Memiliki rumah yang besar merupakan impian bagi banyak orang. Keinginan tersebut memang wajar sebab rumah yang besarmemungkinkan orang yang menempatinya mempunyai ruang gerak yang lebih luas. Namun, bukan berarti memiliki rumah mungil merupakan hal yang buruk.

Rumah yang kecilmenggambarkan kesederhanaan dan punya pesona atau daya tarik tersendiri. Bahkan, kegembiraan pun dapat digapai dalam rumah kecil yang minimalis.

Berikut ini 18 rumah terkecil di dunia dengan desain yang unik.

1. Insta-Bunkie, Toronto.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: Pinterest.com

Rumah ini dapat digunakan sesuai fungsinya yakni sebagai tempat tidur atau bermain. Selain itu, bagi yang mencari sesuatu untuk rekreasi juga membuat desain terbuka yang memberikan akses ke ruang terbuka dan dapat digunakan sebagai tempat yoga, aerobik, membaca, atau meditasi.

2. Rumah kecil, Tokyo.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: Pinterest.com

Rumah ini dibuat untuk mengatasi minimnya lahan untuk hidup di kota. Satu-satunya masalah utama di rumah ini adalah kamu harus naik 4 lantai hanya untuk pergi ke kamar mandi.

3. Rumah di papan iklan, Slovakia.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: onionmag.com

Rumah ini dirancang untuk membantu tunawisma. Seorang arsitek menemukan ide untuk membangun rumah-rumah kecil di papan reklame. Rumah-rumah kecil yang akan dibangun memiliki dua kamar, dapur, ruang kantor, tempat tidur dengan beberapa penyimpanan di bawahnya, dan bahkan kamar mandi.

4. Rumah 196 kaki persegi, Idaho.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik !

foto: Idolza.com

Rumah ini dibuat oleh arsitek bersama Macy Miler. Beberapa tahun yang lalu, Miller bercerai dan rumahnya yang seluas 2.500 kaki persegi disita. Ia kemudian menghabiskan $ 11.400 untuk membangun rumah kecil seluas 196 kaki persegi ini, yang sekarang ia tempati dengan pasangannya, bayi mereka yang baru lahir dan Great Dane nya.

5. Rumah mungil, Kanada.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: rayajewels.us

Rumah mungil nan cantik ini dibangun pada tahun 2012 oleh sepasang suami istri. Setelah 3 tahun dihuni, baru-baru ini mereka mengumumkan akan menjualnya rumah tersebut.

6. Pondok mungil victoria, New York.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: horizontimes.com

Pondok mungil cantik bergaya Victoria ini tidak memiliki toilet atau dapur, tetapi rumah pondok ini memiliki segala sesuatu yang lain seperti halnya sebuah rumah. Pemilik pondok ini memanjangkan bagian luar, beranda depan, dan mengganti beberapa batang pohon yang menahan atap teras dengan kolom antik, lalu ia cat dengan warna putih dan hijau.

7. Das Park Hotel, Austria dan Jerman.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik !

foto:huffingtonpost.com

Tempat tinggal ini terbuat dari beton bulat kecil yang merupakan sebuah kamar pada hotel yang disebut dengan "Das Park Hotel". Hotel ini terletak di Austria dan Jerman.

8. HC1, Los Angeles.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: viralcola.com

The Happier Camper, telah merancangrumah kecil portabel ini selama hampir 5 tahun untuk berkemah.

9. Rumah Keret, Poland.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik !

foto: archdaily.com

Rumah keret ini terletak di Warsawa, Polandia. Keret House adalah seni instalasi yang berupa sisipan di antara dua bangunan yang ada.

10. Balancing On A Rock, Serbia.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: Nationalgeographic.com

Rumah kecil ini berdiri seimbang di atas sebuah batu dan telah bertahan melewati semua perubahan cuaca selama 47 tahun. Pada tahun 1968, sekelompok perenang muda beristirahat di atas batu karang ini. Mereka lalu menginginkan tempat yang lebih nyaman untuk beristirahat yang terlindung dari matahari. Mereka mulai membuat bangunan, namun tidak jadi-jadi sampai tahun berikutnya, salah seorang perenang mengubahnya menjadi sebuah rumah dengan satu kamar.

11. House On Wheels.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: idolza.com

Rumah mungil ini dibangun oleh pasangan muda yang ingin mengejar impian mereka menjadi jurnalis perjalanan. Mereka berhenti dari pekerjaan mereka dan melakukan perjalanan di sebuah rumah yang mereka bangun sendiri.

12. Rumah Kotak Korek Api, Washington DC.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: Pinterest.com

Rumah ini dibangun oleh Jay Austin. Ia memutuskan untuk membangun "rumah yang harmonis" seluas 140 kaki persegi yang sepenuhnya bebas karbon, di luar jaringan, dan mandiri, yang ia sebut sebagai Kotak korek api.

13. Rumah bus sekolah.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto:lolwot.com

Sesuai namanya, rumah ini dibuat dari bus sekolah. Bus ini sekarang memiliki dapur, kamar mandi, ruang tidur, dan lantai bus yang dipenuhi kayu.

14. Kabin di hutan, Finlandia.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto:inhabitat.com

Pada tahun 2010, seorang desainer memutuskan bahwa ia ingin membangun rumahnya sendiri. Saat mendaki, ia menemukan tempat yang sempurna di hutan untuk kabin. Ia pun memutuskan untuk membangun rumah kecil dan hanya butuh waktu 2 minggu untuk membeli bahan yang dibutuhkan dan membangun sebuah rumah.

15. Bingkai rumah, Tennessee.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik !

foto: Pinterest.com

Bosan dengan pekerjaannya sendiri, seorang arsitek memutuskan bahwa dia ingin melakukan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang mirip dengan kabin liburan. Dengan ide itu dan bantuan seorang teman, terciptalah kabin kecil ini.

16. Sleeping Pods, Kalifornia.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: Pinterest.com

Tempat ini memiliki kasur dan tempat tidur yang nyaman, dapat dikunci di malam hari serta mempunyai pintu kecil untuk ventilasi.

17. Seelenkiste, Germany.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: Pinterest.com

Rumah mungil ini dirancang oleh tiga orang siswa. Rumah ini akan ditempatkan di tempat terpencil di pedesaan untuk memberikan waktu yang tenang kepada penghuninya sebagai sarana merenung dan mengeksplorasi diri.

18. Little House, Toronto.

Potret 18 rumah terkecil di dunia, desainnya unik dan cantik ! foto: Pinterest.com

Rumah kecil ini dibangun pada tahun 1912. Berada di ruang antara dua rumah yang lebih besar menjadi ide bagus untuk membangun rumah kecil ini. Rumah ini memiliki segala yang dibutuhkan, seperti tempat tidur tarik, dapur, binatu, ruang santai, bahkan memiliki halaman belakang yang kecil.