Brilio.net - Apakah di kota kelahiranmu ada sebuah perkampungan China? Indonesia sebagai negara yang masyarakatnya sangat majemuk, begitu banyak ditemukan perkampungan etnis China di berbagai daerah di Indonesia. Didalamnya para etnis China ini sudah menjadi warga negara Indonesia secara turun temurun, mereka hidup berdampingan dengan suku-suku lainnya.

Namun, pernahkan kamu berpikir sebaliknya? Yakni orang-orang Indonesia membuat perkampungan dan hidup menetap di China. Nah, siapa sangka jika di China ternyata ada sebuah perkampungan Indonesia yang dihuni orang keturunan Tionghoa dari Tanah Air.

perkampungan Indonesia yang berada di China YouTube

perkampungan Indonesia yang berada di China
YouTube/Rudy Chen

Perkampungan itu terletak di daerah Kecamatan Donghua, Kota Yingde, Provinsi Guangdong, China. Rupanya perkampungan tersebut dihuni warga Tionghoa yang lahir dan besar di beberapa daerah, seperti Jawa dan Aceh.

Uniknya, meski sudah puluhan tahun berlalu mereka masih mempertahankan kebudayaan Indonesia di lingkungan tempat tinggal baru mereka.

Dilansir brilio.net dari kanal Youtube Rudy Chen pada Rabu (1/3), kanal ini membagikan unggahan video perkampungan Indonesia di Provinsi Guangdong, China tersebut. Di tempat itu, pemilik channel menemukan banyak warga Tionghoa yang lahir dan besar di Indonesia. Diketahui, sekitar 2000 orang menghuni perkampungan Indonesia di China ini.

perkampungan Indonesia yang berada di China YouTube

perkampungan Indonesia yang berada di China
YouTube/Rudy Chen


"Banyak sekali orang Indonesia, dulunya orang Indonesia yang lahir di sana sebelum akhirnya datang ke sini. Mereka orang keturunan Tionghoa yang lahir di Indonesia dan pindah ke sini pada 1950-an," kata perekam video.

Meski sudah puluhan tahun berlalu, warga Tionghoa yang tinggal di sana masih mempertahankan budaya Indonesia dan mewariskannya pada anak cucu.

"Uniknya mereka masih mempertahankan budaya dan kehidupan Indonesia mulai dari makanan, tari-tarian dan sebagainya," ungkap Rudy Chen.