Brilio.net - Bukan menjadi rahasia umum lagi bila banyaknya korban yang berjatuhan akibat pandemi corona Covid-19. Meski berbagai macam upaya telah dilakukan, namun penyebaran virus Covid-19 tak bisa dibendung dengan mudah. Kesedihan akan kehilangan anggota keluarga yang tersayang dirasakan oleh setiap orang.

Namun dibalik kesedihan yang mendalam, selalu ada secuil kebahagiaan yang tersimpan untuk semua orang. Seperti hadirnya rezeki berupa momongan bagi pasangan suami istri. Kehadiran buah hati menjadi momen yang paling ditunggu. Terutama saat bayi itu lahir ke dunia dan mengumandangkan azan persis di telinga bayi, menjadi berkah yang tak ternilai.

Berbicara tentang momen mengazankan bayi, belum lama ini viral seorang dokter yang mengazankan dua bayi yang baru lahir. Melalui laman Instagram @sandysandyprasetyo, dr. Sandy Prasetyo, SpOG membagikan cerita haru bayi yang diazankan oleh dokter lantaran ditinggal sang ayah karena Covid-19.

"Permintaan khusus, amanah untuk mengadzankan dari 2 orang ayah, 2 momen ini punya cerita harunya masing2. Ga pernah terbayang sy akan di posisi ini," tulis Dokter Sandy pada caption seperti yang dikutip Brilio.net pada Kamis (10/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

dokter azankan bayi baru lahir © Instagram

foto: Instagram/@sandysandyprasetyo

Dua bayi tersebut bernama Afnan dan Laiba. Kedua bayi ini tidak bisa bertemu sang ayah untuk kali pertama mereka lahir. Ayah dari bayi Afnan berhalangan hadir sebab di hari menjelang persalinan, dirinya dinyatakan positif hingga harus dirawat.

"Pasien sy rutin kontrol dari awal hamil. Sampailah saat persalinan akan tiba, pasien dan suami diswab utk persiapan persalinan, hasilnya suami positif shg harus dirawat di rs. 'Dok titip ya adzankan anak saya'," tulis Dokter Sandy.

dokter azankan bayi baru lahir © Instagram

foto: Instagram/@sandysandyprasetyo

Sedangkan bayi Laiba harus kehilangan ayahanda untuk selamanya, karena tiga minggu sebelum persalinan sang ayah telah meninggal dunia. Padahal kedua orang tua Laiba sudah menantikan buah hati, di tengah keluarga kecil mereka selama tiga tahun.

"innalillahi wainnailaihi rojiun. Kaget saya. 3 minggu sebelum lahiran ternyata suami meninggal krn covid." tulis Dokter Sandy.

dokter azankan bayi baru lahir © Instagram

foto: Instagram/@sandysandyprasetyo

Dokter Sandy mengutarakan bahwa hubungannya cukup dekat dengan orangtua Laiba. Sebab Dokter Sandy lah yang membantu perjuangan orang tua Laiba untuk mendapatkan momongan. Ibunda Laiba sempat keguguran, hingga akhirnya bisa memiliki anak setelah menunggu tiga tahun. Namun sayang, takdir tak pernah bisa ditebak. Ayah Laiba harus berpulang sebelum melihat anaknya lahir.

"'Dok suami saya ga bs liat anaknya lahir dok'. 'wkt terakhir sy kontrol dulu kan suami sy ga bs temenin sy ketemu dokter krn dia kerja, sampe rmh sy ditanyain, td udh bilang ke dokter sandy titipin salam dari aku bilangin terimakasih ke dokter sandy?', 'wkt itu sy lupa dok bilang ke dokter, kalo suami sy titip bilang terimakasih ke dokter sandy', 'skr dia ga bs temenin lagi dok ketemu dokter'. 'Nt titip adzanin ya dok'. ." kenang Dokter Sandy di laman Instagramnya.

dokter azankan bayi baru lahir © Instagram

foto: Instagram/@sandysandyprasetyo

Ketika dihubungi oleh brilio.net, Dokter Sandy mengungkapkan perasaannya ketika harus mengazankan dua bayi yang baru lahir sekaligus.

"Ya, perasaannya ikut seneng ya. Kaget juga sampai dititipin buat azanin gitu. Cuma ya karena ini berkesan, saya tulis deh di Instagram. Sebenarnya buat konsumsi pribadi, cuman kaget aja sampai impactnya besar banget," ucapnya kepada brilio.net, kamis (10/12).

Kini bayi Laiba pun sudah kembali ke rumah sejak tiga hari yang lalu, dan dalam keadaan sehat. Ibunda dari Laiba sendiri juga tidak menyangka, ternyata banyak warganet yang simpati dan mendoakan yang terbaik untuk anak dan almarhum suaminya.

dokter azankan bayi baru lahir © Instagram

foto: Instagram/@sandysandyprasetyo

"Respon dari ibunya, kaget ya pertama. Karena bukan cuma dari keluarganya, tapi juga teman-temannya menghubungi dia. Dan bersyukur karena juga banyak yang doain dan respon positif dari netizen gitu." tutur Dokter Sandy.

(brl/guf)