Brilio.net - Bulan Agustus adalah bulan yang spesial bagi masyarakat Indonesia. Pada bulan inilah sejarah mencatat bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya dan melepaskan diri dari jeratan kolonial.

Tahun ini adalah perayaan yang ke-78 kemerdekaan RI. Masyarakat di berbagai penjuru negeri serentak merayakannya dengan suka cita. Dimulai dengan upacara di pagi hari, lanjut dengan berbagai festival dan juga rangkaian perlombaan sampai menjelang petang.

Biasanya, banyak warga desa yang menyemarakan bulan Agustus dengan memasang bendera merah putih dan umbul-umbul di sepanjang jalan. Selain itu banyak sekali acara untuk menyambut bulan Agustus dengan berbagai lomba yang diikuti seluruh warga.

Warga bentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1 km TikTok

foto: TikTok/@sesekali

Salah satu ekspresi kreatif menyambut HUT RI ke-78 juga dilakukan oleh warga Kulu, Kabupaten Pekalongan. Melalui akun TikTok @sesekali, pemilik akun ini membagikan sebuah video dimana warga membentangkan bendera merah putih sepanjang 1 kilometer. Bendera merah putih ini dibentangkan di atas jalanan desa yang membuat banyak orang takjub.