Brilio.net - Lingkungan sekitar memang besar pengaruhnya terhadap cara berpikir seseorang. Bahkan pakaian saja bisa melakukan hal yang sama. Jadi, berhati-hatilah saat kamu berpakaian. Jangan sampai kamu memilih baju yang membuat pikiranmu tidak bekerja dengan baik.

Dikutip brilio.net dari Sage Journals, Selasa (16/6), sebuah riset menunjukkan bahwa jenis pakaian akan mempengaruhi psikologi pemakainya. Penelitian tersebut dilakukan oleh para ahli dari Columbia University dan California State University. Riset ini lebih mengkhususkan bagaimana pakaian formal mempengaruhi orang yang memakainya.

Temuan tersebut mengungkap bahwa orang yang memakai pakaian formal lebih mampu berpikir secara menyeluruh dan luas. Selain itu, jenis pakaian ini juga membuat pemakainya lebih powerful dalam mengamati sebuah fenomena.

Yang lebih menonjol adalah, orang yang dengan dandanan yang lebih formal juga menggunakan hal-hal abstrak saat berpikir daripada menggunakan istilah konkret. Dengan cara berpikir seperti itu membuat seseorang lebih cerdas. Bahkan pemikiran abstrak juga mengurangi keinginan untuk berbelanja.

Riset tersebut melibatkan para mahasiswa dengan lima kali percobaan. Dalam setiap percobaan dianalisis jenis pakaian dan cara berpikirnya. Ternyata ada perbedaan yang begitu mencolok ketika para mahasiswa tersebut mengenakan pakaian yang berbeda. Dalam kasus tersebut hanya dibandingkan antara pakaian kasual dan formal.

Loading...

BERITA TERKAIT:

Tipe kepribadian cewek bisa dilihat dari alas kaki yang dipakai

Urutan lahir bisa ungkap kepribadianmu lho, kamu anak nomor berapa?

Intip kepribadianmu lewat kamar kosan

Cari tahu kepribadianmu dari cara kamu mandi

Suaramu bisa dijadikan parameter mengukur kecerdasanmu

Penjelasan ilmiah soal kecerdasan maksimal seseorang berdasarkan umur

Bukti kecerdasan otak, bisa bedakan mana ketawa asli apa palsu

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah