Brilio.net - Pasangan suami-istri pasti memiliki perencanaan untuk masa depan keluarga, salah satunya perencanaan kehamilan.

Kehamilan dapat dikendalikan dengan penggunaan alat kontrasepsi. Pengaturan kehamilan ini juga bagian dari program pengendalian pertumbuhan penduduk di sejumlah negara.

Peristiwa langka terjadi dalam suatu kelahiran di Vietnam. Dilansir brilio.net dari borakdaily pada Rabu (8/7), seorang wanita 34 tahun melahirkan bayi laki-laki di Hai Phong International Hospital.

Bayi tersebut lahir dengan kondisi tangan menggenggam alat kontrasepsi yang terpasang dalam uterus sang ibu.

Bayi genggam kontrasepsi © 2020 brilio.net

foto: Hai Phong International Hospital

Rupanya dua tahun sebelum bayi itu lahir, sang ibu mengikuti program perencanaan keluarga dengan memasang kontrasepsi IUD. Ibunya mengikuti program tersebut karena sebelumnya telah memiliki dua anak.

Diketahui IUD yang dimasukan ke dalam uterus berfungsi mencegah sperma membuahi sel telur. Namun pada wanita itu IUD tidak berfungsi baik.

Pakar obstetrik di Hai Phong International Hospital, Tran Viet Phuong, memprediksi alat kontrasepsi tersebut gagal mencegah kehamilan karena tidak terpasang dengan benar. Alat itu berpindah dari tempat asal pemasangannya.

Meskipun begitu, sang bayi lahir selamat dengan berat 3,2 kilogram.

Karena unik, foto bayi yang lahir dengan menggenggam alat kontrasepsi tersebut menjadi viral.

Bayi genggam kontrasepsi © 2020 brilio.net

foto: Hai Phong International Hospital

"Saya rasa ini adalah foto yang menarik dan tidak menyangka akan mendapat perhatian ramai," kata Tran Viet Phuong.