Brilio.net - Pada umumnya, bayi lahir dengan berat 2,6–3,8 kilogram, namun ada pula bayi yang lahir dengan berat badan melebihi batas normal. Hal ini sebenarnya bukan masalah besar, selama kondisi bayi dan ibu dalam keadaan sehat. Meski begitu tetap saja orang dibuat penasaran dengan kondisi bayi yang lahir melebihi angka normal bayi umumnya.

Baru-baru ini sebuah unggahan Facebook Anjenette Peralta, mengumumkan kelahiran seorang bayi yang mencapai bobot 5,1 kg.

Viral bayi lahir dengan berat 5,1 kg Berbagai sumber

foto: Facebook/Anjenette Peralta

"Welcome to the world Baby Boy 5.1 kgs

Normal Spontaneous Vaginal Delivery 12:30 AM

Alhamdulillah3x ," tulis akun tersebut.

Dilansir dari beberapa sumber, bayi laki-laki asal Filipina ini lahir secara normal pada pukul 12:30. Jelas ini membuat banyak orang takjub dengan ibu sang bayi yang bisa melahirkan dengan normal padahal ukuran bayinya cukup besar.

Viral bayi lahir dengan berat 5,1 kg Berbagai sumber

foto: Facebook/Anjenette Peralta

Menurut informasi yang diperoleh brilio.net dari YouTube Novo Illut TV OFFICIAL, sang ibu diketahui bernama Janice A Patayan, berusia 37 tahun. Bayi laki-laki yang dilahirkannya pada 17 Desember 2021, diberi nama Marion Jae A. Patayan.

Tidak banyak informasi yang bisa diperoleh, lantaran keterbatasan pengetahuan bahasa. Hanya saja saat ini ibu dan bayi dalam keadaan sehat. Bahkan sang ibu cukup sehat, dia mengasuh putranya dan berbicara dengan sangat lancar.

Viral bayi lahir dengan berat 5,1 kg Berbagai sumber

foto: Facebook/Anjenette Peralta

Sebagai informasi, menurut dunia medis, bayi yang lahir dengan berat berlebih bayi normal disebut dengan makrosomia. Dikatakan pula, kondisi makrosomia membuat kelahiran menjadi lebih sulit untuk sebagian besar orang.

Belum lagi bayi makrosomia, berisiko tinggi menderita beberapa masalah kesehatan di kemudian hari, seperti obesitas dan diabetes. Ada beberapa yang menyebabkan kelahiran makrosomia, yakni faktor keturunan, masalah kesehatan pada ibu selama masa kehamilan, dan gangguan pertumbuhan janin.

Namun tidak semua bayi mengalami hal buruk, bisa saja dokter sudah melakukan penanganan khusus untuk mengatasi kondisi ini dan membuat bayi akan tetap sehat hingga di masa-masa pertumbuhannya. Harapannya, baby Marion Jae A. Patayan bisa tumbuh dengan sehat.

(brl/lin)

(brl/lin)