×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO terbanyak, beruntungkah?

0

News

10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO terbanyak, beruntungkah?

Di satu sisi menguntungkan, di sisi lain bisa merugikan. Kok bisa?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

10 / 02 / 2019 12:01

Sebelum kita masuk ke negara-negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO yang paling banyak, mari kita lihat apa yang diperlukan untuk masuk dalam daftar situs warisan dunia. Ada enam kriteria untuk situs budaya masuk dalam daftar situs warisan dunia, yaitu:

1. Merupakan karya jenius kreatif manusia.

2. Menunjukkan pertukaran nilai-nilai kemanusiaan yang penting.

3. Memberikan kesaksian unik pada tradisi budaya peradaban.

4. Merupakan contoh yang luar biasa dari ansambel arsitektur atau teknologi sepanjang sejarah.

Loading...

5. Merupakan contoh luar biasa dari pemukiman manusia tradisional atau interaksi dengan lingkungan.

6. Berhubungan erat dengan tradisi, gagasan, kepercayaan, dan karya-karya yang memiliki makna universal.

 

Dan ada empat kriteria untuk situs alami, yaitu:

1. Berisi fenomena alam superlatif atau area keindahan alam yang luar biasa.

2. Merupakan contoh luar biasa yang mewakili tahapan utama sejarah bumi.

3. Merupakan contoh luar biasa dari proses ekologis dan biologis yang signifikan yang sedang berlangsung dalam evolusi dan pengembangan komunitas tumbuhan dan hewan darat dan laut.

4. Berisi habitat alami yang paling penting untuk konservasi keanekaragaman hayati.

 

Nah, berikut ini 10 negara denga Situs Warisan Dunia UNESCO terbanyak di dunia.

1. Amerika Serikat.

Yosemite National Park

Amerika Serikat memiliki banyak situs budaya yang sebagian besar ada berkat sejarah asli yang kaya. Situs-situs ini termasuk tempat-tempat seperti Taos Pueblo. USA juga memiliki beberapa situs dari abad ke-19 dan ke-20, seperti Patung Liberty. Yang utama adalah Amerika Serikat memiliki beberapa Situs Warisan Dunia yang paling alami karena ukurannya yang luas, iklim yang bervariasi, dan banyaknya taman nasional. Termasuk di antaranya Grand Canyon dan Taman Nasional Yellowstone.

 

2. Rusia.

Golden Moountains of Altai

Rusia memiliki banyak situs karena campuran dari sejarahnya yang kaya dan ukuran geografis yang besar. Rusia memiliki beberapa situs budaya yang berasal dari sejarah masa lalunya ketika menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia, seperti Kremlin dan Lapangan Merah. Seperti Amerika Serikat, Rusia memiliki banyak situs alami karena luas wilayahnya yang sangat besar, termasuk di antaranya Pegunungan Emas Altai.

 

3. Inggris.

Maritime Greenwich

Britania Raya memiliki sejumlah situs budaya penting dari zaman pendudukan Romawi di masa lalu dan dari masa lalunya sendiri sebagai kekaisaran yang merentang secara global. Beberapa di antaranya termasuk Perbatasan Kekaisaran Romawi dan Menara London.

 

4. India.

Elephanta Cave

India adalah rumah bagi beberapa peradaban tertua di Bumi, kemunculan banyak kerajaan dan dinasti, dan berfungsi sebagai tempat kelahiran bagi beberapa agama besar, termasuk Sikhisme, Budha, dan Hindu. India memiliki banyak situs alami termasuk Taj Mahal dan Gua Elephanta.

 

5. Meksiko.

Teotihuacan

Meksiko adalah rumah bagi dua peradaban penting di masa lalu, Maya dan Aztec, serta beberapa situs paling awal penjajahan Eropa di Dunia Baru. Beberapa situs budaya di Meksiko adalah Pusat Sejarah Taos Puebla dan kota kontak Pra-Spanyol Teotihuacan.

 

6. Jerman.

Bergpark Wilmhemshohe

Jerman memiliki sejumlah situs budaya dari sejarahnya dengan Kekaisaran Romawi dan kemudian menjadi pusat Kekaisaran Romawi Suci dan Kekaisaran Jerman. Beberapa situs warisan dunianya adalah Kastil Wartburg dan Katedral Cologne.

 

7. Prancis.

Versailles Gardens

Prancis memiliki sejarah panjang yang merentang sejak pendudukan suku-suku Frank selama zaman Romawi dan juga Kekaisaran Prancis yang kuat dan para raja yang juga powerful. Prancis memiliki banyak keajaiban budaya seperti Katedral Notre Dame dan Istana Versailles.

 

8. Spanyol.

Burgos Cathedhral

Spanyol, seperti halnya Jerman, Prancis, dan Inggris, memiliki sejarah masa lalu yang melibatkan Kekaisaran Romawi dan sebagai dunia yang kuat yang mencakup kekaisarannya sendiri. Beberapa situs budaya di Spanyol termasuk Tembok Romawi Lugo dan Katedral Burgos.

 

9. China.

Chengjiang Fossil Site

Cina adalah tempat kelahiran salah satu peradaban tertua di dunia dan banyak dinasti berbeda yang telah datang dan pergi. Cina adalah rumah bagi banyak situs budaya yang berbeda, termasuk Tembok Besar Cina. Cina juga memiliki banyak situs alami, karena seperti halnya Rusia dan Amerika, Cina adalah negara yang luas. Salah satu situs alami ini adalah Situs Fosil Chengjiang.

 

10. Italia.

Castel del Monte

Italia memiliki Situs Warisan Dunia UNESCO paling banyak dari negara mana pun di dunia, karena sejarahnya sebagai tempat kelahiran Kekaisaran Romawi dan Renaissance. Beberapa situs budaya di Italia termasuk Villa Romana del Casale dan Castel del Monte.

 

Kelebihan dan kekurangan menjadi rumah bagi banyak Situs Warisan Dunia UNESCO.

Memiliki Situs Warisan Dunia dapat menjadi keuntungan besar bagi perekonomian dan industri pariwisata di negara-negara yang memilikinya. Situs Warisan Dunia biasanya merupakan daya tarik utama bagi wisatawan ketika mengunjungi suatu negara. Ini berarti lebih banyak uang yang diterima oleh negara-negara dari kunjungan wisatawan dibanding pengeluaran mereka.

Meskipun begitu, hal tersebut mungkin ada kekurangannya, karena memiliki banyak situs UNESCO membuat negara asal harus mengeluarkan banyak uang untuk pemeliharaan dan perbaikan situs-situs ini. Ini dapat menciptakan keseimbangan antara berapa banyak uang yang dikeluarkan suatu negara terhadap situs bersejarahnya, terutama ketika berada di masa ekonomi yang sulit.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red