Brilio.net - Sudah bukan zamannya lagi di mana guru hanya mengajar di kelas dengan metode ceramah. Cara tersebut tidak salah, hanya saja anak-anak zaman sekarang lebih mudah memahami sesuatu dengan cara dipraktikkan. Untuk itu mengapa di sekolah banyak praktikum yang harus diikuti siswa.

Terutama ketika mata pelajaran yang diajarkan yakni Biologi. Materi biologi memang sulit dipahami jika hanya dibaca dan diresapi. Oleh karenanya, para guru membuat kelas praktik untuk menunjukkan bagaimana sesuatu itu bekerja lewat simulasi yang sederhana.

Sebagaimana yang dilakukan guru yang satu ini. Aksi guru Biologi dalam memperingatkan bahaya merokok, lewat simulasi dengan alat sederhana ini viral di TikTok. Video yang diunggah akun @aricahyani9000 itu bahkan sudah ditonton lebih dari 17 juta kali.

simulasi bahaya merokok © TikTok

simulasi bahaya merokok-TikTok/@aricahyani9000

"anak-anak hari ini kita melihat bahaya merokok, ya" ujar ibu guru bernama Ari Cahyani.

Simulasi itu dilakukan dengan menggunakan peralatan sederhana, diantaranya botol air bekas, selotip, tisu, air, dan satu batang rokok.

Cara mempraktikkan simulasi itu juga cukup mudah. Botol air kemasan 1,5 liter itu diisi air penuh. Jangan lupa, bagian bawa botol diberi bolongan yang ditutup oleh selotip atau lakban. Kemudian rokok yang sudah diselipkan di lubang botol dihidupkan.

simulasi bahaya merokok © TikTok

simulasi bahaya merokok-TikTok/@aricahyani9000

Setelah api pada rokok menyala, Ibu guru Ari membuka lubang yang tertutup lakban pada botol. Asap rokok langsung memenuhi botol plastik tersebut.

Setelah air habis, langkah berikutnya adalah membuka tutup botol dan menempelkan tisu di atasnya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa noda yang ditinggalkan pada asap rokok, maka itulah noda yang akan menempel di paru-paru si perokok.

"anak-anak tisu ini kita anggap sebagai paru-paru kita, ya" ujar ibu Ari.

simulasi bahaya merokok © TikTok

simulasi bahaya merokok- TikTok/@aricahyani9000

Video simulasi bahaya merokok ini bisa dibilang sederhana namun mudah dipahami dan dipraktikkan bagi siswa. Cara Ibu Ari menjelaskan juga jelas.

"kita lihat anak-anak ya. Ini kan satu rokok aja ya. Kita lihat paru-paru kita kayak apa jadinya. Liat nih," kata Ibu Ari sambil memperlihatkan tisu tersebut.

"Ini satu batang aja. Seandainya sehari satu pack, apa yang terjadi pada paru-paru kita? Itu sehari satu pack, kalau dia merokoknya satu tahun, seperti apa?" lanjutnya.

simulasi bahaya merokok © TikTok

simulasi bahaya merokok- TikTok/@aricahyani9000

Video yang diunggah tersebut seketika ramai komentar dari warganet. Beragama tanggapan disampaikan oleh pemilik akun TikTok lain.

"keren banget ibuuu," kata Rostina Abdulkala.

"EDUKASI YG BAGUS UNTUK PARA REMAJA ," komentar Rhezyu.

"selamat buk,ibuk telah mendidik anak²ibuk dengan baik dan benar," kata D&W.

"keren nih harus sering2 ada edukasi kaya gini," timpal Tiaradndap.

@aricahyani9000 #gurutiktok #platk #praktikum #fyp #bahayamerokok Stel Kendo Stel Kenceng Jedag Jedug - Rian DTM

(brl/ola)