Brilio.net - Baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan video seorang pemuda yang viral gara-gara menjual durian. Yang jadi sorotan adalah buah durian tersebut diklaim istimewa karena tidak jatuh ke tanah.

Usut punya usut, durian itu tak menyentuh tanah karena saat jatuh dari pohon mendarat tepat di atas mobilnya. Bikin ngenes, durian itu juga menghancurkan kaca mobil kesayangannya.

Wan Mahussin Wan Zain, pria asal Malaysia ini akhirnya membanderol durian tersebut seharga RM500 atau sekitar Rp 1,7 juta.

durian viral 1,7 juta © Twitter

foto: Twitter/@fadmnf

 

"Assalamualaikum wr.wb, musim durian telah tiba jadi saya mau jual durian kampung RM500. Durian kampung dengan harga RM500 satu biji, durian depan rumah. Kenapa dia RM500 satu biji karena dia jatuh tak kena tanah. Dia jatuh tak kena tanah. Sebab apa RM500, ini," ujar Mahussin sambil menunjukkan kaca mobilnya yang pecah, seperti dilansir brilio.net dari akun Twitter/@fadmnf, Jumat (23/7).

 

Dilansir brilio.net dari StraitsTimes, alasan di balik ia membuat video tersebut adalah untuk meluapkan kekesalannya ketika mengetahui bahwa biaya untuk memperbaiki kaca belakang pada mobilnya adalah sekitar RM500. Biasanya, durian-durian di depan rumahnya itu ditangkap menggunakan jaring. Namun kali ini ia apes karena durian jatuh melalui celah kecil.

"Durian itu dari pohon yang ada di depan rumah saya dan kami biasanya memiliki jaring untuk menangkapnya sebelum menyentuh tanah. Namun, durian ini mungkin jatuh melalui celah kecil dan malah mendarat di mobil saya," kata pria asal Shah Alam, Selangor tersebut.

durian viral 1,7 juta © Facebook

foto: Facebook/WAN MAHUSSIN WAN ZAIN

 

Ia pada mulanya membagikan video itu di grup Facebook tempat para petani kecil setempat biasanya berkumpul.

"Saya memutuskan untuk membuat video di mana saya menawarkan durian seharga RM500 hanya untuk bersenang-senang, sebagai cara untuk membuat diri saya merasa lebih baik. Saya mengunggah video itu ke grup Facebook tempat para petani kecil setempat biasanya berkumpul untuk membicarakan hasil bumi," terangnya.

Namun tak menyangka, video Mahussin kemudian dibagikan oleh pengguna lain di media sosial dan menjadi viral. Pada suatu malam, Mahussin tiba-tiba mendapat telepon dari nomor tak dikenal.

Betapa terkejutnya ia saat mengetahui bahwa Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia, M Saravanan yang menelepon dan tertarik membeli durian viralnya itu.

durian viral 1,7 juta © Twitter

foto: Twitter/@fadmnf

 

"Saya tidak nyangka bahwa itu adalah Menteri Sumber Daya Manusia yang menelepon, dan dia mengatakan bahwa dia ingin membeli durian itu," papar Mahussin seperti dikutip dari Malay Mail.

Namun Mahussin menjawab tak bisa menjualnya, karena durian itu sudah terlanjur ia santap bersama keluarganya. Meski begitu, sang menteri menawarkan untuk mengirimkan uang agar bisa membantu menanggung biaya perbaikan mobil tersebut.

"Tapi saya mengatakan kepadanya bahwa saya sudah makan dengan keluarga saya dan tidak pernah berniat untuk menjualnya. Tapi dia masih ingin memberi saya uang untuk memperbaiki kaca mobil saya dan untuk mengkompensasi kerugian saya. Jujur, saya sangat bersyukur karena awalnya saya merasa down, memikirkan berapa banyak yang harus saya bayar untuk memperbaiki kaca mobil yang pecah," katanya dikutip dari Malay Mail.

Ia akhirnya mendapatkan uang yang lebih dari menteri tersebut. Uangnya digunakan untuk memperbaiki mobilnya dan sisanya disumbangkan untuk membantu dapur umum di tengah pandemi.

durian viral 1,7 juta © Facebook

foto: Facebook/WAN MAHUSSIN WAN ZAIN

 

Dari laman Facebook-nya, Mahussin juga mengabarkan bahwa video viralnya itu sempat heboh di berbagai negara seperti Korea Selatan.