Bicara tentang kecoak pastinya bikin merinding, geli, jijik dan takut. Memang serangga yang satu ini seakan menjadi serangga yang sukses besar membuat jutaan manusia merasa ngeri dengan kehadirannya.

Selain sebagai serangga yang tahan banting kecoak juga berbahaya jika dibunuh secara langsung, itu karena dalam tubuhnya terdapat cacing yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang yang dapat berpindah bahkan ke tubuh kita. Selain itu 10 fakta tentang kecoak di bawah ini dijamin bikin merinding, simak ulasannya

1. Berasal dari 280 juta tahun yang lalu

Kecoa ternyata sudah ada sejak jaman carboniferus, sekitar 280 juta tahun lalu. Hal ini tentu menunjukkan kalau binatang ini tahan banting bahkan dari seleksi alam yang ketat.

2. Tahan bom nuklir

Spesiesnya yang sudah ada sejak 280 juta tahun lalu tentu membuat hewan ini tangguh dari segala macam seleksi alam, termasuk bom nuklir seklipun.

3. Dapat hidup tanpa kepala

Karena kecoak bernafas dengan rongga-rongga yang ada di seluruh tubuh maka mereka mampu hidup meskipun tanpa kepala, namun hal ini hanya bertahan selama satu minggu saja. Bayangkan saja kalau bertemu kecoak dengan kepala saja sudah menyeramkan apalagi ini kecoak yanpa kepala.

4. Mempunyai kecepatan luar biasa

Seekor kecoa mampu berjalan dengan kecepatan 4km/jam, bahkan kecoa yang masih bayi pun memiliki kecepatan yang sama.

5. Mampu bertahan hidup dalam suhu ekstrem

Seekor kecoak merupakan binatang kuat, mereka mampu bertahan dalam cuaca ekstrem terutama dingin. Jadi bukan mustahil kecoak mampu hidup di antartika.

6. Memiliki radar rasa takut

Kecoak memiliki radar yang mamou mendeteksi rasa takut dari orang-orang di sekitarnya, hal ini dikarenakan dalam tubuhnya terdapat sistem saraf dan sistem motorik. Sistem dalam tubuhnya sendiri memiliki kecepatan reaksi yang sangat cepat. Uniknya kecoak malah akan mendekati objek yang merasa takut padanya.

7. Akan mati kalu badannya telentang

Meskipun tahan terhadap radiasi nuklir namun kecoak malah akan mati saat posisi tubuhnya terbalik atau telentang. Hal ini dikarenakan kecoak akan kesulitan membalikkan tubuhnya dan akan mengalami kekejangan otot. Ini bisa menjadi salah satu cara membunuh kecoak.

8. Dapat terbang

Kecoak dapat terbang mengitari rumah dan tentu mebuat banyak orang semakin ketakutan.

9. Spesiesnya tersebar di seluruh dunia

Kecoak memiliki sekitar 4000 macam spesie yang semuanya tersebar di seluruh dunia. Tiap kecoa di dunia memiliki corak warna dan ukuran yang berbeda, persamaan semuanya adalah sama-sama menggelikan.

10. Berkembang biak dengan cepat

Kecoak memiliki siklus hidup sekitar 100 hari dan mampu bertahan hidup dalam 6 bulan. Namun induk kecoak mampu meproduksi 6 sampai 8 butir telur selama 6 bulan, dari telur-telur itu mampu menghasilkan 180 hingga 320 anakan kecoak baru. Jadi jangan heran jika kecoak populasinya lebih besar dari manusia.