Brilio.net - Saat ini penggunaan aplikasi kencan online bukan lagi hal baru. Tak sekadar untuk “membidik” pasangan, aplikasi kecan online juga kerap dimanfaatkan banyak orang untuk mencari teman, bahkan rekan bisnis. Nah biasanya aplikasi kencan ini banyak digunakan mereka yang sibuk karena rutinitas pekerjaan sehingga lupa menjalin hubungan sosial dengan orang lain.

Tidak sedikit lho yang akhirnya bisa mendapat kekasih. Malah ada juga yang sampai ke jenjang pernikahan. Namun banyak juga yang kecewa karena seseorang yang kamu impikan, ternyata tak merespons obrolan dengan baik, atau bahkan mendiamkannya.

7 Tips ngobrol lewat kencan online © 2021 brilio.net

Memang sih memulai sebuah obrolan di aplikasi kencan online bukan suatu hal yang mudah, terutama bagi orang-orang yang tidak terbiasa berbasa-basi. Ada sebagian wanita yang merasa bingung serta merasa takut untuk memulai obrolan. Mereka takut mengatakan hal yang salah pada saat pertama kali bertemu dengan pria yang baru dikenalnya di aplikasi kencan tersebut. 

Seyogyanya, memang jangan sampai memberikan kesan pertama yang kurang baik. Karena awal yang kurang baik pasti perjalanan selanjutnya pun tidak akan mulus. Agar obrolan di aplikasi kencan bisa berlanjut ke obrolan yang serius dan menyenangkan, ternyata ada tipsnya lho.  

Berikut beberapa tips dari aplikasi kencan online Dating.com, yang telah dikembangkan sejak tahun 1993 dan saat ini mencakup lebih dari 32 negara. Tujuannya agar kamu tidak canggung lagi untuk memulai obrolan di aplikasi online.  

1. Buka kalimat pembuka yang berarti

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dating.com (@datingcom)

Kunci utama untuk keberhasilan dalam obrolan adalah pesan teks pertama yang diutarakan pada saat online. Ketika membuka percakapan pertama kali, tentu kamu berharap bisa mendapat balasan yang baik sehingga percakapan bisa berlanjut terus hingga bisa saling mengenal. 

Nah untuk memulai obrolan jangan hanya menggunakan kata “Hai” saja, namun tambahkan beberapa kalimat lagi agar bisa membangun percakapan yang berkesan sejak awal.

Sebaiknya pelajari profil calon pasangan di aplikasi online secara keseluruhan sebelum memulai percakapan.  Jangan hanya melihat profile picture-nya saja). Dengan melihat profilnya, kamu bisa tahu kesukaan dari teman chattingmu itu dan mulai dengan obrolan yang menarik seperti, “Hai, kamu suka memasak ya?” atau “Hai, kamu suka travelling, sama dong”. Jadi, masih mau kenalan hanya dengan kalimat "Hai" saja?

2. Usahakan selalu menggunakan kalimat bertanya

7 Tips ngobrol lewat kencan online © 2021 brilio.net

Kasihan nggak sih kalau teman chatting kamu dari aplikasi kencan online seperti Dating.com yang memiliki member selalu proaktif dan inisiatif menyapamu, lalu kamu  hanya menjawab dengan kalimat yang singkat, hanya karena kamu tidak terbiasa berbasa-basi? 

Terkadang, perilaku seperti ini bisa membuat pembicaraan terhenti lho. Karena teman chattingmu merasa kamu tidak peduli kepadanya, padahal yang terjadi adalah sebaliknya, kamu ingin sekali mengenalnya lebih dekat.

Kalau kamu bingung, cobalah bertanya dengan topik umum, aman, dan nyaman yang kamu juga menyukainya. Misalnya “Kamu hobi traveling juga ya?” atau “Suka nonton film apa?”. Dengan terus bertanya, pembicaraan yang menarik untuk calon pasangan akan mengalir dari topik yang sederhana menjadi yang serius seperti yang kamu inginkan. Namun hindari pertanyaan klise dan membosankan.

3. Bicarakan hobi dan kegemarannya

7 Tips ngobrol lewat kencan online © 2021 brilio.net

Mulailah mencari tahu sifat dan karakter calon pasangan kamu dengan membahas tentang kegemarannya. Misalkan makanan kesukaan, kegiatan di waktu luangnya seperti apa, hobinya apa. Dengan terus membahas hobi serta hal-hal yang disukai, maka kamu  akan semakin mengenal karakter dari calon pasangan tersebut.

4. Berikan pujian yang menggoda

7 Tips ngobrol lewat kencan online © 2021 brilio.net

Tunjukkanlah rasa ketertarikan kamu dengan sebuah pujian dari apa yang teman chattingmu utarakan. Tapi jangan juga terlalu berlebihan ya.  Kamu bisa memuji pencapaian yang sudah diraih dengan kalimat pujian dan sedikit menggoda seperti, “Wah kamu jago masak yah, pengen makan masakanmu deh” atau “Kamu hebat yah dengan pekerjaanmu, coba bos aku kayak kamu”.

Sekali lagi jangan berlebihan dan memaksakan menulis kalimat menggoda yang terlalu berlebihan. Kamu juga jangan takut apabila teman chattingmu menunjukan perilaku yang berlebihan. 

Uniknya di aplikasi Dating.com memiliki sistem moderasi yang unik, yang bisa menghalau dan tidak mengizinkan perilaku-perilaku yang tidak pantas tersebut terjadi bagi para membernya.

5. Tetap jaga intensitas chatting

7 Tips ngobrol lewat kencan online © 2021 brilio.net

Tetap jaga chatting atau obrolan kamu menyenangkan dan menarik. Hindari pembahasan atau pertanyaan yang berulang-ulang. Jangan terlalu berharap, si dia akan  mengirimkan pesan setiap menit dan kamu menuntut mengapa dia tidak membalas chatmu dengan cepat. Bisa saja dia sedang sibuk dengan real life-nya.

Namun, juga jangan terlalu lama membuat teman chatting-mu menunggu ya. Jangan, karena ingin terlihat terlalu sibuk, kamu membalasnya malah keesokan harinya. Hal itu dapat membuat mood dan atensi dari teman chatting-mu berkurang. Bukan tidak mungkin lho mereka akan mencari teman chatting lain. Usahakan untuk membalas tidak lebih dari 6 jam.

6. Jangan bicarakan hal yang terlalu serius

7 Tips ngobrol lewat kencan online © 2021 brilio.net

Mulailah dengan percakapan yang ringan. Jangan bicarakan hal-hal serius saat chatting. Ada beberapa topik obrolan yang sebaiknya dibicarakan secara langsung atau lewat telepon. Kamu harus pintar memilah topik yang asyik dibicarakan di chat atau sebaiknya disimpan untuk jadi bahan obrolan saat bertemu secara langsung. Gunakanlah emoji yang lucu-lucu supaya terkesan tidak kaku.

7. Berusahalah jujur dan apa adanya

7 Tips ngobrol lewat kencan online © 2021 brilio.net

Saat sudah menemukan orang yang cocok dan nyaman untuk diajak chatting, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berbicara jujur tidak melebih-lebihkannya agar terlihat baik di mata lawan bicara. Bicarakan apa yang sebenarnya, agar saat sudah berjalan ke hubungan yang serius kamu tidak tertipu atau menipu dengan ekspektasi yang terlalu tinggi.

Sudah nggak bingung lagi kan harus menyapa apa saat berkenalan pertama kali? Jadi, jangan ragu-ragu untuk menyapa ya. Kalau memang tak dibalas jangan diambil pusing, masih banyak orang yang bisa kamu temui di aplikasi kencan Dating.com ini. Intinya jangan cepat menyerah dan jangan malu-malu ya!