Brilio.net - Bukan perkara mudah menemukan pasangan hidup yang tepat. Apalagi yang mau menerima kamu apa adanya. Butuh usaha, perhatian, bahkan pengorbanan. Tujuannya agar siapa pun pasanganmu kelak, nggak membuat kamu menyesal  dikemudian hari.

Sebab, memilih pasangan itu kan bukan untuk sesaat. Sebisa mungkin hubungan kamu langgeng, hingga maut yang memisahkan. Tapi masalahnya, banyak orang sering menghadapi kesulitan ketika mencari pasangan hidup.

Ada saja rintangannya. Ya misalnya saja masing-masing sibuk bekerja, adanya ketidakcocokan, dan masih banyak alasan yang membuat orang menemukan pasangan hidup ibarat mencari jarum di tumpukan jerami.

Nah kalau sudah begini, nggak jarang lho seseorang akhirnya lebih memilih hidup sendiri hingga usia tua karena tak kunjung bertemu pasangan hidup yang dianggap tepat. Kamu pasti nggak mau kan jadi “jones” alias jomblo ngenes karena nggak punya pasangan hidup sampai uzur?

Sebenarnya sih, orang yang mengalami kesulitan mencari psangan nggak perlu bekecil hati. Kalau kamu mau berusaha lebih keras, kesempatan untuk menemukan pasangan yang tepat atau cinta sejati masih selalu ada koq. Lantas, apa saja yang dapat dilakukan untuk menemukannya? Dilansir dari India Times dan berbagai sumber lain, yuk simak 5 langkah untuk yang bisa dicoba para jomblo untuk menemukan pasangan hidup yang tepat.

1. Jadilah diri sendiri

5 Tips mencari pasangan yang tepat © 2021 brilio.net

Sebelum mencari pasangan, lebih baik kamu mulai memahami dan menilai diri sendiri terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar kamu lebih percaya diri. Sebab, percaya diri itu bisa menjadi pendorong yang membuat kamu tergerak mencari pasangan hidup. 

Jika sudah menilai bahwa diri kamu adalah seseorang yang layak memiliki hubungan, maka tanpa diduga hati kamu akan terbuka dan pada akhirnya akan bertemu dengan pasangan hidup. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan mengenai tujuan hidup seperti apa yang ingin diraih.

2. Nggak usah muluk-muluk saat membuat kriteria pasangan

5 Tips mencari pasangan yang tepat © 2021 brilio.net

Setelah menemukan jati diri dan mulai percaya diri, mulailah membuat kriteria pasangan yang kamu inginkan. Namun perlu diingat, mendapatkan pasangan yang sempurna tanpa kekurangan adalah hal yang mustahil.

Coba perhatikan kembali daftar kriteria tersebut. Jika terlalu muluk-muluk, sebaiknya pertimbangkan kembali kriteria mana saja yang seharusnya kamu pertahankan dan mana yang tidak.

Jangan terlalu mendikte kriteria pasangan, misalkan ia gemuk, tidak menutup kemungkinan di masa depan ia akan menjadi lebih kurus. Pertimbangkan segala sesuatunya dari beberapa sisi dan jangan terlalu memaksa kriteria yang kamu impikan.

3. Cari pasangan yang membuat kamu nyaman

5 Tips mencari pasangan yang tepat © 2021 brilio.net

Pasangan yang cocok adalah yang bisa membuat kamu merasa nyaman saat saling bersama. Akan tetapi, cobalah untuk merasakan apakah rasa nyaman yang kamu dapatkan ketika bersamanya benar-benar sebuah cinta yang tulus atau hanya sekedar cinta buta.

Tanda kecocokan dengan pasangan juga dapat dilihat dari sama-sama memiliki emosi yang stabil dan dewasa, komunikasi yang baik dan memiliki tujuan yang sama.

Jika hanya karena dibutakan cinta. Sebaiknya berpikirlah masak-masak sebelum memutuskan menikah dengannya. Biasanya hubungan yang dilandasi karena cinta buta tidak akan bertahan lama.

4. Jangan pernah takut bertemu orang baru

5 Tips mencari pasangan yang tepat © 2021 brilio.net

Setelah mengenal diri dan menyusun impian kamu, saatnya untuk bertemu orang baru. Namun, apabila kamu takut menemui orang baru di dunia nyata, cobalah memulai dari aplikasi kencan seperti Dating.com.

Situs kencan online ini bukan saja membantu kamu menemukan jodoh, tetapi bisa menemukan jejaring pertemanan baru, rekan bisnis baru bahkan memperkaya diri untuk bersosialisasi.  

Platform ini memang dibuat agar seseorang lebih mudah menemukan teman baru yang bisa berlanjut ke tahap dating atau kencan. Nggak jarang lho pasangan yang akhirnya cocok dan berlanjut ke pelaminan.

Menambah pertemanan dan mendapatkan sebuah lingkungan baru bukanlah sesuatu hal yang salah. Walaupun pada akhirnya, teman yang kamu temui di aplikasi kencan bukan salah satu jodohmu, namun bisa saja ia adalah orang yang membantu menemukan jodoh yang kamu impikan atau sekedar menjadi seorang partner bisnis.

5. Mulai atur pertemuan

5 Tips mencari pasangan yang tepat © 2021 brilio.net

Setelah mengenal diri sendiri dan menyusun kriteria, mulailah mencari pasangan dengan menemukan orang baru yang akan kamu temui, baik secara offline atau dari aplikasi kencan. Kelebihannya menggunakan aplikasi kencan adalah kamu telah mengenal identitas orang yang akan ditemui tersebut dan mengenal pribadinya dari obrolan yang telah kamu lakukan secara online.

Ketika bertemu, mulailah lakukan pendekatan. Misalnya saja bertanya tentang kegiatan calon pasangan kamu, keluarga, hobi hingga seluk beluk tentang dirinya.

Ini adalah saatnya untuk menentukan hubungannya dihentikan atau dilanjutkan. Jika kalian sama-sama tertarik, maka biarkan semua mengalir hingga saatnya tiba untuk menyatakan cinta. Ingat ya, cinta yang tulus, bukan cinta buta. 

(brl/red)

(brl/red)