Brilio.net - Banyak orang bilang jika putus cinta, dunia seakan runtuh, sengsara, mau mati aja, dan banyak lagi kata negatif lainnya. Padahal, masa-masa suram habis putus cinta itu bisa kamu gunakan untuk mencari uang. Lho, kok bisa?

Caranya adalah dengan menjadikan kisah sedihmu itu menjadi sebuah inspirasi atas karya-karyamu. Yuk, salurkan inspirasi dari patah hatimu itu ke berbagai karya berikut, Minggu (20/11).

1. Dijadikan lagu atau puisi.

move on sukses Istimewa

foto: aboutwriting.t-x-2.com

Kamu sudah pernah mendengar lagu "Kisah Sedih di Hari Minggu" karya Koes Plus yang kemudian dipopulerkan lagi oleh Marshanda, kan? Jangan-jangan lagu ini dibuat saat penciptanya sedang patah hati.

Ada juga lagu "Kasih Tak Sampai" yang nge-hits saat dibawakan oleh Padi mungkin juga sedang diciptakan saat sedang sedih ditinggal pacar.

Bukan tidak mungkin, kisah sedihmu itu menjadi karya fenomenal. Apalagi, banyak orang berpendapat bahwa karya yang dihasilkan dari pengalaman itu bisa menjadi karya yang indah dan hebat. Jadi tunggu apa lagi? Ambil gitar lalu coretkan kisahmu pada kertas menjadi lirik-lirik yang menakjubkan.

2. Dijadikan kisah novel maupun cerpen.

move on sukses Istimewa

foto: writersonlineworkshops.com

Setiap kisah mempunyai keunikannya sendiri. Setiap kisah seseorang pasti berbeda dengan orang lain, walaupun banyak yang mirip. Kamu harus yakin bahwa kisah cintamu yang kandas punya hal unik yang menjadikannya menarik untuk dibaca orang.

Kamu bisa buka laptop lalu tuangkan kisahmu itu menjadi sebuah cerita yang menyentuh hati. Bagi kamu yang biasa menulis karangan panjang, bisa membuat novel. Namun juga ingin menulis pendek, bisa menjadi cerita pendek.

Buat para pembaca masuk dan ikut dalam alur yang kamu buat dalam cerita. Kamu juga bisa tawarkan novelmu itu pada penerbit. Dan siap-siap karyamu dibaca ribuan pembaca.

3. Dijadikan komik.

move on sukses Istimewa

foto: Webtoon

Bagi kamu yang suka menggambar, kisah cintamu itu bisa dijadikan berlembar-lembar cerita bergambar alias menjadi sebuah komik menarik. Pilihan membuat komik juga tidak kalah serunya, apalagi saat ini banyak media yang bisa kamu jadikan untuk mempublikasikan komikmu. Misalnya LINE WEBTOON yang menyediakan banyak komik menarik.

Nah, tahun ini LINE Indonesia mengadakan event LINE CREATIVATE 2016 dengan banyak acara. Mulai dari seminar sampai kompetisi bikin sticker, webtoon, foto selfie, sampai game developer. Walaupun sudah ditutup registrasinya sejak 8 November 2016 kemarin, jangan putus asa, Sob!

Kamu tetap bisa mengembangkan kreativitasmu, lho. Terus, tambah asupan otak atau genjot kreativitasmu dengan dateng ke acara gong-nya LINE CREATIVATE 2016 pada 18-20 November 2016 di Mall Gandaria City, Jakarta. Kamu bisa lihat showcase hasil karya para kreator webtoon, lho. Info selengkapnya bisa kamu cek di sini.

4. Dijadikan lukisan.

move on sukses Istimewa

foto: Pinterest.com

Media lukisan juga bisa kamu gunakan untuk menyuarakan kisah sedih dalam percintaan. Lukisan juga bisa kamu gunakan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang kuat dan bisa semangat untuk move on. Kamu bisa melukis di atas kanvas, kertas putih, atau dengan sejumlah software di komputer yang mempermudah kamu berkreasi.

5. Bikin video.

move on sukses Istimewa

foto: Wikipedia.org

Saat ini kita berada di era digital. Di era ini membuat video yang terinspirasi dari kisah kamu juga menarik untuk dilakukan. Karyamu bisa kamu sebarkan, di webmu sendiri atau melalui saluran YouTube. Semakin menarik video yang kamu buat, kamu bisa menuai banyak pengunjung, komentar, dan like. Hal tersebut bakal bikin video kamu menarik untuk diendorse oleh brand tertentu. Dan kamu bisa dapat uang bukan?

6. Buat sticker.

move on sukses Istimewa

foto: linevpn.org

Wajahmu yang sedih saat putus cinta bisa menjadi inspirasi untuk membuat sebuah sticker lucu. Atau juga semangat kamu untuk bangkit juga bisa menjadi inspirasi. Jika kamu kurang pandai menggambar, inspirasimu bisa disalurkan menjadi sebuah sticker yang berisi kata-kata lucu dan bijak.

Kamu tinggal pilih, akan kamu jadikan apa kesedihanmu itu. Jika kamu yakin, sticker yang kamu buat sangat menarik dan inspiratif, bisa kamu gandakan dan jual ke konsumen.

7. Buat mural.

move on sukses Istimewa

foto: periodismodigital.com.mx

Seni mural saat ini juga sedang berkembang. Banyak kota yang menghiasi dinding-dinding yang ada di pinggir jalan dengan mural-mural cantik dan inspiratif. Kamu juga bisa menyalurkan ide kreasi yang kamu dapatkan ketika sedang berusaha move on dalam sebuah mural yang indah.

Kamu bisa gabung dengan teman-temanmu untuk mencari tembok yang siap digambar. Jika belum ada, kamu bisa mulai dari dinding bagian luar rumah kamu. Yakin deh, setelah orang melihat gambarmu yang indah, kamu akan banyak mendapatkan tawaran buat mural di banyak tempat. Bisa menghasilkan uang, kan?