Dalam video itu diperlihatkan momen Rudy menemui warga yang tinggal di kampung tersebut. Saat ditanya, ternyata banyak dari mereka yang masih lancar berbahasa Indonesia meski logatnya sudah tercampur dengan bahasa Mandarin.

perkampungan Indonesia yang berada di China YouTube

perkampungan Indonesia yang berada di China
YouTube/Rudy Chen

Para Guiqiao (sebutan untuk etnis China yang lahir di Indonesia) ini berasal dari beberapa daerah seperti Malang, Gombong, Cianjur, Aceh, Solo, hingga Bangka. Bahkan, meski sudah puluhan tahun tinggal di China, tak sedikit dari mereka yang masih memiliki logat bahasa Jawa saat berbicara.

"Ke sini tahun 60-an. Tapi bahasa Indonesia sama Jawa masih bisa. Ada sekolah bahasa Indonesia," ungkap salah satu warga.

perkampungan Indonesia yang berada di China YouTube

perkampungan Indonesia yang berada di China
YouTube/Rudy Chen

Walau sudah puluhan tahun meninggalkan Indonesia, para warga di kampung tersebut rupanya tidak pernah meninggalkan budayanya. Mereka masih sering mengadakan semacam festival yang berisi pameran busana dan penampilan tari-tarian khas Nusantara.

perkampungan Indonesia yang berada di China YouTube


Bahkan, mereka juga mewariskan budaya tersebut ke anak cucunya. Sebuah sanggar kesenian bernama Sanggar Tari Yingde adalah salah satu bukti dari warisan budaya Indonesia di tempat tersebut.

Sanggar itu sudah diteruskan tiga generasi secara turun temurun. Mereka diketahui sering tampil dalam berbagai event yang diadakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di China, bahkan juga sempat diundang hingga Rusia.

foto: YouTube/Rudy Chen

Dalam video, saat festival berlangsung kamu juga diperlihatkan sebagian besar sajian yang disiapkan adalah makanan khas Indonesia. Mulai dari nasi kuning, klepon, kue lapis, hingga kue ongol-ongol.