Brilio.net - Untuk membuat penampilanmu semakin menarik, perubahan pada rambut tentu saja harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengikat rambut dengan berbagai gaya.

Rambut yang diikat dalam gaya tertentu bisa memberikan imej dan juga perubahan yang lebih cantik. Akan tetapi, kamu perlu hati-hati dalam melakukannya. Ternyata lima cara mengikat rambut ini bisa merusak rambut kamu sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Seventeen, Rabu (5/8).

1. Terlalu kencang
Terkadang kamu mengikat rambut dengan sangat kencang agar rapi. Selain itu, beberapa gaya mengikat rambut memerlukan teknik seperti ini. Padahal kebiasaan ini bisa merusak bagian tubuh yang memproduksi rambut itu sendiri. Apalagi jika kamu terlalu sering melakukannya.

2. Tidur dengan rambut diikat
Mengikat rambut dengan karet saat tidur bukanlah kebiasaan yang baik. Hal ini bisa merusak akar dan batang rambut kamu. Biarkanlah rambut kamu terurai saat tidur.

3. Mengikat rambut di bagian yang sama
Jika kamu memang suka dengan gaya ikat rambut, cobalah untuk melakukan variasi. Jika tidak, bagian rambut yang sering diikat akan cepat rusak dibandingkan dengan bagian yang tidak. Jika kamu suka dengan gaya ekor kuda, cobalah diganti dengan style yang lain.

4. Mengikat rambut dalam keadaan basah
Setelah keramas, jangan ikat rambut kamu. Hal ini bisa memberikan tekanan yang lebih besar dibandingkan dengan pengeringan rambut dengan hair dryer. Selain itu, mengikat rambut basah juga bisa membuat rambut tidak rapi.

5. Ikat rambut berbahan nilon
Jangan menggunakan karet ikat rambut yang berlapis nilon. Hal ini bisa membuat rambut rontok. Tidak mau kan rambut kamu semakin menipis gara-gara pakai ikat rambut yang salah?