×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Bangunan ini punya desain arsitektur terunik di dunia

0

Wow

10 Bangunan ini punya desain arsitektur terunik di dunia

Ada yang seperti jerapah, ikan, teko tumpah, dan lain-lain.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka D.

04 / 03 / 2019 12:45

Di zaman yang semakin modern ini perkembangan ilmu desain arsitektur sudah semakin maju. Kalau dulu bangunan-bangunan yang dibangun rasanya hanya mengikuti saja kaidah desain yang sudah ada sebelumnya, sekarang desain bangunan berbentuk unik nan aneh pun sudah banyak bermunculan. Dengan bahan-bahan yang sudah tersedia ditambah lagi dengan pikiran kreatif para arsitek, bangunan-bangunan unik berikut bisa dibangun.

Walau bentuknya tidak sewajar bangunan biasa lainnya, namun rasanya inovasi-inovasi inilah yang patut dicoba di zaman seperti sekarang agar tidak monoton. Apa saja bangunan berarsitektur unik tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. Nativity of the Giraffe, Paris, Prancis.

Nativity of the Giraffe

Dirancang oleh arsitek Hondelatte Laporte dan selesai pada 2012, bangunan di Prancis ini berfungsi sebagai pusat pengasuhan anak. Di dalamnya terdapat sejumlah patung hewan, termasuk jerapah besar yang tampak berjalan menembus bangunan ini. Menurut sang arsitek, ide serta tujuan di balik patung-patung itu adalah untuk menginspirasi serta mengembangkan imajinasi dan kreativitas pada anak-anak yang menghadiri tempat ini.

Loading...

 

2. The Dubai Frame, Dubai, Uni Emirat Arab.

The Dubai Frame

Dubai Frame adalah bingkai foto terbesar di dunia dengan tinggi 150 m dengan lebar 105 m. Landmark arsitektur ini disusun oleh Fernando Donis, yang merasa bahwa daripada membangun monumen lain di Dubai, lebih baik untuk “membingkai” monumen yang ada dan menekankan konsep kota yaitu masa lalu, sekarang, dan masa depan. Namun tetap ada kontroversi yang terjadi dalam perjalanan pembangunan monument bingkai ini, yaitu ketika Donis terpilih sebagai pemenang kompetisi desain oleh Pemerintah Dubai, ia mengklaim bahwa pembangunan berjalan tanpa ia menerima kontrak atau kompensasi apa pun.

 

3. Atomium, Brussels, Belgia.

Atomium

Dirancang oleh insinyur Andre Waterkeyn dan arsitek Andre and Jean Polak, bangunan yang terinspirasi atom ini awalnya dibangun untuk Brussels World Fair tahun 1958. Struktur yang dipilih untuk menggambarkan antusiasme Era Atom ini menampilkan sembilan bola baja berlapis stainless yang terhubung satu sama lain, enam di antaranya dapat diakses oleh publik. Dan ada sebuah prestasi teknik di mana bangunan ini berisi lift tercepat sepanjang masa (5 m/s atau setara 18 km/jam) dan pada awalnya dirancang untuk bertahan hanya sekitar enam bulan. Sekarang arsitektur ini berfungsi sebagai museum.

 

4. Ilinden, Krusevo, Republik Makedonia.

Ilinden

Ilinden adalah sebuah monumen yang dirancang oleh seniman Jordan Grabuloski dan Iskra Grabuloska yang dibangun pada tahun 1974. Monumen ini didedikasikan untuk para pejuang dan revolusioner yang berpartisipasi dalam pemberontakan Ilinden pada tahun 1903, serta tentara-partisan dari Perjuangan Pembebasan Nasional Makedonia tahun 1941-1943. Di dalam kubah terdapat makam presiden Republik Kruševo Nikola Karev serta patung penyanyi Toše Proeski.

 

5. National Fisheries Development Board, Hyderabad, India.

National Fisheries Development Board

Bangunan berbentuk ikan raksasa ini (penulis takjub kenapa bentuknya bisa persis ikan asli) adalah kantor regional untuk Dewan Pengembangan Perikanan Nasional India, yang terletak di dekat Hyderabad, India. Bangunan yang dibangun pada 2012 ini terinspirasi oleh arsitektur bernama “Fish” karya Frank Gehry yang ada di Kota Barcelona, Spanyol.

 

6. Wuxi Wanda Cultural Tourism City Exhibition Center, Wuxi, China.

Wuxi Wanda Cultural Tourism City

Bebentuk seperti teko raksasa yang akan jatuh, gedung ini adalah pusat pameran Tiongkok yang dirancang berdasarkan adat setempat. Struktur berputar bangunan juga memungkinkan untuk berfungsi sebagai roller coaster mikro, kincir ria, dan taman air.

 

7. Cube House, Rotterdam, Belanda.

The Cube House

Dirancang oleh arsitek Piet Blom, set rumah miring ini dirancang berdasarkan konsep "living as urban roof". Rumah kubus konvensional ini dimiringkan 45 derajat dan bersandar pada tiang berbentuk segi enam. Tujuan dari desain ini adalah untuk mengoptimalkan ruang dan meningkatkan distribusi kamar di dalamnya.

 

8. Dancing House, Praha, Republik Ceko.

The Dancing House

Dancing House dirancang oleh Vlado Milunic bekerja sama dengan Frank Gehry pada tahun 1992, dan selesai pada tahun 1996. Dancing House berfungsi sebagai bangunan untuk Nationale-Nederlanden, sebuah perusahaan asuransi Belanda. Gaya dekonstruktivisnya (atau "new baroque") sangat kontroversial pada saat itu karena sangat menonjol dibandingkan dengan bangunan barok, gothic, dan art nouveau lainnya yang dikenal di Praha.

 

9. Sharp Centre for Design, Kanada.

Sharp Centre for Design

Sharp Centre for Design adalah bagian dari Ontario College of Art and Design (OCAD). Struktur ini dirancang oleh arsitek Alsop yang bermitra dengan Robbie / Young + Wright. Bangunan ini terdiri dari struktur persegi panjang yang terletak 26 meter di atas tanah, dan didukung oleh 12 kolom baja. Bangunan ini melayang di atas bangunan tertua di kampus, dan terhubung ke bangunan lain di sekitarnya dengan lift dan tangga.

 

10. Selfridges Building, Birmingham, Inggris.

Selfridges Building

Dirancang oleh firma arsitektur Future Systems, Selfridges Building adalah salah satu landmark terkenal di Birmingham. Struktur ini terdiri dari kerangka baja dengan facade beton yang disemprotkan. Selesai pada tahun 2003, bangunan tersebut telah menjadi ikon arsitektur dan dipandang telah berkontribusi besar pada regenerasi Kota Birmingham.

Source







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red