Hidup di negara yang aman dan nyaman merupakan impian semua orang. Meskipun aman, sudah menjadi hal umum kalau kejahatan dan tindak kriminal selalu ada di bagian bumi mana pun, tak ada di dunia ini tempat yang bisa 100 % menjamin keselamatan kita.

Oleh karenanya, kamu harus selalu waspada di mana pun berada dan apabila kamu berminat mengunjungi suatu negara untuk tujuan travelling, alangkah baiknya kalau kamu lebih memprioritaskan pergi ke negara-negara yang tergolong aman.

Baru-baru ini, sebuah Lembaga riset internasional Gallup's Law and Order melaporkan10 negara teraman di dunia tahun 2018.Riset ini menyertakan lebih dari 148.000 orang dewasa sebagai responden wawancara dari 142 negara di dunia.

Berikut 10 negara teraman di dunia tahun 2018 berdasarkan publikasi tersebut, dilansir dari berbagai sumber.

1. Singapura (skor 97).

10 Negara paling aman tahun 2018, Indonesia ada lho! foto: wikipedia.org

Laporan lembaga riset internasional Gallup's Law and Order tahun 2018menempatkan Singapura sebagai negara paling aman di dunia. Laporan ini mengukur prevalensi kejahatan umum termasuk pembunuhan, penculikan, perampokan, pencurian, perampokan bersenjata, dan pemerasan, serta persepsi umum orang tentang keselamatan di komunitas mereka. Penduduk Singapura yang disurvei merasa paling aman dan percaya bahwa negara ini memiliki tingkat ketertiban dan kedamaian yang lebih tinggi daripada negara tetangganya.

2. Norwegia (skor 93).

10 Negara paling aman tahun 2018, Indonesia ada lho! foto:faktapers.com

Rasa aman tenteram menyelimuti kehidupan di Norwegia. Angka kriminalitas di negara ini sangat rendah dan tingkat toleransi masyarakatnya amat tinggi. Saking amannya, penghuni penjara di negara ini terbilang langka sehingga negara ini punya penjara yang amat berbeda dibandingkan negara lain. Tahanan di sana dimanjakan dengan banyak fasilitas seperti TV, komputer, shower untuk mandi, internet. Mereka juga bisa memancing serta berenang.

3. Islandia (skor 93).

10 Negara paling aman tahun 2018, Indonesia ada lho! foto:irishtimes.com

Negara ini termasuk ke dalam negara teraman di dunia. Tingkat kejahatan di negara ini relatif rendah, infrastrukturnya bagus, tempatnya bersih sehingga masyarakatnya hidup tentram dan nyaman. Tak hanya itu,Islandia merupakan negara yang amat indah.BerdasarkanThe Institute for Economics and Peace,Islandia adalah negara teraman di dunia dengan tingkat kejahatan yang rendah, tingkat pencurian yang rendah, dan standar hidup yang tinggi dengan kekuatan polisi yang responsif.

4. Finlandia (skor 93).

10 Negara paling aman tahun 2018, Indonesia ada lho! foto: maxpixel.net

Finlandia dinobatkan sebagai negara teraman ke-4 di dunia dalam laporan baru oleh Gallup's Law and Order tahun 2018.Tingkat kejahatan di negara ini rendah, tingkat keamanan dan kesehatannya juga amat baik. Warga negaranya merasa aman dan nyaman tinggal di negara ini, dan tentunya turis yang akan mengunjungi tempat ini akan merasa aman.

5. Uzbekistan (skor 91).

10 Negara paling aman tahun 2018, Indonesia ada lho! foto: Wikipedia.org

Negara yang terletak sebagian diAsiaTengah dan Eropa Timur ini menjadi peringkat ke-5 sebagai negara teraman berdasarkanpublikasi Gallup's Law and Order tahun 2018. Negara yang juga disebut sebagai negara terkunci daratan ini merupakan negara yang tergolong aman dan cocok untuk dikunjungi.

6. Hongkong (skor 91).

10 Negara paling aman tahun 2018, Indonesia ada lho!

foto: Wikipedia.org

Hongkong menjadi salah satu negara di Asia Pasifik yang menempati posisi teratas setelah Singapura dari negara lainnya dalam tingkatkeamanan dan pariwisata. Tak heran jika Hongkong menjadi tujuan wisata bagi penduduk Asia di mana seorang wanita atau pria dapat berjalan di mana pun baik siang atau malam hari tanpa rasa takut.

7. Swiss (skor 90).

10 Negara paling aman tahun 2018, Indonesia ada lho! foto:maxpixel.net

Swiss masuk dalam 10 besar negara teraman di planet ini. Kejahatan yang kejam sangat langka di negara ini. Tetapi pelanggaran atau kejahatan kecil seperti pencopetan dan pencurian kerap terjadi khususnya di kota besar. Namun, sebagian besar tindak kriminal negara ini tergolong rendah sehingga menjadi peringkat 7 negara paling aman di dunia.

8. Kanada (skor 90).

10 Negara paling aman tahun 2018, Indonesia ada lho! foto:nuevaprensa.web.ve

Negara paling utara di AmerikaUtara ini menjadi peringkat ke-8 sebagai negara teraman berdasarkanpublikasi Gallup's Law and Order tahun 2018. Ya, kamu tidak akan memiliki masalah dengan keselamatan sebab infrastruktur pariwisata Kanada sangat baik ditambah polisinya yang dapat dipercaya, keduanya membantu memastikan perjalanan kamu akan aman. Dilansir daristudycanada.ca, negara ini merupakan negara yang terkenal aman. Tingkat kejahatan seperti pembunuhan, kekerasan di negara ini terus menurun sejak 1990. Bahkan, penggunaan senjata api sangat dikontrol di negara ini.

9. Indonesia (skor 89).

10 Negara paling aman tahun 2018, Indonesia ada lho! foto:wikimedia.org

Tahun ini, Indonesia bisa bangga karena masuk ke dalam salah satu negara teraman di dunia versiGallup's Law and Order. Indonesia mendapatkan skor 89 dalamsurvey mengenai kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan polisi lokal dalam melindungi warga, keamanan saat bepergian sendiri pada malam hari di kota tempat tinggal, terkait pernahkah mengalami pencurian, penyerangan dan perampokan dalam dalam 12 bulan terakhir.

10. Denmark (skor 88).

10 Negara paling aman tahun 2018, Indonesia ada lho!

foto:maxpixel.net

Denmark merupakan negara yang tergolong sangat aman. Kemungkinan bagi pengunjung atau turis untuk menghadapi ancaman serius adalah sangat rendah. Meskipun demikian, pencopetan, pencurian kecil, penarikan tas dan penipuan ATM memang kerap terjadi, namun relatif jarang.