×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Emoji ternyata kunci keharmonisan hubungan lho, kok bisa?

View Image

0

BRILIO » Cinta

Emoji ternyata kunci keharmonisan hubungan lho, kok bisa?

Simak penjelasan pakar bahasa dan komunikasi ini.

23 / 05 / 2017

Brilio.net - Emoji jadi bagian tak terpisahkan di komputer dan smartphone, mulai dari 'wajah tersenyum' hingga ikon unik lainnya. Kini emoji diperkirakan telah dipakai 90 persen pengguna internet, yakni 3,2 miliar orang.

Salah satu pakar bahasa dan komunikasi Inggris, Prof Vyvyan Evans mengatakan emoji punya dampak yang lebih besar ketimbang meramaikan teks yang kita kirim kepada teman dan keluarga. Dalam buku barunya, dia mengatakan emoji sebenarnya membantu pria dan wanita saling mengerti satu sama lain karena memperjelas arti sebuah pesan.

Sebab, perempuan kerap memberi pernyataan dengan makna berlapis yang seringkali gagal ditangkap oleh laki-laki. Misalnya, ketika pria mengatakan pada kekasihnya, 'Aku mau pergi dengan teman', kemudian perempuan itu membalas, 'Terserah kamu'. Balasan itu sebenarnya bisa punya arti 'Kamu tahu kan sebenarnya aku tidak mengizinkannya'.

"Memahami komunikasi adalah kunci hubungan harmonis," kata Evans.

Dia berpendapat kaum Adam bisa lebih memahami makna komunikasi bila diwarnai dengan emoji. Jika pesan 'Terserah kamu' ditambah dengan emoji wajah marah atau kecewa, pasti si penerima bisa menangkap kode dari si pengirim.

Loading...

"Laki-laki pasti bisa memahaminya dan mempersempit ruang miskomunikasi," katanya seperti dilansir Telegraph, Senin (22/5).

Satu lagi yang memicu komunikasi adalah kecenderungan orang untuk menjawab, 'tidak apa-apa' ketika ditanya oleh pasangannya 'ada apa?', padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Di dunia maya, pengirim dapat menegaskan maksudnya dengan menambah emoji, seperti 'wajah cemberut' atau 'wajah datar'.

Evans bahkan menegaskan bahwa emoji hampir jadi hal esensial dalam komunikasi digital. Ketika komunikasi online mengambil alih percakapan empat mata, Evans berpendapat emoji penting digunakan untuk lebih bisa berekspresi.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more