Berdasarkan pengakuannya, tabungan itu bisa terkumpul berkat konsep frugal living yang diterapkan di kehidupan Hiqma sehari-hari. Frugal living atau hidup hemat adalah sebuah gaya hidup yang tidak banyak orang tahu, namun dapat memberikan banyak manfaat dalam mengatur keuangan dan memaksimalkan pengeluaran.

20 tahun punya 100 juta © TikTok

foto: TikTok/@hiqma_98

Dengan menerapkan prinsip ini, kamu bisa menghemat uang, mengurangi pemborosan, dan menciptakan kestabilan finansial jangka panjang. Dari gaya hidup hemat ini, Hiqma hanya menghabiskan pengeluarannya sekitar 10-15 persen dari penghasilannya yang sudah dua digit.

"Aku yang bergaji dua digit aja tapi tetep masih frugal living," katanya dalam postingan lain.

20 tahun punya 100 juta © TikTok

foto: TikTok/@hiqma_98

Lantas bagaimana Hiqma mengalokasikan dana untuk biaya kehidupannya sehari-hari? Dalam satu bulan, Hiqma ternyata hanya menghabiskan uang Rp 1,5 juta per bulan untuk kebutuhannya, lho. Budget di bawah Rp 2 juta itu dihabiskan untuk uang kos sebesar Rp 700 ribu, sementara biaya makan dan sehari-hari hanya menghabiskan sebesar Rp 800 ribu.

Untuk makan, Hiqma lebih senang membeli lauk di warteg yang memang murah. Sementara nasinya dia memilih masak sendiri dan menghabiskan 5 kilo tiap bulan. Wanita berhijab ini punya prinsip yang tampaknya jarang dimiliki orang-orang pada umumnya.

“Ya prinsipku, kalau sudah makan tiga kali sehari nasi, nggak perlu jajan" katanya.

Dari sanalah Hiqma bisa menghemat uang yang dimilikinya untuk dijadikan saving money. Dari uang Rp 1,5 juta tadi, sisa uang yang sebesar Rp 100 ribu baru dipakai untuk jajan. Menurutnya, gaya hidup frugal living ini bisa diterapkan untuk siapa saja, termasuk yang sudah berumah tangga dan memiliki tiga anak sekalipun.

20 tahun punya 100 juta © TikTok

foto: TikTok/@hiqma_98

Video yang diunggah oleh Hiqma ini cukup menarik atensi warganet. Lewat kolom komentar, mereka memberikan tanggapannya seputar frugal living maupun tips yang diberikan oleh Hiqma. Tentu saja ada yang pro juga kontra mengenai hal tersebut. Kalau kamu bagaimana, nih?

"800rb per bulan buat 1 orang? mahal mbak. jaman gw masih gadis budget 1 hari makan 12rb aja. kalo sekarang mungkin bisa di kisaran 20rb per hari," komentar nuraishafathiya.

Aku emak anak tiga dan aku menerapkan konsep frugal living, 2 tahun kebangun rumah tanpa hutang ke bank atau saudara," ujar SkincareSR12.

Frugal living versi aku beli barang berkualitas... ngga apa2 mahal tapi bisa dipakai awet bertahun2 mungkin jg diksh ke anak pas gede," imbuh innebeauty04.

Frugal tuh bahasa barunya aja deh keknya intinya mah hemat & sadar melek atur Keuangan supaya masa tua aman," timpal Stef RH.

 

@hiqma_98 Replying to @bukan selebgram frugal living bisa kok diterapkan bagi semua orang asal niat ya #hiduphemat #tipshemat #fypage #serunyabelajar #frugalliving Tak Segampang Itu Anggi Marito - Sadvibes