Brilio.net - Setiap orang yang sedang menjalin sebuah hubungan dan sudah mengenal lebih dekat, pasti ingin melanjutkan hubungan yang lebih serius. Tapi biasanya sebelum melangkah ke hubungan yang lebih mendalam, tentu kamu perlu memperkenalkan ia kepada orangtuamu terlebih dulu.

Pertama kali saat kamu akan mengenalkan pacar kepada orangtua, akan menjadi sebuah hal menegangkan. Tidak peduli seberapa siapnya kamu, orang-orang terpenting dalam hidupmu akan berada di tempat yang sama untuk pertama kali. Beberapa orang percaya kesan pertama adalah indikasi atau penilaian seberapa baik pacarmu untuk masa depan.

Perasaan itu cenderung akan membuatmu merasa takut dan kurang percaya diri. Kamu mulai takut bagaimana kalau kamu tidak direstui karena momen pertemuan pertama itu. Kamu bahkan bisa berpikir dua kali untuk mengenalkan pacar kepada orangtua.

Tapi bagaimana pun juga kamu harus lebih berani untuk mengenalkan pacar kepada orangtua, demi keberlangsungan hubungan kalian. Ya kan?

Daripada masih bingung gimana caranya, berikut ulasannya cara mengenalkan pacar ke orangtuamu agar hubungan kalian dapat lampu hijau, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (1/3).

Loading...

1. Yakinkan diri mengenai hubunganmu terlebih dahulu.

mengenalkan pacar orangtua youtube

foto: pixabay

Pastikan kamu telah meyakinkan diri sendiri, kalau itu benar cinta. Mengenalkan pacar kepada orangtua adalah hal yang serius. Jadi misalnya kamu sudah mengenalkan kepada orangtua dan ternyata di tengah jalan kamu putus, hal itu bisa mengganggu kepercayaan orangtuamu saat kamu akan kembali mengenalkan seseorang.

2. Jangan kagetkan orangtuamu.

mengenalkan pacar orangtua youtube

foto: unsplash

Sebelum kamu mengenalkan dia secara resmi, ada baiknya kamu singgung mengenai dia terlebih dahulu. Katakan pada orangtuamu kalau kamu sedang dekat dengan cewek atau cowok yang baik. Ceritakan secara detail mengenai dirinya kepada orangtua.

3. Sebutkan nama pacarmu dari waktu ke waktu.

mengenalkan pacar orangtua youtube

foto: Instagram/@alovaldi

Misalnya kamu sedang berkumpul dan mengobrol dengan keluarga, kamu bisa mencuri kesempatan itu. Jika obrolanmu berkaitan dengan kelebihan pacarmu, kamu bisa menyebutkan namanya di depan orangtuamu.

Misalnya kamu dan orangtua sedang menonton balet di televisi, kamu bisa mengatakan "Anggi pasti akan senang menonton acara ini, dia adalah pebalet yang sangat berbakat".

4. Terangkan mengenai orangtuamu pada pacar.

mengenalkan pacar orangtua youtube

foto: unsplash

Kebanyakan orang akan sensitif ketika akan diajak ke orangtua pasangan. Ada orangtua yang terlihat ramah dan santai, namun ada beberapa orangtua yang justru terlihat kaku dan sedikit menyeramkan.

Beritahu pacarmu gambaran mengenai orangtuamu. Sikap, kebiasaan, kesukaan atau berbagai hal lainnya. Sehingga pacarmu bisa mempersiapkan diri sebelum bertemu dengan mereka.  

5. Biarkan pacarmu menjadi diri sendiri.

mengenalkan pacar orangtua youtube

foto: unsplash

Mencoba memperlihatkan kesan yang baik di hadapan orangtuamu adalah kunci utama, namun jangan biarkan pacarmu malah harus mengubah karakter aslinya. Kamu menyukai pacarmu dengan segala hal kelebihan dan kekurangan yang ia miliki, jadi jangan menyuruhnya merubah sikap.

Sebab hal itu akan berdampak di masa depan, terlebih apabila kamu dan pacarmu sudah menikah dan lebih dekat dengan orangtuamu. Jika orangtuamu melihat karakter asli yang tidak sesuai dengan yang selama ini mereka lihat, maka orangtuamu akan bertanya-tanya.

6. Jangan menggoda pacarmu di hadapan orangtua.

mengenalkan pacar orangtua youtube

foto: Youtube/@ClickHole

Bertindaklah dengan menunjukkan rasa hormat kepada pacarmu. Jangan malah menggodanya, bercanda dengan berteriak atau bahkan memanggilnya dengan panggilan sayang yang tidak pantas. Di saat pacarmu merasa grogi, pastikan kamu bisa memperlakukan dia secara baik dengan dukungan dan rasa hormat.

7. Pilih topik pembicaraan yang menyenangkan.

mengenalkan pacar orangtua youtube

foto: Youtube/@ClickHole

Cairkan suasana tegang dengan memilih topik obrolan ringan dan menyenangkan. Jangan membicarakan topik yang terlalu serius, meskipun biasanya kamu dan pacar sering berbicara mengenai topik serius. Orangtuamu ingin melihat kalau hubunganmu bahagia. Jadi kamu bisa membicarakan beberapa hal yang lucu, misalnya mengenai pengalaman kocak saat bersama pacarmu. Jangan lupa untuk tersenyum saat bicara.

8. Jangan terlalu mengumbar kemesraan di depan orangtua untuk pertama kali.

mengenalkan pacar orangtua youtube

foto: unsplash

Kamu tentu ingin orangtuamu tahu seberapa pentingnya dia untukmu. Namun bukan berarti kamu harus menunjukkan kemesraan yang berlebihan di hadapan mereka saat kesan pertama. Kemesraan yang berlebihan dapat membuat orangtua merasa tidak nyaman dan itu bisa memengaruhi penilaian mereka.

Apabila kamu ingin menunjukkan sayangmu kepada pacar di hadapan mereka, cukup genggam tangannya atau letakkan lenganmu melingkar di pundaknya. Hindari kemesraan yang lebih daripada itu, yang bisa membuat orangtuamu merasa terabaikan.

9. Bicara kembali pada orangtuamu.

mengenalkan pacar orangtua youtube

foto: unsplash

Meski kamu sudah mempertemukan pacar dengan orangtuamu, bukan ide buruk kalau kamu tetap berbicara lagi mengenai hubunganmu dengan orangtua. Cara ini akan membuat orangtua merasa dihargai dan akan menunjukkan kalau kamu benar-benar serius pada pacarmu.

10. Jawab pertanyaan yang masih mengganjal dari orangtua.

mengenalkan pacar orangtua youtube

foto: unsplash

Setelah kamu berbicara kembali dengan orangtuamu tentang hubunganmu, biasanya orangtua masih memiliki beberapa pertanyaan yang mengganjal. Bisa mengenai hubunganmu, profil detail pacarmu, latar belakang pacarmu, dan masih banyak lainnya. Jawab pertanyaan orangtuamu dengan kejujuran, agar orangtua selalu merasa puas dan tenang.