dengan minum air putih.

10. Terus merasa gugup, gusar, atau gelisah.

Hal ini bisa terjadi ketika stres mulai agak parah.

11. Sakit kepala, nyeri otot, dan tegang area pundak atau punggung.

Ternyata ini juga salah satu gejala stres yang kurang menyenangkan. Jika terjadi kamu boleh minta tolong dipijat sedikit agar meringankan nyerinya.

Itulah tandakamu terkena stres. Namun untuk lebih jelasnyaharus cek juga ke unit kesehatan terdekat. Ingat, jika stres terjadi hendaknyaistirahat sejenak sebab itu salah satu pertanda bahwa badan mulai membutuhkan rilaksasi dan liburan. Jangan sepelekan stres karena jika dibiarkan akan berdampak lebih buruk lagi seperti depresi dan lain sebagainya. Maka tetap waspada, ya.