Brilio.net - Salah satu profesi yang banyak ditemukan di jalanan adalah manusia silver. Sosok orang yang berdandan menggunakan cat berwarna silver id sekujur tubuhnya merupakan 'badut' yang sering meminta-minta di tempat publik seperti taman kota, pasar malam, atau di perempatan jalan raya yang terdapat lampu lalu lintas.

Manusia silver  yang makin lazim dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia ini. Tampil dengan tubuh yang dilumuri cat silver dengan berbagai gaya. Mulai dari berdandan seperti patung tentara, anak gaul, sampai tokoh superhero.

Pekerjaan yang terhitung beresiko terhadap kesehatan kulit ini harus dipilih oleh beberapa orang yang tak mendapat akses pendidikan, dan tak punya skill untuk bekerja formal.

manusia silver ditawari kerja saat ngemis di lampu merah TikTok

foto: TikTok/@wiwiekhermaida503

Hal ini lah yang membuat salah satu warganet tergerak hatinya untuk menawarkan pekerjaan kepada manusia silver yang ia temui dalam sebuah momen ketika ia melintasi lampu merah di daerah Batam, Kepulauan Riau.

Dalam sebuah video di TikTok yang dibagikan @wiwiekhermaida503, diperlihatkan seorang manusia silver yang ditawari kerja di hotel. Tidak lama berpikir, manusia silver ini langsung menyanggupi pekerjaan tersebut.

"Kemarin dalam perjalanan pulang dari rumah sakit, di perempatan lampu merah melihat seorang anak berperan sebagai manusia silver. Seketika saya menawarkan pekerjaan untuk bidang HK (housekeeping) yang masih lowong. Siang ini adik ini datang interview. Still 19 tahun, di antar bapak dan ibunya," tulis pemilik akun pada caption video.

manusia silver ditawari kerja saat ngemis di lampu merah TikTok

foto: TikTok/@wiwiekhermaida503

Kebaikan dari netizen ini pun menjadi sorotan, banyak orang yang memberikan pujian di kolom komentar TikToknya. Banyak yang mendoakan agar rezekinya semakin melimpah. Selain itu dalam akun TikToknya ini video saat menawari manusia silver pekerjaan ini pun telah viral dan disaksikan sampai 3 juta kali oleh warganet.

Dalam unggahan setelahnya, terlihat pemuda yang dulunya menjadi manusia silver ini sudah menjalani pekerjaan barunya. Pria yang diketahui bernama Saril ini telah diterima bekerja menjadi seorang housekeeping hotel.