Lantaran harganya yang mahal, dia membagikan tips untuk membeli hunian di perumahan baru yang masih baru saja dipasarkan. Harganya akan jauh lebih murah dibandingkan harga setelah launching.

"Tapi kalian bisa ikutin tips gue, gue beli di perumahan baru yang masih tahap satu. Jadi baru launching gitu, lho. Jadi bakal jauh lebih murah daripada tahap selanjutnya," jelasnya.

beli rumah kpr usia 22 tahun © TikTok/@madelarasati

beli rumah kpr usia 22 tahun
TikTok/@madelarasati

Lalu, kesalahan selanjutnya adalah tidak mempersiapkan biaya lebih untuk pengurusan dokumen dan hal-hal di luar rumah. Pasalnya, harga rumah KPR lebih mahal dibandingkan cash. Perlu biaya bunga bank, notaris, pajak, dan masih banyak hal lainnya. Perlu persiapan biaya untuk membayar hal-hal di luar biaya rumah.

Kesalahan ketiga adalah hanya mengandalkan satu bank saja untuk KPR. Akhirnya Made Larasati dibantu oleh bank lain untuk mengajukan KPR.

"Gue malah dibantuin bank lain yang lebih niat," ungkapnya.

Lalu, ada beberapa dokumen yang penting untuk diurus saat mengajukan KPR. Bahkan untuk membeli rumah KPR, kamu harus memiliki safety net, lho.

Made Larasati yang tidak memiliki safety net dapat mengajukan orang tuanya sebagai penjamin. Hal ini membuat bank merasa aman lantaran sudah terdapat penjamin.

beli rumah kpr usia 22 tahun © TikTok/@madelarasati

beli rumah kpr usia 22 tahun
TikTok/@madelarasati

"Tapi bisa jadiin orang tua sebagai penjamin kita, lho. Jadi banknya merasa aman nih. Kalau ini bocah nggak bisa bayar at least ada orang tuanya yang bisa dicecer," jelasnya.

Usaha yang dilakukan Made Larasati ini menuai pujian dari warganet. Beberapa dari mereka menyadari jika dukungan orang tua untuk membeli rumah di usia muda sangat berpengaruh.

"Enaknya kalau ada support dari orang tua jadi biaya tak terduga bisa ditalangin.. apalah daya ku mau nyicil aja takut dana terduga gw gabisa nyanggupi," kata @gulajawamu_0.

"Backingan orang tua yo aman," kata @uccupp_0.

"Proud of u! keren bgt ambil rmh kpr! semangat ya! aku nyicil rmh subsidi pas2an sm bulanan," kata @bilasalsa__.

"Aku udah KPR 2,5th. Rumah isi guyur sndri. Support org tua cuma doa wkwkwkwkwkkwkw. Bangga sm diri owe klo liat ini," kata @prasellya.

"Aku jg pengajuan kpr pas umur 22 thn,tp cicilannya flat cuman 900an mayan gaakan kerasa," ungkap @gabykh05.

@madelarasati Karna banyak temen temen yg request tentang per KPR an alias kredit rumah aku share beberapa kesalahan aku saat ngajuin KPR! Nah kalo kalian ada tips lainnya boleh bgt comment ya! #kpr #kreditrumah #rumahmilenial #rumahtangerang Loneliness (Live) - Putri Ariani