Presiden Soekarno dikenal sebagai tokoh yang berani melawan penjajah Belanda.sebelum kemerdekaan bentuk perlawanan beliau secara tidak langsung ,sedangkan setelah kemerdekaan bentuk perlawanan beliau dilakukan secara langsung.contoh bentuk perlawanan secara langsung yaitu dengan cara diplomasi maupun kekutan senjata dengan cara bergerilya.

Saat melakukan perlawanan tidak langsung tentu dibutuhkan kemampuan yang cerdas.karena saat itu keadaan belum merdeka sehingga penjajah Belanda mempunyai kekuatan dimana mana. di bawah ini contoh tindakan Presiden Soekarno saat ngerjain penjajah Belanda dengan cerdas diantaranya yaitu

Memaksa Polisi Belanda memikul sepeda

Ini cara Presiden Soekarno ngerjain penjajah Belanda

https://rosodaras.wordpress.com/2009/07/20/freestyle-onthel-ala-bung-karno/

Saat itu Presiden Soekarno selalu dikuntit oleh Polisi Belanda terutama setelah aktif dalam berbagai organisasi kemerdekaan.tentu hal ini mudah diketahui oleh Presiden Soekarno sebab Polisi Belanda ini mempunyai bentuk fisik berbeda dengan rakyat Indonesia pada umumnya.tujuan Polisi Belanda menguntit Presiden Soekarno untuk mencari kesalahannya sehingga saat ketahuan segera dijebloskan ke penjara.

pada suatu hari saat hendak pergi berorganisasi dilihatnya Polisi Belanda sudah menguntitnya dari depan rumah.tiba tiba saja saat berada di pinggir sawah Presiden Soekarno meletakkan sepedanya di pinggir sawah dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan lewat pematang sawah.

saat itu Polisi Belanda mempunyai aturan tidak boleh meninggalkan sepedanya sembarangan .maka dengan terpaksa di Polisi Belanda memikul sepedanya mengikuti Presiden Soekarno lewat pematang sawah.

bisa dibayangkan betapa repotnya Polisi Belanda itu saat melewati pematang sawah sambil memikul sepeda.berkali kali Polisi Belanda itu terjebab di sawah yang berlumpur karena terjatuh dari pematang sawah.dari kejauhan Presiden Soekarno hanya tertawa sambil berjalan santai di atas pematang sawah.

Strategi telur asin

Ini cara Presiden Soekarno ngerjain penjajah Belanda

http://kabarinews.com/jalan-jalan-ke-penjara-sukamiskin/36055

Karena isi pidato Presiden Soekarno yang menyuarakan kemerdekaan membuat penjajah Belanda geram,akhirnya beliau di penjara di Penjara Sukamiskin .

dalam penjara ini Presiden Soekarno selalu memantau pergerakan rekan seperjuangannya lewat istrinya Inggit Ginarsih .namun Polisi Belanda mempunyai cara licik yaitu setiap istri beliau membesuk selalu berada di dekat mereka.hal ini membuat sang istri tidak berani berbicara secara langsung tentang pergerakan teman seperjuangan beliau . karena apabila terdengar Polisi Belanda maka akan dijebloskan ke penjara juga.

maka dibuatlah strategi telur asin yaitu apabila telur asin yang diberikan kepada Presiden Soekarno terdapat satu titik tusukan jarum maka kondisi rekan seperjuangan aman.namun apabila terdapat dua tusukan tandanya seorang rekan seperjuangan ditangkap penjajah Belanda.lebih gawat apabila terdapat tiga tusukan maka artinya terdapat penangkapan besar besaran oleh penjajah Belanda.