Remake film artinya membuat sebuah film yang serupa dengan film terdahulu. Ini biasanya dilakukan jika ada sutradara yang ingin membuat adaptasi film yang berbeda, atau karena kesuksesan film terdahulu membuat banyak pihak merasa perlu untuk membuatnya ulang.

Istilah 'remake' biasanya bertabrakan dengan istilah 'reboot' yang memang mirip. Dalam pembuatan remake, sebuah film dibuat ulang dengan tidak menyimpang dari kisah asli. Sementara dalam reboot, pembuatan ulang sebuah film bisa jadi dengan mengganti keseluruhan naskah, dengan tujuan untuk menghasilkan kisah yang lebih segar dan sudut pandang baru.

Pembuatan ulang sebuah film, tidak selalu menuai sukses. Remake sebuah film seringkali dibanding-bandingkan dengan film sebelumnya. Ada pula beberapa film yang banyak sekali remake-nya sehingga pembanding juga jadi lebih bervariasi.

Berikut 10 film remake Hollywood yang dinilai berhasil dan tidak kalah bagus dari versi aslinya.

1. Bram Stokers Dracula (1992)

10 Film remake Hollywood yang nggak kalah sukses dari film aslinya

Remake dari Dracula (1931)

Pemain: Gary Oldman, Winona Ryder, Keanu Reeves, Anthony Hopkins.

Remake dari film Dracula (1931) inilah mungkin yang paling diingat penonton. Meskipun ada setidaknya lima jenis film tentang Dracula lainnya yang dibuat, namun film besutan Francis Ford Coppola ini termasuk film remake yang menuai pujian.

Semua tentu sudah mengenal kisah Count Dracula yang menyewa jasa pengacara Jonathan Harker untuk mengurus asset-asetnya. Kisah kemudian berkembang ketika Count Dracula mulai memengaruhi Mina Murray, tunangan Harker untuk jatuh ke dalam pelukannya. Harker harus berusaha keras membuat Mina kembali sadar bahwa Dracula bukanlah manusia biasa. Film ini juga menonjol karena akting Gary Oldman yang luar biasa memerankan Count Dracula.

2. 12 Angry Men (1995)

10 Film remake Hollywood yang nggak kalah sukses dari film aslinya

Remake dari 12 Angry Men (1957)

Pemain: James Gandolfini, Tony Danza.

12 juri berkumpul dalam sebuah ruangan untuk membuat keputusan atas sebuah tindak pidana pembunuhan. Sekilas, kasus tersebut seperti kasus mudah, sehingga 11 juri kemudian memutuskan bahwa terdakwa bersalah. Seorang juri kemudian berusaha meyakinkan rekan-rekannya, bahwa kasus tersebut tidak segamblang kelihatannya. Mereka kemudian terlibat dalam perdebatan yang cukup sengit. Film ini unik, karena hanya berisi dialog antara para juri namun sering disebut sebagai salah satu film drama terbaik yang pernah dibuat. Meski banyak orang menyebut versi 1957 lebih baik, namun remake nya di tahun 1997 juga tidak mengecewakan.

3. Twelve Monkeys (1995)

10 Film remake Hollywood yang nggak kalah sukses dari film aslinya

Remake dari La Jete (1962)

Pemain: Bruce Willis, Brad Pitt, Madeleine Stowe.

Di masa depan saat peradaban manusia mulai hancur karena serangan virus berbahaya, seorang mantan narapidana dikirim ke masa lalu untuk mengumpulkan informasi. Informasi ini penting untuk mencegah wabah virus yang ditenggarai disebarkan oleh sebuah organisasi yang bernama twelve monkeys di masa lalu. Film ini merupakan remake dari sebuah film produksi Prancis tahun 1962.

4. The Parent Trap (1998)

10 Film remake Hollywood yang nggak kalah sukses dari film aslinya

Remake dari The Parent Trap (1961)

Pemain: Lindsay Lohan, Dennis Quaid.

Di film ini kamu bisa menyaksikan imutnya Lindsay Lohan memerankan dua anak kembar yang memutuskan untuk bertukar peran. Akibat perpisahan kedua orangtua mereka, Hallie dan Annie terpaksa berpisah dari bayi. Ketika tanpa sengaja bertemu dalam sebuah acara kemping musim panas, mereka memutuskan untuk bertukar peran demi bisa menyatukan kedua orangtuanya. Film ini merupakan remake dari film berjudul serupa di tahun 1961. Bedanya, di versi yang lebih jadul, kedua anak kembar yang bertukar peran tersebut sudah remaja.

5. Oceans Eleven (2001)

10 Film remake Hollywood yang nggak kalah sukses dari film aslinya

Remake dari Oceans 11 (1960)

Pemain: George Clooney, Brad Pitt, Julia Robert.

Danny Ocean dan 10 orang teman-temannya merampok sebuah tiga buah kasino di Las Vegas dengan cara yang tidak biasa. Saking suksesnya, film ini kemudian dibuat dua sekuelnya, Oceans Twelve dan Oceans Thirteen. Tahun ini, bahkan akan muncul film Oceans 8 dimana semua perampok bank akan terdiri dari perempuan. Siapa sangka, film sukses ini merupakan remake dari film berjudul serupa di tahun 1960. Bedanya, di tahun 1960, Danny Ocean mengumpulkan teman-temannya yang merupakan eks patriot perang dunia kedua.

6. The Manchurian Candidate (2004)

10 Film remake Hollywood yang nggak kalah sukses dari film aslinya

Remake dari The Manchurian Candidate (1962)

Pemain: Denzel Washington, Live Schreiber, Meryl Streep.

Seorang mantan tentara di perang teluk, diculik kemudian dicuci otak. Ia kemudian maju sebagai calon presiden dengan agenda terselubung. Meskipun remake film ini tidak sepenuhnya mengungguli film sebelumnya, namun versi 2004 ini cukup banyak mendapat pujian. Kisah yang sama disampaikan dengan baik dan menghasilkan film bergenre psychological thriller yang cukup menegangkan.

7. King Kong (2005)

10 Film remake Hollywood yang nggak kalah sukses dari film aslinya

Remake dari King Kong (1933), King Kong (1976), King Kong Lives (1986).

Pemain: Naomi Watts, Jack Black, Adrien Brody.

King Kong barangkali adalah salah satu film Hollywood yang paling dikenal banyak orang. Tak heran, sebab adaptasi kisah tentang makhluk gorilla raksasa ini sudah dibuat paling sedikit dalam 6 judul film. Dalam versi 2005, dikisahkan seorang produser film membawa seluruh kru film untuk melakukan syuting di sebuah pulau terpencil bernama Skull Island. Di sana, mereka bertemu dengan Kong yang merupakan penjaga pulau tersebut. Para kru kemudian berusaha menyelamatkan nyawa mereka masing-masing di tengah kemarahan Kong dan ambisi produser untuk bisa membawa Kong ke kota.

8. Charlie and The Chocolate Factory (2005)

10 Film remake Hollywood yang nggak kalah sukses dari film aslinya

Remake dari Willy Wonka and The Chocolate Factory (1971)

Pemain: Johnny Depp, Freddie Highmore.

Diadaptasi dari cerita anak-anak karya Road Dahl, versi tahun 2005 ini memang sangat bagus dan menghibur. Dikisahkan, Charlie, seorang anak miskin, berhasil mendapatkan tiket emas untuk berkunjung ke pabrik cokelat milik Willy Wonka, seorang pembuat cokelat paling terkenal di dunia. Setibanya di sana, Charlie harus melewati pelbagai tantangan untuk membuktikan bahwa ia lah anak yang paling pantas untuk diwarisi pabrik cokelat milik Willy Wonka.

9. The Departed (2006)

10 Film remake Hollywood yang nggak kalah sukses dari film aslinya

Remake dari Infernal Affairs (2002)

Pemain: Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson.

Demi mengungkap kejahatan yang dilakukan kelompok mafia Irlandia di Boston, satuan polisi menugaskan seorang anggotanya untuk menyamar dan masuk ke dalam lingkungan organisasi tersebut. Di sisi lain, penyusup dalam kepolisian yang ternyata adalah informan bagi mafia Irlandia, juga sudah mulai mendapat posisi dan kepercayaan. Kedua belah pihak kemudian saling menginfiltrasi dan menggali informasi demi kepentingan masing-masing. Film aksi besutan Martin Scorsese ini adalah remake dari film Hongkong berjudul Infernal Affairs yang dibintangi Andy Lau.

10. Hairspray (2007)

10 Film remake Hollywood yang nggak kalah sukses dari film aslinya

Remake dari Hairspray (1988)

Pemain: John Travolta, Michelle Pfeiffer, Queen Latifah.

Film drama musikal yang sangat menghibur ini mengisahkan tentang Tracy, seorang remaja gemuk yang berusaha keras agar bisa tampil dalam sebuah acara dance di TV. Sepanjang film, penonton disuguhi beragam gerakan dancing yang sangat keren dan menghibur. Setting film kembali ke tahun 1962, dimana gerakan-gerakan break-dance sedang ngetop. Di film ini pula, aktor John Travolta memerankan Ibu dari Tracy yang juga menyanyi dan menari. Yap, John Travolta berperan sebagai perempuan di sini.