Momen pernikahan adalah hal yang identik dengan keindahan, dan bunga adalah salah satu pelengkap di dalamnya. Karangan bunga, korsase, dan hiasan bunga lainnya dapat menambah kebahagiaan, keromantisan dan suka cita dalam acara pernikahan.

Berikut adalah 10 jenis bunga yang cocok untuk acara pernikahan.

1. Bunga Kacapiring

10 Jenis bunga ini cocok buat acara pernikahan, aroma & maknanya pas

Bunga ini dikenal karena wanginya yang menenangkan. Bunga kacapiring melambangkan kebahagiaan dan kesucian. Aromanya yang kuat menjadikannya sangat cocok untuk dijadikan buket pengantin. Walaupun bunga ini tersedia sepanjang tahun, namun harganya agak sedikit mahal.

Bunga Kacapiring terutama ditemukan di daerah Afrika, Asia Selatan dan Australia. Tanaman ini tumbuh setinggi 2-10 meter dan mekar di tengah musim semi hingga pertengahan musim panas. Bunga kacapiring berbentuk bulat, dan umumnya berwarna putih atau kuning pucat dalam bentuk bergerombol. Tanaman ini juga memiliki daun berwarna hijau pekat yang mengkilap.

2. Bunga Sweet Pea

10 Jenis bunga ini cocok buat acara pernikahan, aroma & maknanya pas

Bunga cantik ini memilliki beberapa varietas warna, seperti merah, putih, pink dan ungu. Karena bentuknya yang menarik dan warnanya yang indah, selain biasa digunakan untuk buket pengantin, bunga sweet pea juga sangat cocok untuk dijadikan hiasan kebun.

Bunga sweet pea berasal dari pulau Sisilia di Italia Selatan. Ia adalah jenis tanaman merambat dan mencapai ketinggian 2 meter. Tanaman ini mekar di tengah musim panas. Bunga sweet pea dengan aromanya yang unik juga digunakan untuk produksi parfum.

3. Bunga Stephanotis/Melati Madagaskar

10 Jenis bunga ini cocok buat acara pernikahan, aroma & maknanya pas

Bunga stephanotis atau melati madagaskar adalah bunga yang sangat harum dan banyak digunakan dalam karangan bunga pernikahan. Bunga pernikahan yang populer ini menandakan kebahagiaan. Bunga berlilin ini memiliki bentuk kelopak yang khas dan tersedia sepanjang tahun dan harganya pun cukup terjangkau.

Bunga stephanotis adalah asli Madagaskar, Australia dan Afrika. Tanamannya bisa tumbuh sampai ketinggian 10 kaki. Bunganya yang sangat harum mekar di awal musim panas. Bunga ini juga membutuhkan suhu yang sejuk untuk dapat mekar dengan sempurna.

4. Bunga Ranunculus

10 Jenis bunga ini cocok buat acara pernikahan, aroma & maknanya pas

Bunga Ranunculus yang indah adalah pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan karangan bunga pernikahan, karena bunga ini tersedia dalam berbagai warna termasuk putih, kuning, oranye, pucat dan aprikot. Bunganya juga berukuran kecil, multi petal dan harganya cukup murah. Ranunculus melambangkan 'pesona bercahaya', dengan kata lain itu berarti 'Anda sangat menarik'.

5. Bunga Peoni

10 Jenis bunga ini cocok buat acara pernikahan, aroma & maknanya pas

Bunga Peoni memiliki aroma yang kuat dan ditemukan di Amerika Utara, Asia dan Eropa. Bunga ini banyak digunakan dalam karangan bunga dan dekorasi pernikahan. Bunga Peoni juga menjadi simbol bunga negara China dan negara Indiana.

Bunga Peoni itu melambangkan keberuntungan dan pernikahan yang bahagia. Bunga ini tumbuh dalam berbagai warna di antaranya; merah, putih dan kuning.

6. Bunga Hydrangea

10 Jenis bunga ini cocok buat acara pernikahan, aroma & maknanya pas

Bunga Hydrangea sangat populer dengan warna-warnanya yang menarik, di antaranya; putih, hijau, pink dan biru. Bunga hydrangea umumnya digunakan untuk membuat karangan bunga pengantin. Perpaduan Hydrangea dengan bunga lainnya juga terlihat fantastis. Bunga ini harganya cukup mahal dan memiliki arti "Kau adalah detak jantungku".

Ada 75 jenis tanaman bunga Hydrangea yang berbeda di dunia, tumbuh di Asia dan Amerika. Sebagian besar jenis tanaman Hydrangea mencapai ketinggian 3 meter dan ada beberapa juga yang tumbuh hingga 30 meter. Warna bunga Hydrangea bergantung pada tingkat keasaman tanah.

7. Bunga Bakung

10 Jenis bunga ini cocok buat acara pernikahan, aroma & maknanya pas

Bunga Bakung adalah bunga pernikahan populer yang berasal dari Asia dan Eropa. Bunga ini sangat mahal dan banyak tangkai yang dibutuhkan untuk membuat satu buah buket. Kombinasi Bunga ini dengan bunga indah lainnya juga banyak digunakan untuk dijadikan karangan bunga yang mewah. Bunga Bakung adalah simbol musim semi dan juga menandakan kebahagiaan, kerendahan hati dan rasa manis.

Bunga Bakung mekar di musim semi dan musim gugur. Bunganya berbentuk lonceng yang indah dan memiliki 6 kelopak. Bunga Bakung ini sangat menarik kupu-kupu dan juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih, batu ginjal dan infeksi mata.

8. Bunga Calla Lily

10 Jenis bunga ini cocok buat acara pernikahan, aroma & maknanya pas

Bunga Calla Lily adalah bunga pernikahan tradisional asli Afrika. Bunganya berbentuk terompet, dan memiliki warna: pink, kuning, ungu dan oranye. Bunga ini juga memiliki aroma yang lembut. Ada dua jenis bunga Calla Lily yang digunakan untuk keperluan pernikahan, yaitu bunga besar dengan batang panjang digunakan untuk membuat karangan bunga dan bunga kecil yang digunakan untuk boutonnieres.

"Calla" berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti "indah". Bunga Calla Lily yang elegan tersedia sepanjang tahun dengan harga yang mahal.

9. Bunga Tulip

10 Jenis bunga ini cocok buat acara pernikahan, aroma & maknanya pas

Bunga Tulip memiliki 75 varietas yang berbeda. Beberapa warna umumnya adalah putih, pink, kuning, merah, ungu dan magenta. Bunga tulip melambangkan "Memiliki Cinta".

Keindahan dan simbolisme dari bunga Tulip menjadikannya elemen penting dalam karangan bunga pernikahan, boutonnieres dan sebagai dekorasi. Harga bunga ini mahal dan tersedia sepanjang tahun. Bunga Tulip mekar di musim semi dan sebagian besar spesies memiliki satu bunga per batang.

10. Bunga Mawar

10 Jenis bunga ini cocok buat acara pernikahan, aroma & maknanya pas

Mawar adalah salah satu bunga pernikahan paling populer sampai saat ini. Ada ribuan varietas mawar yang berbeda, dan pada umumnya berwarna putih, kuning dan merah. Sebagian besar spesies mawar sangat harum dan tersedia sepanjang tahun. Mawar yang indah dianggap sebagai simbol cinta, sukacita dan keindahan.

Mawar merah adalah salah satu varietas bunga mawar yang paling terkenal dan merupakan lambang cinta sejati. Bunga mawar merah dijadikan sebagai bunga pernikahan utama dari zaman kuno dan sampai saat ini.

Bunga mawar kuning melambangkan persahabatan, mawar putih melambangkan kemurnian dan kepolosan sedangkan mawar pink melambangkan cinta dan ucapan syukur.