Brilio.net - Sering malas membersihkan make up saat kamu pulang terlalu malam? Keburu ngantuk dan ingin buruan tidur sering jadi alasannya. Tahu nggak, kalau kamu malas membersihkan make up sebelum tidur itu nggak sehat untuk kulit lho?

Para ahli kulit mengatakan bahwa make up yang masih menempel pada kulit saat tidur bisa punya efek berbahaya. Padahal kulit perlu bernapas dan memperbaiki dirinya sendiri untuk membersihkan diri. Selama tidur, beberapa aktivitas terjadi di bawah kulit dan lapisan make up bisa merusak semua rencana sehat dari kulit.

Apalagi kalau kamu memiliki kulit sensitif, efek samping akan semakin menjadi. Ditambah lagi, saat ini produk kecantikan makin inovatif makin banyak juga ancaman kandungan bahan-bahan berbahaya yang nggak aman buat kulit buat dibiarkan semalam.

Inilah sebabnya mengapa kamu harus menghapus makeup sebelum tidur, seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Jumat (3/7) berikut ini:

1. Jerawat

Begini akibatnya kalau kamu malas bersihkan make up sebelum tidur!

Salah satu alasan utama mengapa kamu harus menghapus riasan sebelum tidur adalah terjadinya jerawat.
Kulit kamu layaknya seperti spons dengan pori-pori di atasnya. Make up dapat memblok pori-pori kulit, sehingga menghalangi aliran alami sebum, yaitu minyak alami kulit, yang menjaga kulit tetap lembab. Ketika pori-pori tersumbat, sel-sel kulit kering cenderung menempel pada pori-pori sehingga terjadi infeksi seperti jerawat, komedo, kulit kering dan lainnya.

2. Iritasi

Begini akibatnya kalau kamu malas bersihkan make up sebelum tidur!

Tidur dengan membiarkan riasan di bagian mata bukanlah kebiasaan yang baik. Selain bisa merusak bulu mata, iritasi mata juga bisa datang saat riasan wajah tak dibersihkan. Tanpa sadar, partikel make up bisa masuk ke dalam mata ketika sadar, bukankah itu berbahaya? Mata yang terkena iritasi sangat menganggu penglihatan. Kulit juga bisa mengalami iritasi jika make up di wajah nggak dicuci. Ingat lagi fakta bahwa produk kecantikan yang kamu pakai mungkin saja mengandung bahan kimia yang mengiritasi mata dan kulit.

3. Keriput

Begini akibatnya kalau kamu malas bersihkan make up sebelum tidur!

Jika kamu tidur dengan make up, apa yang terjadi pada malam hari? Sel-sel aktif jadi sulit untuk bekerja dengan baik. Belum lagi kandungan bahan kimia bisa menganggu mekanisme penyembuhan alami kulit. Selama tidur, tubuh melakukan detoksifikasi dan peremajaan dan jika proses ini terganggu, sel bisa jadi stres dan kamu mungkin bisa jadi cepat tua. Ups!

4. Kering

Begini akibatnya kalau kamu malas bersihkan make up sebelum tidur!

Ketika pori-pori kamu tersumbat terlalu lama, kulit kamu bisa menjadi kering. Itulah mengapa lebih baik untuk mencuci wajah kamu secara menyeluruh sebelum tidur.

5. Kulit jadi kotor

Begini akibatnya kalau kamu malas bersihkan make up sebelum tidur!

Make up yang kamu pakai dan kotoran menempel di pori-pori pada kulit kamu. Jika kamu nggak membersihkan make up dan mencuci muka, kulit akan mengalami akumulasi kotoran. Akibatnya nggak hanya menyebabkan jerawat tapi juga infeksi kulit jenis lain.

PERLU KAMU BACA:

Gadis ini rela tinggalkan dunia fashion show demi pertahankan hijab

Perempuan ini tetap pede berhijab di kompetisi masak Amerika, salut!

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Tinggalkan fashion show, Nitta yang berhijab kini jadi guru honorer

Sering dandan bisa bikin cewek lebih cepat alami penuaan dini, duh!

Cara berpakaian ternyata bisa menentukan kecerdasan kamu, percaya?

Ladies, ini cara mencuci pakaian dalam yang benar

5 Kesalahan dalam berdandan yang sering dilakukan wanita

7 Tren kecantikan ini berbahaya bagi kesehatan, hindari ya ladies!