×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Danau kawah terindah di dunia ini amat memanjakan mata

0

Jalan-Jalan

10 Danau kawah terindah di dunia ini amat memanjakan mata

Salah satunya ada di Indonesia lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

07 / 02 / 2019 12:19

Danau kawah adalah danau yang terbentuk di kawah atau kaldera vulkanik. Mereka juga dapat terbentuk di kawah bekas tumbukan yang disebabkan oleh meteorit, atau bahkan ledakan yang disebabkan oleh manusia. Meskipun begitu, berdasarkan pada jenis tempat di mana sebuah danau terbentuk, mereka juga dapat disebut danau kaldera, danau vulkanik, dll. Danau kawah terdapat di beberapa negara di dunia. Mari kita lihat 10 danau kawah terindah di dunia di daftar berikut ini.

1. Danau Kawah Kelimutu, Indonesia.

Danau Kawah Kelimutu

Kota Moni di Pulau Flores, Indonesia, memiliki gunung berapi bernama Gunung Kelimutu yang berisi tiga danau kawah puncak yang menakjubkan, ini termasuk di antara danau kawah paling mencolok di dunia. Tiga danau kawahnya memiliki warna yang berbeda. Tiwu Ata Mbupu biasanya berwarna biru. Air Tiwu Nuwa Muri Koo Fai biasanya berwarna hijau. Air Tiwu Ata Polo biasanya berwarna merah. Buat kamu masyarakat Indonesia, boleh nih datang ke danau ini langsung buat melihat keindahannya, mumpung di Indonesia.

 

Loading...

2. Quilotoa Crater Lake, Ekuador.

Quilotoa Crater Lake

Danau Kawah Quilotoa berada di Andes, Ekuador, dan terbentuk ketika kalderanya terisi air. Kaldera memiliki lebar 3 km dan terbentuk ketika gunung berapi paling barat dari pegunungan di Ekuador runtuh setelah letusan dahsyat sekitar 800 tahun yang lalu. Sejak itu, kaldera mengumpulkan air sehingga membentuk danau dengan kedalaman 250 meter. Airnya kehijauan karena kandungan mineralnya.

 

3. Heaven Lake, Korea Utara.

Heaven Lake

Heaven Lake atau Danau Surga adalah salah satu danau kawah yang paling menakjubkan di dunia, terletak di perbatasan antara Korea Utara dan Cina, terbentang sebagian di setiap negara, di dalam sebuah kaldera di atas Gunung Baekdu vulkanik. Kaldera mulai terbentuk sekitar tahun 969 M, sebagai hasil dari letusan besar. Danau kawah ini berada di ketinggian 2189.1 meter di atas permukaan air laut dan juga bisa tertutup es selama bulan-bulan musim dingin.

 

4. Lake Taupo, Selandia Baru.

Lake Taupo

Danau Taupo terletak di Pulau Utara Selandia Baru. Danau ini memiliki luas permukaan 616 km persegi yang menjadikannya danau terbesar di Selandia Baru dalam hal luas permukaan. Titik terdalamnya adalah 186 meter. Danau ini merupakan ujung akhir dari Sungai Waikato, sungai terpanjang di Selandia Baru. Danau Taupo terletak di sebuah kaldera yang dibentuk oleh letusan supervolcanic, 26.500 tahun yang lalu. Danau ini terkenal kaya akan ikan trout cokelat dan pelangi.

 

5. Okama Crater Lake, Jepang.

Okama Crater lake

Okama adalah danau kawah yang terletak di Goshiki-dake, tepatnya di kaldera gunung berapi pusat dalam kelompok stratovolkano Gunung Zoa di Honshu, Jepang. Salah satu danau kawah paling indah di dunia. Dikenal sebagai Kolam Lima Warna, karena airnya menghasilkan berbagai warna tergantung pada cuaca. Terbentuk sekitar tahun 1720-an akibat dari letusan gunung berapi, danau ini memiliki diameter 360 meter dan kedalaman 60 meter.

 

6. Mount Katmai Crater Lake, Alaska, USA.

Mount Kamai Crater Lake

Gunung Katmai, yang terletak di dalam Taman Nasional Katmai di Semenanjung Alaska, AS, adalah sebuah stratovolkano yang memiliki kaldera yang diisi oleh danau kawah yang berukuran sekitar 4,5 x 3 km. Danau itu terbentuk selama letusan Novarupta pada tahun 1912. Ada gletser kecil yang terbentuk di bawah kaldera, di samping danau yang ketinggian permukaannya mencapai ketinggian maksimum 1286 mdpl.

 

7. Deriba Crater Lake, Sudan.

Deriba Crater Lake

Kawah Deriba, dengan ketinggian 3042 m, adalah titik tertinggi Jebel Marra, yang terletak di Darfur di barat Sudan. Danau ini terbentuk di dalam kaldera. Kawah luarnya memiliki diameter bervariasi dari 5 km hingga 8 km. Kaldera Deriba terbentuk sebagai hasil dari letusan gunung berapi Jebel Marra, yang terjadi sekitar 3500 tahun yang lalu. Gunung berapi itu sekarang berada dalam keadaan tidak aktif.

 

8. Lonar Crater Lake, India.

Lonar crater lake

Danau Kawah Lonar adalah danau soda asin yang terletak di Lonar, Maharashtra, India. Danau ini tercipta akibat dampak meteor selama Zaman Pleistoscene, dan berusia sekitar 52.000 tahun, di mana airnya terisi dalam waktu kurang lebih 6000 tahun. Laporan yang lebih baru menunjukkan bahwa umurnya sampai 570.000 tahun, di mana air mengisi danau 47.000  tahun lamanya, sehingga menjadikannya danau kawah tertua dan juga salah satu yang terbesar dengan keliling 2 km dan kedalaman 100 meter.

 

9. Kerið Crater Lake, Islandia.

Kerið Crater Lake

Danau Kawah Kerið terletak di daerah Grímsnes di Islandia bagian selatan, di Golden Route. Danau kawah vulkanik ini adalah salah satu dari banyak danau di Zona Vulkanik Barat Islandia. Namun, kalderanya yang sebagian besar terbuat dari batuan vulkanik merah masih utuh dan dapat dikenali. Kedalamannya sekitar 55 meter dan lebar 170 meter. Karena mineral dari tanah, airnya buram dan jelas berwarna hijau tua.

 

10. Albertine Rift Crater Lake, Afrika.

Albertine Rift Crater Lake

Albertine Rift di Afrika berbatasan dengan sejumlah gunung tertinggi, termasuk jajaran Pegunungan Ruwenzori, Pegunungan Mitumba dan Pegunungan Virunga. Di antara pegunungan tersebut terletak danau Rift Valley, dan juga ada salah satu danau kawah terdalam di dunia. Danau Tanganyika, misalnya, yang memiliki kedalaman 1470 meter. Terbentuk sebagai hasil dari keretakan hebat dan ledakan vulkanik, danau-danau ini menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red