Brilio.net - Meski kamu jomblo dan merasa ngenes, jangan anggap hubungan pacaran adalah semua jawaban dari nasib yang sedang menimpa. Kamu tidak tahu saja bahwa pacaran ternyata juga terasa menyiksa jika kamu tidak siap. Namanya menjalin hubungan bersama manusia yang tentu saja punya perbedaan, risiko perselisihan yang berujung kesedihan tentu saja ada. Maka brilio.net, Rabu (3/1), merangkum lima hal yang musti kamu persiapkan agar kamu nyaman berpacaran.

1. Punya teman lawan jenis yang cukup akrab

5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berpacaran

Meski semua manusia adalah sama di mata Tuhan, namun perbedaan jender berimplikasi pada perbedaan di mata manusia. Manusia laki-laki dengan perempuan itu beda karakter dan kecenderungannya. Kalau begitu kamu perlu mempelajari karakter dan kecenderungan masing-masing. Agar ketika kamu berpacaran tidak kaget, tidak kikuk menghadapi lewan jenis, dan punya tips dan triknya untuk menaklukkan lawan jenis. Begitu.

2. Pandai mengatur keuangan

Loading...

5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berpacaran

Jangan kaget kalau kamu jadi lebih boros ketika berpacaran. Jujur saja, ketika jomblo aktivitas hidupmu lebih sering dihabiskan di kamar tidur, kamar mandi, kampus, warung kopi. Nanti ketika sudah punya pacar aktivitasmu bisa meningkat tiga kali lipat, mulai dari mal, bioskop, wisata alam dan lain sebagainya. Itu bisa meningkatkan beban biaya transportasi bulananmu, belum lagi kalau pasangan minta ditraktir atau dibelikan barang yang aneh-aneh. Bisa cepat habis isi dompetmu. Jadi, hemat buat diri sendiri mulai sekarang, siapa tahu dalam waktu dekat kamu mendadak punya pacar, amin.

3. Jangan tinggalkan hobi

5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berpacaran

Untuk diketahui saja ya, kehidupan berpacaran tidak datar-datar saja. Pasti bergejolak. Saat kamu berada dititik pergejolakan itu kamu pikiranmu bisa jadi sangat gelisah. Itu artinya kamu membutuhkan kegiatan yang asyik supaya pikiranmu kembali segar. Mulai sekarang, sebelum mendadak pacaran, kamu kudu cari hobi yang paling asyik menurutmu.

4. Tahu mekanisme defense-ofense dalam pergaulan

5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berpacaran

Hmmm... kalau kamu berpacaran tapi belum pernah direcoki orang-orang disekelilingmu, itu artinya pacaranmu kurang greget. Tapi hampir kebanyakan, pasangan yang berpacaran akan digunjing oleh orang-orang di sekelilingmu. Mulai omongan kamu yang terlalu pendek, kamu yang terlalu gelap, kamu yang terlalu udik, kamu yang terlalu sombong, kamu yang berubah, kamu yang tidak asyik lagi, kamu yang kalau boncengan motor tangannya kayak sabuk, dan lain sebagainya. Gunjingan ini bisa terjadi di depan matamu. Jadi kamu harus punya teknik bertahan, berkelit, bahkan menyerang balik orang yang menggunjing itu. Karena prinsipnya mereka adalah haters.

5. Berani mengambil keputusan

5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berpacaran

Baik kamu adalah cewek maupun cowok, kamu harus bisa membuat keputusan sewaktu pacaran. Ini semudah yang dibayangkan. Saat kondisi yang paling buruk dalam berpacaran, kamu paling tidak harus bisa memutuskan untuk melanjutkan atau mengakhiri saja hubunganmu. Pilihannya kamu bukan jomblo tapi ngenes, atau kamu jomblo tapi bahagia. Dua-duanya pilihan yang sulit sepertinya, ya kan?