Brilio.net - Sebagai cewek, kamu pasti pernah berharap nggak datang 'tamu bulanan' pada saat yang nggak tepat atau ketika mau melakukan perjalanan jauh. Soalnya, kamu pasti khawatir merasa nggak nyaman selama melakukan aktivitas. Nah, cara tersebut bisa secara alami atau medis. Namun, kamu wajib lebih dahulu konsultasi dengan dokter. Pasalnya, menunda datangnya haid dalam waktu yang lama bisa menghambat fungsi normal tubuhmu. Nah, dilansir brilio.net dari boldsky, Minggu (6/3), berikut cara alami menunda haid yang bisa kamu coba:

1. Singkirkan makanan pedas

Banyak wanita memercayai bahwa makanan pedas bisa mempercepat datangnya 'tamu bulanan'. Maka, kalau kamu pengen nggak cepet menstruasi, tahanlah diri dari makan makanan pedas. Bukan semata pedas dari cabai, tapi juga dari rempah-rempah yang menimbulkan sensasi pedas, seperti bawang putih, merica, atau jahe. Mulailah diet makanan pedas ini setidaknya dua minggu sebelum tanggal menstruasi.

2. Konsumsi cuka apel

Cuka apel dipercaya bisa menunda haid. Caranya adalah mencampur air mineral dengan tiga sampai empat sendok cuka. Minumlah untuk memperlambat gejala menstruasi serta mengurangi derasnya pengeluaran darah haid. Kamu bisa meminumnya setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Kacang lentil

Kacang lentil merupakan jenis kacang asal Mesir yang diyakini sudah ada sejak awal tahun 7.000 SM. Pembudidayaannya mencakup wilayah negara di Timur Tengah, India, dan Pakistan. Di Indonesia sendiri, kacang ini masih termasuk komoditas impor. Kamu bisa menggoreng kacang lentil atau memasaknya menjadi sup untuk dimakan. Makanlah setiap pagi saat perut masih kosong, sejak minimal satu minggu sebelum jatuh tanggal menstruasi.

4. Gelatin

Gelatin sangat efektif menunda menstruasi. Ambillah sebungkus campuran gelatin dan campurlah dengan air hangat. Konsumsi air gelatin hangat ini bisa kamu andalkan saatmendesak untuk membantu menunda haid setidaknya sekitar empat jam. Wow!

5. Emosi stres

Kamu pasti bisa mengingat kembali, kalau stres maka haidmu nggak lancar. Saat kamu stres, menstruasi bisa tertunda. Maka dari itu cobalah untuk mengambil banyak kesibukan yang mendorongmu sampai ke batas kemampuanmu sehingga memicu stres.

6. Olahraga

Stres fisik dalam berolahraga juga bisa menunda haid. Justru olahraga lebih baik dalam menginduksi stres lebih sehat ketimbang stres emosional. Maka, pilihlah olahraga dengan intensitas tinggi, misalnya bersepeda gunung, senam aerobik, berenang, dan sebagainya. Olahraga merupakan salah satu cara paling sederhana dan alami untuk menunda menstruasi.

(brl/fen)