Brilio.net - Setiap 24 September jadi momen bagi masyarakat Indonesia memperingati perjuangan kaum petani. Tanggal itu pun dikenal sebagai Hari Tani Nasional. Pada tahun ini, menjadi peringatan Hari Tani Nasional yang ke-62.

Presiden Jokowi sempat mengunggah sebuah poster dengan ucapan selamat memperingati Hari Tani Nasional lewat Instagramnya pada Sabtu (24/9). Dalam caption, Jokowi mengatakan di tengah krisis dunia, sektor pertanian bertahan dengan kontribusi yang semakin besar bagi perekonomian. Maka dari itu, pemerintah mendukung sektor pertanian Indonesia dengan membangun berbagai infrastruktur.

"Di tengah ketidakpastian dan ancaman krisis pangan dunia, sektor pertanian Indonesia bertahan dengan kontribusi yang semakin besar bagi perekonomian. Karena itulah, pemerintah mendukung sektor ini sepenuhnya dengan pembangunan infrastruktur pertanian seperti bendungan, embung, dan jaringan irigasi di seluruh tanah air, pendampingan dalam pemanfaatan teknologi, membuka akses permodalan, dan sebagainya," tulis Jokowi yang dikutip brilio.net, Minggu (25/9).

Jokowi unggah poster Hari Tani © Instagram

foto: Instagram/@jokowi

Suasana gambar kartun di poster itu menampilkan warga pedesaan yang melakukan beberapa aktivitas. Terlihat ada petani yang sedang memanen sawahnya, mengangkat hasil panen, dan membajak sawah dengan traktor. Ada pula yang sedang menanam bibit dengan cara tandur (tanam mundur), dan makan bersama di atas selembar daun pisang.