×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin bangga

0

Wow

Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin bangga

Orang luar negeri mempunyai ketertarikan yang tinggi terhadap Bahasa Indonesia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dara K

05 / 01 / 2018 14:15

Bahasa Indonesia ialah bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Bahasa ini sudah diajarkan sejak anak mengenyam pendidikan dasar. Akan tetapi pada kenyataannya, bahasa Indonesia kian tergeser oleh bahasa asing dan bahasa gaul, terutama di kalangan muda.

Kalangan muda saat ini lebih suka menggunakan bahasa gaul dalam berkomunikasi sehari-hari. Mereka juga lebih berminat untuk belajar bahasa asing dibandingkan bahasa Indonesia.

Tapi tahukah kamu, ternyata bahasa Indonesia dipelajari di banyak negara, lho. Bahkan ada yang menjadikannya mata pelajaran wajib. Berikut negara-negara yang mempelajari bahasa Indonesia.

1. Australia

Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin bangga

Loading...

foto: newportlakesps.vic.edu.au

Negara yang dijuluki sebagai ‘Negara Kanguru’ ini sudah terkenal akan pendidikan dan penelitiannya yang berkualitas. Ternyata bahasa Indonesia dipelajari di tingkat pendidikan negara ini. Newport Lakes Primary School (NLPS) atau setara dengan tingkat sekolah dasar di Australia mempunyai mata pelajaran wajib ‘Bahasa Indonesia’. Tak hanya itu, kampus atau jenjang s1 seperti di University of Shouthern Queensland juga mempunyai program studi Bahasa Indonesia.

 

2. Hongaria

Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin banggafoto: damniloveindonesia.com

Negara yang terletak di Eropa ini mempunyai kelas bahasa Indonesia di Universitas bernama Budapest Business School (BBS) dan University of Applied Science.

 

3. Jepang

Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin banggafoto: wikimedia.org

Jepang sendiri mempunyai kampus khusus yang mempelajari bahasa. Kampus tersebut ialah Tokyo University of Foreign Studies.  Bahasa Indonesia menjadi salah satu program studi yang ada di kampus tersebut.

 

4. Ukraina

Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin banggafoto: knu.com.ua

Salah satu Perguruan tinggi terkemuka dan tertua di Ukraina yaitu Taras Shevchenko National University of Kyiv memiliki Pusat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan hubungan bilateral Indonesia-Ukraina.

 

5. Korea Selatan

Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin banggafoto: gadis.co.id

Ternyata tak hanya orang Indonesia yang suka akan budaya dari negeri Ginseng ini. Orang Korea Selatan juga memiliki ketertarikan terhadap budaya Indonesia, seperti bahasanya. Kampus Korea Selatan bernama Hankuk University of Foreign Studies memasukkan Bahasa Indonesia ke dalam salah satu mata kuliah mereka pada departemen Malaysia-Indonesia dan Departement Interpretasi dan Terjemahan Malaysia-Indonesia.

 

6. Kanada

Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin banggafoto: krystijaims.com

Ternyata negara ini mempunyai banyak tempat kursus Bahasa Indonesia. Banyaknya orang Indonesia yang bekerja di sini menjadi salah satu alasan betapa pentingnya bahasa Indonesia di negara ini.

 

7. Vietnam

Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin banggafoto: prweek.com

Pada tahun 2007, Pemerintah Daerah Kota Ho Chi Minh di Vietnam secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia menjadi bahasa ke-2 di kota tersebut. Hubungan bilateral yang terus meningkat antara Indonesia dan Vietnam menjadikan bahasa Indonesia kian penting di negara ini.

 

8. Kepulauan Hawaii, Amerika

Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin banggafoto: kompasiana.com

Kepulauan yang terkenal akan tempat wisata ini ternyata memiliki kurikulum bahasa Indonesia di beberapa kampusnya. Orang Hawaii ternyata stertarik dengan Budaya Indonesia sehingga mereka senang belajar Bahasa Indonesia.

 

9. Suriname

Bahasa Indonesia ternyata dipelajari di 9 negara ini, bikin banggafoto: pinterest.com

Suriname ialah negara kecil di pantai timur laut Amerika Selatan. Ternyata, 14% penduduk negara ini berasal dari Jawa, Indonesia. Dengan demikian, bahasa Indonesia dipelajari dan bisa bertahan di negara ini.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    71%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    29%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red